Dampak Burnout Guru Taman Kanak-kanak terhadap Kepuasan Kerja di Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.47134/islamicpsychology.v1i1.47Keywords:
Burnout, Kepuasan Kerja, Guru TK, Guru PAUD, Kabupaten SidoarjoAbstract
Penelitian ini mengeksplorasi hubungan antara burnout dan kepuasan kerja di kalangan guru TK dan PAUD di Kabupaten Sidoarjo, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Melalui pengambilan sampel acak sederhana, data dikumpulkan dari 167 guru dari 322 guru yang ada, dengan menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan informasi. Skala burnout dan kepuasan kerja yang digunakan menunjukkan reliabilitas yang tinggi. Analisis korelasi Spearman's Rho menunjukkan adanya hubungan terbalik yang signifikan (p = 0,000) antara burnout dan kepuasan kerja (koefisien korelasi: -0,690), yang mengindikasikan bahwa ketika burnout meningkat, kepuasan kerja menurun, dan sebaliknya. Baik burnout maupun kepuasan kerja ditemukan pada tingkat sedang di antara para guru yang diteliti. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya mengatasi burnout di kalangan guru TK dan PAUD untuk meningkatkan kepuasan kerja mereka, dan pada akhirnya, meningkatkan hasil pendidikan secara keseluruhan.
References
Agustina, I. A. (2018). Pengaruh Tim Swakelola dan Kepuasan Kerja Terhadap Produktivitas Guru SD di Kecamatan Cikedal Banten. Journal of Studies in Public Administration, 2(3), 216-229. DOI: https://doi.org/10.30998/sap.v2i3.2445
Avent, C. (2007). Happiness Is Job Satisfaction. Education and Training, 17(4), 104-106. https://doi.org/10.1108/eb016362 DOI: https://doi.org/10.1108/eb016362
Dhamija, P., Gupta, S., & Bag, S. (2018). Measuring of Job Satisfaction: The Use of Quality of Work Life Factors. Benchmarking: An International Journal, 26, 1-16. https://doi.org/10.1108/BIJ-06-2018-0155 DOI: https://doi.org/10.1108/BIJ-06-2018-0155
Efa, E., George, B. P., Islam, R., & Kumar, R. (2011). Exploring the Relationship Between Burnout and Misbehavior Among Hospitality Employees. Journal of Human Resources in Hospitality & Tourism, 10(4).
Fatimah, S. (2015). Pengaruh Burnout Terhadap Kepuasan Kerja Guru Sekolah Dasar. [Unpublished master’s thesis]. Universitas Negeri Jakarta.
Greenidge, D., Devonish, D., & Alleyne, P. (2014). The Relationship Between Ability-Based Emotional Intelligence and Contextual Performance and Counterproductive Work Behaviors: A Test of the Mediating Effects of Job Satisfaction. Human Performance, 27, 225-242. https://doi.org/10.1080/08959285.2014.913591 DOI: https://doi.org/10.1080/08959285.2014.913591
Guntur. (2022). Pengaruh Burnout Terhadap Job Satisfaction pada Karyawan Perbankan di Kalimantan Barat. Equator Journal of Management and Entrepreneurship, 10(3), 137-144. DOI: https://doi.org/10.26418/ejme.v10i03.55142
Hartawati, D., & Mariyanti, S. (2014). Hubungan antara Self-Efficacy dengan Burnout pada Pengajar Taman Kanak-Kanak Sekolah 'X' di Jakarta. Journal of Psychology, 12(2), 54-60.
