Dampak Culture Shock Terhadap Kinerja Akademik Mahasiswa Sumatera Selatan pada Fakultas Ushuluddin Universitas Al-Azhar, Kairo: Tantangan dan Strategi

Authors

  • Salsabila Jandisha Anjani Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Nuraida Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Anita Trisiah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.47134/diksima.v2i3.212

Keywords:

Adaptasi Budaya, Culture Shock, Mahasiswa Sumatera Selatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak culture shock terhadap kinerja akademik mahasiswa asal Sumatera Selatan yang sedang menempuh studi di Fakultas Ushuluddin Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir, serta untuk menganalisis strategi adaptasi yang mereka terapkan dalam menghadapi tantangan budaya dan sistem pendidikan yang berbeda. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang memungkinkan peneliti memahami pengalaman mahasiswa secara mendalam tanpa melakukan intervensi terhadap objek penelitian. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dan dokumentasi dengan enam mahasiswa asal Sumatera Selatan angkatan 2021, yang dipilih secara purposif karena mereka mengalami langsung proses adaptasi di lingkungan budaya dan akademik baru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa culture shock yang dialami meliputi kesulitan bahasa (perbedaan antara bahasa Arab Fusha dan Amiyah), sistem pembelajaran yang berbeda, serta tekanan sosial akibat perbedaan budaya. Hal ini berdampak pada motivasi dan performa akademik mahasiswa. Namun, para mahasiswa mampu mengembangkan strategi adaptasi melalui bimbingan belajar, diskusi dengan senior, mempererat relasi sosial melalui organisasi daerah, serta meningkatkan aktivitas spiritual. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keberhasilan adaptasi sangat dipengaruhi oleh kesiapan mental, dukungan sosial, dan strategi komunikasi yang tepat dalam menghadapi perbedaan budaya

References

Adinda Annisa Zahra, dan Tia Muthiah Umar (2024). “Culture Shock Mahasiswa Indonesia dalam Studi di Luar Negeri.” Bandung Conference Series: Public Relation, Vol. 4 No. 1.

Agung Nugroho, dan Lia Mareza (2023). “Culture Shock Mahasiswa Rantau Sebagai Kelompok Minoritas.” Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, Vol. 6 No. 3.

Agus Fatahuddin (2025). “15.000 Mahasiswa Indonesia Kuliah di Al-Azhar Mesir, Baznas Siapkan Kouta Beasiswa Segini”, SuaraMerdeka.com. Diakses 1 April 2025 pukul 21.30, https://www.suaramerdeka.com/pendidikan/0413326025/15000-mahasiswa-indonesia-kuliah-di-al-azhar-mesir-baznas-siapkan-kuota-beasiswa-segini?page=2.

Ahlan Syaeful Millah, et al (2023). “Analisis Data dalam Penelitian Tindakan Kelas.” Jurnal Kreativitas Mahasiswa, Vol. 1 No. 2: 8.

Albi Mahennaro, dan A.I. Mahendra P. “Culture Shock (Cultural Show) of Lampung Student in Yogyakarta.” Daengku: Journal of Humanities and Social Sciences Innovation, Vol. 3 No. 1.

Budi A.S., dan Qoni’ah N.W. (2024). “Komunikasi Antar Budaya Mahasiswa Perantau Asal Gresik Dalam Menghadapi Culture Shock di Madura.” Jurnal Sains Student Research, Vol. 2 No. 1.

Cahaya Safitri (2024). “Pengaruh Penyesuaian Diri terhadap Culture Shock Mahasiswa Asing Malaysia (Studi di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).” Skripsi: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Dian Rahmadani Listrikasari, dan Anam Miftjhul Huda (2024). “Adaptasi Komunikasi Budaya Mahasiswa Asing di Universitas Negeri Surabaya.” The Commercium, Vol. 8 No. 1.

Diana Simanjuntak, dan Riana Fitriana (2020). “Gegar Budaya, Adaptasi, dan Konsep Diri Sumber Daya Manusia Pariwisata Dalam Menyongsong Era New Normal.” Jurnal Society.

Enti Agestia, Desy Safitri, dan Sujarwo (2024). “Adaptasi Mahasiswa Dalam Mengatasi Culture Shock dalam Perkuliahan.” RISOMA: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan, Vol. 2 No. 4.

Ghina Hadiniyati, Dennisa Teguh Annisa, dan Dannisa Maulita L. (2023). “Gegar Budaya Mahasiswa Indonesia dalam Komunikasi Antar Budaya di Luar Negeri.” Jurnal Pekommas, Vol. 7 No. 2.

Ifit Novita Sari, dkk. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Malang: Unimas Press.

Jefriyanto, et al. (2020). “Culture Shock dalam Komunikasi Lintas Budaya pada Mahasiswa.” Jurnal Politikum Indonesiana, Vol. 5 No. 1.

Khaira Amalia (2020). “Hubungan Culture Shock dengan Penyesuaian pada Mahasiswa Malaysia di UIN Ar-Raniry Banda Aceh.” Skripsi: UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Linda Yulinda, Umdatul Hasanah, dan Nur Asia (2024). “Fenomena Culture Shock dan Hambatan Komunikasi Mahasiswa Kukerta Internasional di Thailand.” Adzikra: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, Vol. 14 No. 2.

