Nuzul Quran: Hikmah Luas dan Edukatif Penurunan Alquran Munajjam dan Jumlah Wahidah
DOI:
https://doi.org/10.47134/jsiat.v1i1.115Keywords:
Hikmah-hikmah, Nuzul Quran, Munajjam, Jumlah WahidahAbstract
Kitab suci umat Islam merupakan salah satu mukjizat terbesar nabi dan menjadi sumber ilmu yang akan membimbing seluruh makhluk ke jalan yang paling benar hingga hari akhir. Alquran merupakan satu-satunya pedoman surgawi yang sejauh ini dapat dijamin keasliannya. Seiring berjalannya waktu, umat manusia semakin menjauh dari sumber dasar ilmu pengetahuan. Menjadikan budaya barat menjadi poros segala ilmu. Tujuan penelitian ini untuk menemukan hikmah-hikmah yang tersirat dalam penurunan wahyu Alquran baik kepada diri sendiri, maupun hikmah dalam dunia pendidikan yang dapat diterapkan ke dalam dunia pendidikan, sehingga dengan mengkaji artikel ini dapat menjadi rujukan dalam dunia pendidikan. Kesimpulan dari artikel ini mengacu pada terkumpulnya hikmah-hikmah dalam penurunan Alquran baik secara munajam dan jumlah wahidah. Penelitin ini berlandaskan pada penelitian kualitatif dengan pendekatan kepustakaan.
References
Alquran
Agus Salim Syukran, A. S. S. (2019). Fungsi Alquran bagi Manusia. Al-I’jaz : Jurnal Studi Alquran, Falsafah Dan Keislaman, 1(2), 90–108. https://doi.org/10.53563/ai.v1i2.21
Al-Qattan, M. (2007). Mabahis fi Ulumul Quran (p. 384). Maktabah Wahbah.
Alquran. (n.d.).
As-Syayi’, M. bin A. R. (n.d.). Nuzul Quran Al karim wal Inayah Bihi Fi ’ahdi Rasul. Mujamma’ Malik Fahd.
Bakar, A. (2014). Nuzul Alquran Sebuah Proses Gradualisasi. Jurnal Madania, 4(2), 230–248.
Bakar, A. A., Hadade, H., & Alallah, A. (2022). Hikmah Edukatif Nuzul Alquran. Jurnal Ushuluddin, 24(02), 155–162.
bin Ali, A. G. (2021). Nuzul Quran Al-Karim Munajjaman, Mafhumuhu wa Muddatuhu. Quranika, Majalah Alamiyah Libuhus Alquran, 6(6), 424_451.
Drajat, A. (2017). Ulumul Quran Pengantar Ilmu-ilmu Alquran (I). Kencana.
Fiantika, F. R., & Maharani, A. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Y. Novita (Ed.), Metodologi penelitian kualitatif (Pertama, Issue March). PT. Global Eksekutif Teknologi.
Hasanah, M. (2022). Studi Nuzul Quran Dalam Kajian Alquran. Tafakkur : Jurnal Ilmu Alquran Dan Tafsir, 3(01), 46–63.
Hidayat, N. (2015). Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Sejarah Penurunan Al-Qur`an Secara Bertahap. Jurnal (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 1(1), 162. https://doi.org/10.26555/jpsd.v1i1.a1591
Kurnia Maulana Dwi, Ayu Lestari Dyah, F. A. (2020). Hikmah penurunan Alquran secara bertahap. Mimbar Agama Budaya, 38(2), 75–85.
Omar Hawia, M. (2012). The Relevation Of The Noble Quran And It’s History And Related Matters (p. 90). Al-Mushaf Asy-syarifah.
Ra’fat Sa’id, M. (2001). The Date Of The Relevation Of The Holy Quran (p. 368). Daarul Wafaa’.
Rimawati, R. (2022). Perbedaan Dalam Memandang Al Qur’an Antara Kaum Orientalis, Kaum Filsafat Dan Kaum Beriman. SKULA: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 2, 133–148.
Yunan, M. (2020). Nuzulul Qur’ an dan Asbabun Nuzul. Al-Mutsla: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Dan Kemasyarakatan, 2(1), 43–65.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Latifatuz Zahra, Anisa Maulidya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.