Komodifikasi Jilbab dalam Budaya Digital: Eksploitasi Muslimah Berjilbab dalam Perspektif Asma Barlas
DOI:
https://doi.org/10.47134/jsiat.v1i3.180Keywords:
digital patriarchy, critical tafsir, Islamic feminism, hijab commodification, Asma BarlasAbstract
Di era digital, jilbab tidak lagi sekadar simbol religiusitas dan kesalehan, tetapi telah menjadi komoditas visual dan komersial yang dibentuk oleh kapitalisme digital dan algoritma media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana jilbab dikomodifikasi dalam budaya digital dan bagaimana perempuan Muslim dieksploitasi secara simbolis melalui standar visual yang didorong oleh tren pasar. Ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan dari Januari hingga Maret 2024, dengan memanfaatkan tinjauan pustaka dan analisis tafsir kritis. Penelitian ini mengacu pada hermeneutika feminis, terutama dari perspektif Asma Barlas, dan menganalisis interpretasi Al-Qur'an serta konten media digital. Penelitian ini mengungkap pergeseran signifikan dalam makna jilbab dari bentuk perlindungan spiritual menjadi pernyataan mode yang tunduk pada tekanan performatif dan estetika. Ini menekankan urgensi mengembangkan literasi digital yang berakar pada nilai-nilai Al-Qur'an dan keadilan gender untuk memberdayakan perempuan Muslim dalam merebut kembali jilbab sebagai simbol iman, identitas, dan perlawanan terhadap patriarki digital.
References
Abdullah, U. (2016). Hak-hak Perempuan dalam Keluarga Menurut Pandangan Asma Barlas [bachelorThesis, Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33536
Afrijal, M. F., Maheswari, L. L., Faizah, H. E., Qurrota’aini, Z., & Hyangsewu, P. (2025). TREND FASHION MUSLIMAH: KETIKA ETIKA DAN IDENTITAS DIPERTANYAKAN. Jurnal Kajian Ilmiah Multidisipliner, 9(1), Article 1. https://oaj.jurnalhst.com/index.php/jkim/article/view/8362
Ahmadi, D., & Yohana, N. (2007). Konstruksi Jilbab sebagai Simbol Keislaman. Mediator: Jurnal Komunikasi, 8(2), 235–248. https://doi.org/10.29313/mediator.v8i2.1155
Amna, A. (2019). HIJRAH ARTIS SEBAGAI KOMODIFIKASI AGAMA. Jurnal Sosiologi Reflektif, 13(2), Article 2. https://doi.org/10.14421/jsr.v13i12.1531
Anggrian, M. (2018). Komodifikasi Hijab dalam Budaya Visual di Indonesia. Prabangkara: Jurnal Seni Rupa dan Desain, 22(1). https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/prabangkara/article/download/380/237
Barlas, A. (2019). Believing Women in Islam: Unreading Patriarchal Interpretations of the Qur’an. University of Texas Press.
Faizah, F. (2009). Perempuan Dalam Eksploitasi Kapitalisme Modal. Millah: Journal of Religious Studies, 155–160.
Fangesty, M. A. S., Riyani, I., & Qomaruzzama, B. (2024). HERMENEUTIKA ASMA BARLAS: MENGUNGKAP SUARA EGALITER DARI TEKS AL-QUR’AN. Mufham: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 3(1), Article 1.
Fauzi. (2023). Strategi Dakwah Di Era Digital Dalam Meningkatkan Pemahaman Agama Islam. Liwaul Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Masyarakat Islam, 13(1), 35–55. https://doi.org/10.47766/liwauldakwah.v13i1.2433
Hartini, D. (2019). PAKAIAN SEBAGAI GEJALA MODERNITAS (Kajian Surat Al-Ahzab Ayat 59 dan Surat Al-Nur Ayat 31). Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an dan Tafsir, 4(1), 26–44.