Lira Virna, Eni Murdiati, dan M. Randicha Hamandia (2025). “Analisis Culture Shock yang Dihadapi Mahasiswa Internasional di Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.” Jurnal Bisnis dan Komunikasi, Vol. 2 No. 2.

Luh Made Kirana Medhawi Tenaya, dan A. Hasan Al Husain (2024). “The Intersection of Cross-Cultural Adaptation of Balinese and Digital Nomad.” Jurnal Multidisiplin Madani, Vol. 4 No. 8.

Maha Gamal Ramadhan Asal, et al. (2025). “International Nursing Students' Culture Shock and Academic Engagement: The Moderating Role of Resilience.” Nurse Education Today, Vol. 145.

Niko Syahputra, dan Aini Syahira Jamaluddin (2024). “Journey to Success: Exploring How Cultural Changes Affect the Academic Performance of Indonesian Final-Year Students.” International Journal of Education and Curriculum Application (IJECA), Vol. 7 No. 3.

Nur Asisyah, Uaman Ismail, dan Zelfia (2020). “Adaptasi Komunikasi Budaya Masyarakat Pendatang dan Masyarakat Lokal Serui Kabupaten Yapen di Provinsi Papua.” Respon: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Vol. 1 No. 4.

Pahami.id (2023). “Sejarah Berdirinya Al-Azhar Mesir dari Awal Sampai Sekarang.” Pahami.id. Diakses pada 17 Maret 2025 pukul 13.01. https://www.pahami.id/sejarah-berdirinya-al-azhar-mesir-dari-awal-sampai-sekarang.

Prasetyo, dan Lestari (2022). “Adaptasi Mahasiswa Indonesia dalam Sistem Pendidikan Luar Negeri dan Implikasinya terhadap Prestasi Akademik.” Jurnal Ilmu Pendidikan Global, Vol. 8 No. 1.

Rifai Shodiq Fathoni (2025). “Sejarah Universitas al-Azhar di Mesir.” Wawasan Sejarah. Diakses 17 Maret 2025 pukul 12.00. https://wawasansejarah.id/sejarah-universitas-al-azhar-di-mesir.

Rochman Hadi Mustofa, dan Agnes Defiana (2024). “Culture Shock Akademik Mahasiswa Asing di Indonesia: Studi Kasus Universitas Muhammadiyah Surakarta.” Didaktika: Jurnal Kependidikan, Vol. 13 No. 2.

Shafira Alisya Putri (2021). "Adaptasi Antarbudaya Mahasiswa Indonesia dalam Menghadapi Culture Shock terhadap Lingkungan Universitas di Jepang." Skripsi: Universitas Brawijaya.

Sitna Morviyani H.A. (2023). “Hubungan Culture Shock dan Resiliensi dengan Adaptasi Sosial pada Mahasiswa Rantau.” Skripsi: Universitas Islam Sultan Agung.

Siti Komariah Sipahutar, Milna Sari Nasution, Silviawi Purba, dan M. Buchori Ibrahim (2024). “Culture Shock Phenomenon Is New Students at North Sumatra State Campus.” Mahir: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 3 No. 2.

Syafrida Hafni Sahir (2021). Metodologi Penelitian. Bantul: Penerbit KBM Indonesia.

Valentino A.P.A. Kalegun, dan Ratriana Y.E. Kusumiati (2023). “Culture Shock Mahasiswa Papua di Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.” Jurnal Ilmu Sosial, Vol. 2 No. 4.

Verelladevanka A., dan Widya Lestari N. (2025). “Sejarah Universitas Al-Azhar Mesir.” Kompas.com. https://www.kompas.com/edu/read/2025/03/17/1000000/sejarah-universitas-al-azhar-mesir.

Vika Nurul Mufidah, dan Ndiah Nurli Fadilah (2022). “Adaptasi dan Culture Shock: Studi Kasus pada Peserta Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka.” MUDODDIMA: Jurnal Pemikiran dan Riset Sosiologi, Vol. 3 No. 1.

Viska Wahyuning Af'idati (2022). Studi Pola Penyesuaian Diri Mahasiswa Rantau Luar Pulau Jawa di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Perspektif Teori Integratif Adaptasi Antar Budaya Kim Young Yun). Skripsi: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Yuki Kristina Lase (2023). “Universitas dengan Jumlah Mahasiswa Terbanyak di Dunia.” GoodStats. Diakses 1 April 2025 pukul 21.00, https://data.goodstats.id/statistic/universitas-dengan-jumlah-mahasiswa-terbanyak-di-dunia-Bdlm4.

Zuchri Abdussamad (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. CV. Syakir Media Press: 30.

Downloads

Published

2025-06-19

How to Cite

Salsabila Jandisha Anjani, Nuraida, & Anita Trisiah. (2025). Dampak Culture Shock Terhadap Kinerja Akademik Mahasiswa Sumatera Selatan pada Fakultas Ushuluddin Universitas Al-Azhar, Kairo: Tantangan dan Strategi . Indonesian Culture and Religion Issues, 2(3), 8. https://doi.org/10.47134/diksima.v2i3.212

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.