Analisis Komunikasi Profetik Pada Program Mukim Yayasan Pendidikan Rumah Quran El-Fajr
DOI:
https://doi.org/10.47134/jsiat.v1i3.179Abstract
Penelitian ini menganalisis penerapan komunikasi profetik dalam program mukim di Yayasan Pendidikan Rumah Qur'an El-Fajr berdasarkan teori Kuntowijoyo. Komunikasi profetik berlandaskan pada tiga nilai utama: humanisasi (amar ma’ruf), liberasi (nahi munkar), dan transendensi (al-iman billah), yang bertujuan untuk membentuk karakter individu melalui pendekatan komunikasi yang bernilai etis dan spiritual. Program mukim di yayasan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman santri terhadap Al-Qur'an, baik dalam aspek bacaan, hafalan, maupun pengamalan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi guna memahami bagaimana komunikasi profetik diterapkan dalam interaksi antara pengajar dan santri, serta antar santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan komunikasi profetik tidak hanya berkontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan, tetapi juga membentuk karakter santri yang lebih religius dan berakhlak mulia. Selain itu, strategi komunikasi seperti qaulan layyinan (perkataan lembut) dan qaulan ma’rufan (perkataan baik) memainkan peran penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan harmonis, baik dalam interaksi antara pengajar dan santri maupun komunikasi sesama santri. Oleh karena itu, penelitian ini memberikan wawasan mengenai pentingnya komunikasi profetik dalam pendidikan Islam sebagai sarana transformasi spiritual dan sosial.
References
Afriani, G. R. (2025). Ustadzah program mukim yayasan pendidikan rumah quran el-fajr, wawancara 10 Februari 2025.
Aisah, S., & Yahya, M. S. (2023). Implikasi Tradisi Pembacaan Asmaul Husna Dalam Konsep Pendidikan Profetik (Studi Di Madrasah Diniyah Takmiliyah An-Nuur Langkap). Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol. 8 No. 3.
Amelia, U. (2024). Konsep Etika Komunikasi Bermedia Sosial Bagi Generasi Milenial Perspektif Al-Qur’an. Al-Fahmu: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, Vol. 3 No. 2.
Anam, H., & Kusumawati, R. (2023). Bentuk-Bentuk Komunikasi dalam Perspektif Al-Qur’an dan Implementasinya Terhadap Kehidupan Masyarakat. Journal of Da'wah, Vol. 2 No. 2.
Ashadi, F. N., Putra, G. P., Artika, S. U., & Salsabila, T. A. (2024). Pengaruh Konten Tiktok Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia Sesuai EYD Di Aplikasi Whatsapp Pada Remaja Di Bandung. Filosofi: Publikasi Ilmu Komunikasi, Desain, Seni Budaya, Vol. 1 No. 2.
Dharmawan, D. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Komunikasi Profetik pada Remaja Majelis Rasulllah. Bayyin: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, Vol. 1 No 1.
Ekasari, D. M. (2025). Ustadzah program mukim yayasan pendidikan rumah quran el-fajr, wawancara tanggal 10 Februari 2025.
Fadilla, A. R., & Wulandari, P. A. (2023). Literature review analisis data kualitatif: tahap pengumpulan data. Mitita Jurnal Penelitian, Vol. 1 No. 3.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, Vol. 21 No 1.
Fadliah, I. R. (2022). Kepemimpinan Profetik pada Lembaga Pendidikan di Era Disrupsi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Vol. 5 No. 12),.
Febriani, E. S., Arobiah, D., Apriyani, A., Ramdhani, E., & Millah, A. S. (2023). Analisis data dalam penelitian tindakan kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, Vol. 1 No. 2
Haikal, F. (2024). Pradigma Pendidikan Profetik Kuntowijoyo, (Indaramayu: Penerbit Adab, 2024).
Hanan, M. A, et al. (2022). “Komunikasi Profetik Dalam Mengajak Santri Non Mukim Mengaji Kitap (Studi Kasus di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Kabupaten Sorong, Papua Barat)”, (Jurnal Intitusi Agama Islam Negeri Sorong,2022).
Harahap, Z. (2021). Character Development Through Mukim Programs in Islamic Education. Islamic Studies Review. Hasil jurnal dari Eko Purnomo dan Nur Saidah, “komunikasi profetik sebagai starategi pendidikan akhlak di yayasan keluarga besar ruqyah aswaja pusat grobogan jawa tengah”, (Jurnal Universitas Islam Sunan Kalijaga Yogyakarta,2023).
Hendrayady, A. et al. (2023). Mengenal Ilmu Komunikasi. ( Batam: Yayasan Cendikia Mulia Mandiri, 2024).
Ishaac, M., & Nida, N. H. (2024). Integrasi Pendidikan Profetik Perspektif QS Ali Imran Ayat 110 dalam Kurikulum Pesantren sebagai Jantung Kerukunan Umat Beragama. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, Vol. 18 No. 5
Jamaluddin, H., Aguswandi, & Syahrul. (2020). Komunikasi Profetik Islam (Nilai dan Etika Komunikasi Persfektif Islam). Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, Vol. 1 No. 2
Jaya, S. (2021). Strategi membangun komunikasi yang efektif untuk meningkatkan kinerja guru di sekolah. Pionir: Jurnal Pendidikan, Vol. 10 No. 2
Ma’arif, A. A. Membangun Komunikasi antara Agama dan Pembangunan, Jurnal Iman dan Spritualitas, Vol. 2 No. 1.
Mahfudz, A. (2021). Komunikasi Profetik Perspektif Al- Qur’an, (Yogyakarta: Pustaka Ilmu, 2021)
Murdianti, E. (2017). antropologi budaya, (palembang: noerFikri Offset, 2017).
Pohan, D. D., & Fitria, U. S. (2021). ” Jenis Jenis Komunikasi”, Cybernetics: Journal Eductional Research and Social Studies, vol. 2 no.3, (Juli, 2021).
Purnomo, E., & Saidah, N. (2023). “komunikasi profetik sebagai starategi pendidikan akhlak di yayasan keluarga besar ruqyah aswaja pusat grobogan jawa tengah”, (Jurnal Universitas Islam Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2023).
Ridho, A. R. (2021). Komunikasi Profetik Qur,an Konsep dan Strategi Membangun Masyarakat Madani, (Mataram: Sanabil, 2021), Cet.1.
Songidan, J. Iswati., & Fauzan, F. (2022) Al- Madany, “Implementasi Dakwah Fardiyah Melalui Pendidikan Islam dalam Membangun Karakter Profetik Mahasiswa”, Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM METRO, Vol. 7 No. 2, (Desember, 2022)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Iffa Salsabilla, Eni Murdiati, Muhammad Randicha Hamandia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.