Khalil, M. I. I., & Thahir, A. H. (2021). ḤIJĀB DAN JILBAB PERSPEKTIF ASMA BARLAS DAN POSISINYA DALAM TIPOLOGI TAFSIR KONTEMPORER SAHIRON SYAMSUDDIN. QOF, 5(1), 75–88. https://doi.org/10.30762/qof.v5i1.3730
Komnas Perempuan Ungkap Kekerasan Seksual Via Internet Paling Banyak Dilakukan Mantan Pacar. (t.t.). Diambil 27 Maret 2025, dari https://www.suara.com/news/2024/12/08/165500/komnas-perempuan-ungkap-kekerasan-seksual-via-internet-paling-banyak-dilakukan-mantan-pacar
Lembar Fakta Catatan Tahunan Komnas Perempuan Tahun 2023.. (t.t.). Diambil 27 Maret 2025, dari https://komnasperempuan.go.id/download-file/949
Mulvey, L. (1988). Visual Pleasure and Narrative Cinema. Dalam Feminism and Film Theory. Routledge.
Novitasari, Y. F. (t.t.). JILBAB SEBAGAI GAYA HIDUP.
Pakuna, H. B. (2014). Fenomena Komunitas Berjilbab; Antara Ketaatan Dan Fashion. Farabi, 11(2), 124–137.
Prihantono, D. S. P., & Awang Dharmawan, S. I. K. (2022). Konsep Diri Influencer Muslimah Urban dalam Penggunaan Hijab Turban. The Commercium, 5(2), 123–137. https://doi.org/10.26740/tc.v5i2.47430
Qur’an Kemenag. (t.t.). Diambil 3 Maret 2025, dari https://quran.kemenag.go.id/quran/per-ayat/surah/5?from=1&to=120
Ridho, A. (2024). Dakwah dan Literasi Keagamaan Lintas Budaya: Peluang dan Tantangan di Kancah Lokal sampai Global. CV Jejak (Jejak Publisher).
Riyanto, A. D. (2023, April 18). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2023. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2023/
Rukiah, Y. (2016). FESYEN SEBAGAI GAYA HIDUP MASYARAKAT KOTA Studi Kasus: Gaya Hijabers Community. Jurnal Dimensi DKV: Seni Rupa Dan Desain, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.25105/jdd.v1i2.1358
Sa’dullah, A., & Samau’al, A. (2023). Komodifikasi Jilbab: Antara Kesalehan dan Fesyen. LANTERA: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.30999/lantera.v2i1.2708
Siaran Pers. (t.t.). Komnas Perempuan | Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan. Diambil 27 Maret 2025, dari https://komnasperempuan.go.id/siaran-pers-detail/siaran-pers-komnas-perempuan-tentang-peluncuran-catatan-tahunan-kasus-kekerasan-terhadap-perempuan-tahun-2023
Sucipto, A. D. (2021). KAPITALISME DAN KOMODIFIKASI JILBAB SYAR’I DI KALANGAN ARTIS DALAM PERSPEKTIF KARL MARX. Al-Munqidz: Jurnal Kajian Keislaman, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.52802/al-munqidz.v9i1.33
Widiastutik, S. B. (2024). Etika Berbusana Muslimah Dalam Al-Qur’an Surat Al-Ahzab Ayat 59 (Studi Komparatif Antara Tafsir Al-Thabari dan Tafsir Al-Misbah) [PhD Thesis, IAIN Kediri]. https://etheses.iainkediri.ac.id/13989/
Widodo, W. R. S. M., & Yutanti, W. (2021). Kesetaraan Gender dalam Konstruksi Media Sosial. Jurnal Komunikasi Nusantara, 3(1), 44–55.
Wijayanti, R. (2017). Jilbab Sebagai Etika Busana Muslimah dalam Perspektif Al-Qur’an. Cakrawala: Jurnal Studi Islam, 12(2), 151–170. https://doi.org/10.31603/cakrawala.v12i2.1842
Wolf, N. (t.t.). The Beauty Myth: How Images of Beauty are Used Against Women. Diambil 10 April 2025, dari https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=79dSSI9lB8gC&oi=fnd&pg=PA1946&dq=Wolf,+Naomi.+The+Beauty+Myth:+How+Images+of+Beauty+Are+Used+Against+Women.+Harper+Perennial,+1991.&ots=DPeqwV1ZvG&sig=Wm12fynxgL0L12JY5Fo5qkqy8Kk&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Marwa, Akhmad Dasuki

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.