Kontrol Diri dan Prokrastinasi Akademik pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan
DOI:
https://doi.org/10.47134/islamicpsychology.v1i2.80Keywords:
penundaan akademik, kontrol diri, siswa sekolah menengah, studi korelasional, instrumen psikologisAbstract
Dalam dunia pendidikan, penundaan akademik masih menjadi masalah yang lazim terjadi, terutama di kalangan siswa sekolah menengah. Mengatasi hal ini, penelitian ini menyelidiki korelasi antara penundaan akademis dan kontrol diri. Dengan menggunakan pendekatan korelasional kuantitatif, data dikumpulkan dari 327 siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Krian, yang dipilih melalui tabel Krejcie-Morgan dan pengambilan sampel secara tidak sengaja. Dengan menggunakan instrumen psikologis yang sudah ada, skala kontrol diri dan pengukuran penundaan akademis digunakan, yang menunjukkan reliabilitas masing-masing sebesar 0,823 dan 0,935. Temuan mengungkapkan hubungan negatif yang signifikan antara kontrol diri dan penundaan akademis (r= -.189, sig= .001), yang menunjukkan bahwa tingkat kontrol diri yang lebih tinggi dikaitkan dengan penurunan penundaan akademis. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya mengembangkan kemampuan kontrol diri untuk mengurangi kecenderungan penundaan akademik di kalangan siswa sekolah menengah, sehingga memberikan wawasan yang berharga bagi para praktisi pendidikan dan pembuat kebijakan.
References
Abu Bakar, Z., & Khan, M. U. (2016). Relationships between self-efficacy and the academic procrastination behaviour among university students in Malaysia: A general perspective. Journal of Education and Learning, 10(3), 265–274. https://doi.org/10.11591/edulearn.v10i3.3990
Agustina, Z. (2019). Hubungan antara kontrol diri dan efikasi diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Aini, A. N., & Mahardayani, I. H. (2011). Hubungan antara kontrol diri dengan prokrastinasi dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa Universitas Muria Kudus. Jurnal Psikologi Pitutur, 1(2), 65–71.
Ariyanto, R., Netrawati, N., & Yusri, Y. (2019). Relationship between self control and academic procrastination in completing thesis. Jurnal Neo Konseling, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.24036/00119kons2019
Çapan, B. E. (2010). Relationship among perfectionism, academic procrastination and life satisfaction of university students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 5, 1665–1671. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.07.342
Chisan, F. K., & Jannah, M. (2021). Hubungan antara kontrol diri dengan prokrastinasi akademik pada siswa sekolah menengah atas. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(5), 1–10. Available: https://ejournal.unesa.ac.id
Clara, C., Dariyo, A., & Basaria, D. (2018). Peran self-efficacy dan self-control terhadap prokrastinasi akademik pada siswa SMA (studi pada siswa SMA X Tangerang). Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 1(2), 159. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i2.802
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches.
Faber, R. J., & Vohs, K. D. (2004). To buy or not to buy. Handbook of Self-Regulation, 509–524.
Ferrari, J. R., O'Callaghan, J., & Newbegin, I. (2005). Prevalence of procrastination in the United States, United Kingdom, and Australia: Arousal and avoidance delays among adults. North American Journal of Psychology, 7(1), 1–6.
Ghufron, M. N., & Risnawati, R. (2012). Teori-teori Psikologi.
Gufron, R. (2014). Hubungan kontrol diri dengan prokrastinasi akademik pada siswa IPA MAN Malang 1 Kota Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Hakiki, R., Yohana, C., & Fadillah, N. (2022). Pengaruh efikasi diri dan kontrol diri terhadap prokrastinasi akademik siswa SMK Negeri 4 Pandeglang. Jurnal Nasional Indonesia, 2(10).
Haryanti, A., & Santoso, R. (2020). Prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang aktif berorganisasi. Sukma: Jurnal Penelitian Psikologi, 1(1), 41–47.
Husna, F., & Suprihatin, T. (2019). Hubungan antara kontrol diri dengan prokrastinasi akademik pada siswa SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Prosiding Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula, 2, 1092–1099. Available: http://jurnal.unissula.ac.id
Inzlicht, M., Schmeichel, B. J., & Macrae, C. N. (2014). Why self-control seems (but may not be) limited. Trends in Cognitive Sciences, 18(3), 127–133. https://doi.org/10.1016/j.tics.2013.12.009
Kiamarsi, A., & Abolghasemi, A. (2014). The relationship of procrastination and self-efficacy with psychological vulnerability in students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 114, 858–862. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.12.797
Kim, J., Hong, H., Lee, J., & Hyun, M.-H. (2017). Effects of time perspective and self-control on procrastination and internet addiction. Journal of Behavioral Addictions, 6(2), 229–236.
Klassen, R. M., & Kuzucu, E. (2009). Academic procrastination and motivation of adolescents in Turkey. Educational Psychology, 29(1), 69–81. https://doi.org/10.1080/01443410802478622
Klingsieck, K. B. (2013). Procrastination in different life-domains: Is procrastination domain specific? Current Psychology, 32(2), 175–185. https://doi.org/10.1007/s12144-013-9171-8
Laia, B., Telaumbanua, T., & Aquinas, I. (2022). Prokrastinasi akademik siswa SMA Negeri di Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Ilmiah Aquinas, 10(11), 162–168. Available: http://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/index
Li, C., Hu, Y., & Ren, K. (2022). Physical activity and academic procrastination among Chinese university students: A parallel mediation model of self-control and self-efficacy. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(10), 6017.