Hernawati, R. A. S., & Suroso, J. T. (2020). Kepastian Hukum Dalam Hukum Investasi Di Indonesia Melalui Omnibus Law. Journal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 4(1), 392-408. Retrieved from http://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/557
Maslach, C. (2003). Job Burnout: New Directions in Research and Intervention. Current Directions in Psychological Science, 12(5), 189-192. DOI: https://doi.org/10.1111/1467-8721.01258
Nugraha, M. F. (2019). Iklim Organisasi dan Kepuasan Kerja Guru di Sekolah Singosari Delitua. Journal of Diversity, 5(1), 19-23. DOI: https://doi.org/10.31289/diversita.v5i1.2402
Pangemanan, F. L., Pio, R. J., & Tumbel, T. M. (2021). Pengaruh Work-life Balance dan Burnout Terhadap Kepuasan Kerja. Journal of Business Administration, 5(3), 73402.
Price, A. (2004). Human Resource Management in a Business Context. Stamford, CT, USA: Cengage Learning.
Prianto, J. S., & Bachtiar, A. C. (2020). Hubungan Kejenuhan Kerja (Burnout) dengan Kepuasan Kerja Pustakawan Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia. Fihris: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 15(2), 131-144. DOI: https://doi.org/10.14421/fhrs.2020.152.131-144
Rahmasari, V. D., & Hastuti, R. (2023). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Kristen di Salatiga. Journal of Education, 16(1), 1-10. DOI: https://doi.org/10.24912/provitae.v16i1.23542
Saleh, M. Y. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Burnout dan Quality of Work Life Terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah Propinsi Sulawesi Barat. [Unpublished master’s thesis].
Sholikhan. (2009). Kepuasan Kerja Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Guru. Journal of Modern Economics, 238-253.
Slaski, M., & Cartwright, S. (2003). Emotional Intelligence Training and Its Implications for Stress, Health and Performance. Stress and Health, 19(4), 233-239. https://doi.org/10.1002/smi.979 DOI: https://doi.org/10.1002/smi.979
Suwuh, R., Pinontoan, O. R., & Doda, D. V. D. (2017). Gambaran Kepuasan Kerja dan Motivasi Kerja pada Guru-Guru di SMP Kristen Tateli Kecamatan Mandolang Kabupaten Minahasa. Journal of Public Health, 6(4).
Sutrisno, E. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Tasios, T., & Giannouli, V. (2017). Job Descriptive Index (JDI): Reliability and Validity Study in Greece. Archives of Assessment Psychology, 7(1), 31-61.
Triyono, H. G., Sugiarto, S., Yuli, T. I., & Rofiyati, W. (2020). Kepatuhan Diet dengan Kualitas Hidup Pasien Hemodialisa di RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro: Korelasi Studi. Wiraraja Medical Journal of Health, 10(2), 78-83. DOI: https://doi.org/10.24929/fik.v10i2.1009
Widyantari, Y., Prapunoto, S., & Kristijanto, A. I. (2020). Pengaruh Kecemasan Menghadapi Pemutusan Hubungan Kerja Terhadap Motivasi Kerja Karyawan PT X di Kota The Effect of Anxiety in Termination on Work Motivation in PT X in Salatiga. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial, 12(2), 354-361. https://doi.org/10.24114/jupiis.v12i2.17313 DOI: https://doi.org/10.24114/jupiis.v12i2.17313
Wirajaya, I. G. A., & Supartha, I. W. G. (2016). Peran Kepuasan Kerja dalam Memediasi Pengaruh Burnout Terhadap Komitmen Organisasional Guru. [Unpublished master’s thesis]. Udayana University.
Wolomasi, A. K., & Werang, B. R. (2022). Burnout and Job Satisfaction of Primary School Teachers in Southern Papua. Journal of Accountability in Educational Management, 10(2), 200-207. DOI: https://doi.org/10.21831/jamp.v10i2.53020
Yahyagil, M. Y. (2015). Values, Feelings, Job Satisfaction and Well-Being: The Turkish Case. Management Decision, 53, 2268-2286. DOI: https://doi.org/10.1108/MD-10-2014-0609
Zhang, L., Deng, Y., & Wang, Q. (2014). An Exploratory Study of Chinese Motives for Building Supervisor–Subordinate Guanxi. Journal of Business Ethics, 124, 659-675. DOI: https://doi.org/10.1007/s10551-013-1899-4