Dukungan Sosial dan Kepercayaan Diri pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Bangil

Authors

  • Veganita Prasitha Putri Program Studi Psikologi, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Ramon Ananda Paryontri Program Studi Psikologi, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/islamicpsychology.v1i1.62

Keywords:

Dukungan sosial, Kepercayaan diri, Siswa remaja, Analisis korelasi Pearson, Intervensi pendidikan

Abstract

Penelitian ini menyelidiki hubungan antara dukungan sosial dan kepercayaan diri di antara siswa kelas 7 di SMP Negeri 2 Bangil. Dengan menggunakan data dari skala yang mengukur dukungan sosial dan kepercayaan diri, 173 siswa dijadikan sampel dari populasi sebanyak 306 siswa, dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 5%. Penelitian ini berhipotesis bahwa tingkat dukungan sosial yang lebih tinggi akan berkorelasi dengan peningkatan kepercayaan diri di kalangan siswa. Analisis korelasi Pearson menunjukkan koefisien korelasi positif sebesar 0,669 (p = 0,001), yang mengindikasikan adanya hubungan yang signifikan antara dukungan sosial dan kepercayaan diri. Selain itu, uji linier menghasilkan nilai 0,000, menunjukkan hubungan linier (<0,05). Penelitian ini mengisi kesenjangan dalam memahami dinamika dukungan sosial dan kepercayaan diri pada siswa remaja, menyoroti pentingnya membina lingkungan yang mendukung untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya mengintegrasikan mekanisme dukungan sosial ke dalam intervensi pendidikan untuk meningkatkan kesejahteraan dan keberhasilan akademik siswa secara keseluruhan.

References

Agustina, E. (2019). Hubungan antara dukungan sosial dengan kepercayaan diri dewasa muda pengguna NAPZA pada masa rehabilitasi.

Agustina, E. (2022). Hubungan self-efficacy dengan stres akademik siswa SMAN 21 Medan. Applied Microbiology and Biotechnology, 85(1), 2071–2079.

Al-Khoiri, K. (2018). Hubungan antara dukungan sosial dengan kepercayaan diri pada atlet pencak silat Jawa Tengah.

Amkil, M. K. (2020). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan kepercayaan diri pada remaja awal. Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Ariani, W. A. P. (2019). Hubungan antara dukungan sosial dengan fear of success pada karyawan yang sudah berkeluarga.

Erlangga, J. W., & Santrock, W. (2012). Life-span Development (2nd ed.). Jakarta, Indonesia: Erlangga.

Febriyanti, J. (2022). Hubungan dukungan sosial terhadap tingkat kepercayaan diri pada mahasiswa program studi pendidikan dokter fakultas kedokteran Universitas Lampung.

Hidayati, S., & Savira, S. (2021). Hubungan antara konsep diri dan kepercayaan diri dengan intensitas penggunaan media sosial sebagai moderator pada mahasiswa psikologi Universitas Negeri Surabaya.

Prakoso, I., Budiyani, K., & Rinaldi, M. (2020). Kecenderungan body dysmorphic disorder dengan kepercayaan diri pada mahasiswi. DOI: https://doi.org/10.30587/psikosains.v15i1.2001

Pratama, M. I. (2019). Pengaruh kepercayaan diri terhadap peak performance pada atlet futsal usia remaja. Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Jakarta, 4(2), 121.

Priwanti, T. R., Puspitawati, I., & Fuad, A. (2019). Dukungan sosial dan kepercayaan diri pada orang tua dengan anak Down syndrome. Jurnal Psikologi, 12(1), 76–87. https://doi.org/10.35760/psi.2019.v12i1.1918 DOI: https://doi.org/10.35760/psi.2019.v12i1.1918

Ramadhani, M. (2017). Hubungan body image dengan kepercayaan diri peserta didik putri di MTs Muhammadiyah Lakitan Kabupaten Pesisir Selatan, 87(1,2), 149–200.

Rosandi, A., et al. (2022). Hubungan antara body image dengan kepercayaan diri pada penyandang tunarungu. DOI: https://doi.org/10.51214/bocp.v4i3.407

Siregar, N. (2020). Hubungan dukungan sosial dengan kepercayaan diri pada atlet beladiri di PPLP Sumatera Utara.

Sitorus, A. (2019). Pengaruh layanan penguasaan konten teknik role playing terhadap kepercayaan diri siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Binjai tahun ajaran 2019/2020. Jurnal Informasi, 10(3), 1–16.

Wati, I., et al. (2019). Kepercayaan diri ditinjau dari body image pada siswi kelas X SMA. Jurnal Ilmiah Psyche, 13(1), 01–12. https://doi.org/10.33557/jpsyche.v13i1.548 DOI: https://doi.org/10.33557/jpsyche.v13i1.548

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Putri, V. P., & Paryontri, R. A. (2024). Dukungan Sosial dan Kepercayaan Diri pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Bangil. Journal of Islamic Psychology, 1(1), 8. https://doi.org/10.47134/islamicpsychology.v1i1.62

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)