Muliana, S. (2020). Efektivitas teknik self management untuk mengatasi prokrastinasi akademik siswa SMA Negeri 4 Banda Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Munawaroh, M., Alhadi, S., & Saputra, W. (2017). Tingkat prokrastinasi akademik siswa sekolah menengah pertama Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2(1), 26–31. https://doi.org/10.17977/um001v2i12017p026
Muyana, S. (2018). Prokrastinasi akademik di kalangan mahasiswa program studi bimbingan dan konseling. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(1), 45. https://doi.org/10.25273/counsellia.v8i1.1868
Nafeesa, N. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik siswa yang menjadi anggota organisasi siswa intra sekolah. Anthro: Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 4(1), 53. https://doi.org/10.24114/antro.v4i1.9884
Nisa, N. K., Mukhlis, H., Wahyudi, D. A., & Putri, R. H. (2019). Manajemen waktu dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa keperawatan. Jurnal Psychology Perspective, 1(1), 29–34. https://doi.org/10.47679/jopp.1172019
Nitami, M., Daharnis, D., & Yusri, Y. (2015). Hubungan motivasi belajar dengan prokrastinasi akademik siswa. Konselor, 4(1), 1. https://doi.org/10.24036/02015416449-0-00
Özer, B. U., Ferrari, J. R., & LeBlanc, S. (2020). Relationship between academic procrastination and self-control: The mediational role of self-esteem. College Student Journal, 3(53), 309–316. Available: https://www.researchgate.net/publication/344388192
Pedhu, Y., & Doni, A. M. D. (2022). Kontrol diri dan prokrastinasi akademik mahasiswa. Psiko Edukasi, 20(2), 165–175. https://doi.org/10.17509/psikoedukasi.v20i2.25561
Pradnyaswari, N. M., & Susilawati, L. K. P. A. (2019). Peran self control dan self regulated learning terhadap prokrastinasi akademik siswa sekolah menengah atas (SMA). Jurnal Psikologi Udayana, 6(3), 32–43. Available: https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/52406
Rahmantori, A. (2018). Hubungan antara kontrol diri dan prokrastinasi akademik pada mahasiswa.
Ramzi, F., & Saed, O. (2019). The roles of self-regulation and self-control in procrastination. Psychology and Behavioral Sciences International Journal, 13(2), 13–16. https://doi.org/10.19080/pbsij.2019.13.555863
Rostania, W. N., Zulaihati, S., & Fauzi, A. (2023). The influence of self-efficacy and self-control on academic procrastination at North Jakarta State Vocational Schools. Reflection: Education and Pedagogical Insights, 1(2), 40–50. Available: http://firstcierapublisher.com/index.php/reflection/article/view/21
Rozental, A., & Carlbring, P. (2014). Understanding and treating procrastination: A review of a common self-regulatory failure. Psychology, 5(13), 1488.
Shih, S.-S. (2017). Factors related to Taiwanese adolescents' academic procrastination, time management, and perfectionism. Journal of Educational Research, 110(4), 415–424. https://doi.org/10.1080/00220671.2015.1108278
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhadianto, S., & Pratitis, N. (2020). Eksplorasi faktor penyebab, dampak dan strategi untuk penanganan prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 10(2), 204–223.
Van Eerde, W. (2003). A meta-analytically derived nomological network of procrastination. Personality and Individual Differences, 35(6), 1401–1418. https://doi.org/10.1016/S0191-8869(02)00358-6
Wahyuni, F. (2020). Hubungan antara self-control dengan kecenderungan perilaku kenakalan remaja di SMA Negeri 10 Kota Bengkulu. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.
Wicaksono, L. (2017). Prokrastinasi akademik mahasiswa. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 2(2), 67–73. Available: [email protected]
Widhiastuti, R., & Kanaka, S. (2021). Academic procrastination with self-control as moderator. Economic Education Analysis Journal, 10(2), 240–252. https://doi.org/10.15294/eeaj.v10i2
Widyaningrum, R., & Susilarini, T. (2021). Hubungan antara kontrol diri dan efikasi diri dengan prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI SMAIT Raflesia Depok. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 5(2), 34–39. Available: https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/view/953
Widyastari, D., Atrizka, D., Ramadhani, B., & Damanik, D. S. (2020). Prokrastinasi akademik ditinjau dari kontrol diri pada siswa-siswi SMA Swasta Ar-Rahman Medan. Jurnal Penelitian, Psikologi Dan Kesehatan, 1(2), 82–91.
Wijaya, H. E., & Tori, A. R. (2018). Exploring the role of self-control on student procrastination. International Journal of Research in Counseling and Education, 2(1), 13–18. Available: http://ppsfip.ppj.unp.ac.id/index.php/ijrice/article/view/3/13
Ying, Y., & Lv, W. (2012). A study on higher vocational college students' academic procrastination behavior and related factors. International Journal of Education and Management Engineering, 2(7), 29–35. https://doi.org/10.5815/ijeme.2012.07.05
Zhao, J., Meng, G., Sun, Y., Xu, Y., Geng, J., & Han, L. (2021). The relationship between self-control and procrastination based on the self-regulation theory perspective: The moderated mediation model. Current Psychology, 40(10), 5076–5086. https://doi.org/10.1007/s12144-019-00442-3