Konsep Diri dan Prokrastinasi Akademik pada Siswa Sekolah Menengah Atas di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.47134/islamicpsychology.v1i1.49Keywords:
konsep diri akademik, prokrastinasi akademik, perilaku mahasiswaAbstract
Penelitian ini menyelidiki hubungan antara konsep diri akademik dan prokrastinasi akademik di kalangan siswa di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo, yang dimotivasi oleh masalah prokrastinasi akademik yang lazim terjadi. Meskipun dampak konsep diri terhadap perilaku akademik telah diketahui, hubungan spesifik dengan prokrastinasi masih belum dieksplorasi dalam demografi ini. Dengan menggunakan pendekatan korelasional kuantitatif, penelitian ini mengambil sampel 297 dari 1257 siswa menggunakan stratified random sampling berdasarkan rumus Krejcie Morgan. Data dikumpulkan melalui skala psikologis yang mengukur konsep diri akademik dan prokrastinasi, dan dianalisis menggunakan Korelasi Spearman dalam perangkat lunak JASP versi 0.13.1.0. Temuan menunjukkan hubungan negatif yang signifikan (r = -0,178, p = 0,002) antara konsep diri akademik dan penundaan, menunjukkan bahwa peningkatan konsep diri dapat mengurangi penundaan. Hal ini menyoroti potensi intervensi yang bertujuan untuk meningkatkan konsep diri siswa untuk mengurangi perilaku penundaan, sehingga meningkatkan kinerja akademik.
References
Afriliani. (2018). Gambaran konsep diri akademik pada remaja korban bullying di SMP Negeri 2 Cileunyi. Fakultas Keperawatan, Universitas Padjajaran.
Ali, M. (2016). Membedah tujuan pendidikan Muhammadiyah. Jurnal Studi Islam, 17(1), 43-56. DOI: https://doi.org/10.23917/profetika.v17i01.2099
Astrini, T. A. (2018). Hubungan antara kontrol diri, efikasi diri, konformitas teman sebaya dengan prokrastinasi akademik pada siswa SMA. Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Azizah, N., & Kardiyem. (2020). Pengaruh perfeksionisme, konformitas, dan media sosial terhadap prokrastinasi akademik dengan academic hardiness sebagai variabel moderasi. Jurnal Economic Education Analysis, 9(1), 119-132.
Bintaraningtyas. (2015). Hubungan antara kontrol diri dengan prokrastinasi akademik pada siswa SMA. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Chairiyati, L. R. (2013). Hubungan antara self-efficacy akademik dan konsep diri akademik dengan prestasi akademik. Jurnal Humaniora, 4(2), 1125-1133. DOI: https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i2.3553
Faujiah, R. A., Rahman, I. K., & Yono. (2018). Prokrastinasi akademik ditinjau dari religiusitas siswa SMA Negeri 10 Bogor. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 510-520. DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v7i2.3952
Firmansyah. (2021). Hubungan stereotip gender dengan konsep diri akademik pada remaja di MAN 1 (Madrasah Aliyah Negeri) Kota Pekanbaru. Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Hadi, Y. P., & Budiningsih, T. E. (2014). Konsep diri akademik mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi jurusan psikologi Universitas Negeri Semarang. Jurnal Educational Psychology, 3(1).
Khotimah, R. H., Radjah, C. L., & Handarini, D. M. (2016). Hubungan antara konsep diri akademik, efikasi diri akademik, harga diri dan prokrastinasi akademik pada siswa SMP di Kota Malang. Jurnal Kajian Bimbingan Konseling, 1(2), 60-67. DOI: https://doi.org/10.17977/um001v1i22016p060
Kurniawan, M. I. (2015). Mendidik untuk membentuk karakter siswa sekolah dasar: Studi analisis tugas guru dalam mendidik siswa berkarakter pribadi yang baik. Jurnal Pedagogia, 4(2). DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i2.14
Nugroho, H., & Puspita, D. A. (2018). Penerapan solution-focused brief counseling (SFBC) untuk meningkatkan konsep diri akademik siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, 2(1), 73-114. DOI: https://doi.org/10.26740/bikotetik.v2n1.p93-99
Prasetiyo. (2016). Hubungan antara kontrol diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia.
Roza, F. (2018). Hubungan antara student burnout dengan prokrastinasi akademik pada siswa SMA Swasta Dharma Patra Pangkalan Berandan. Fakultas Psikologi, Universitas Sumatera Utara Medan.
Santika, W. S., & Sawitri, D. R. Self-regulated learning dan prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Purwokerto. Jurnal Empati, 5(1), 44-49. DOI: https://doi.org/10.14710/empati.2016.14946
Santrock, J. W. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (27th ed.). Bandung: Alfabeta.
Sumini, Saputra, W. N. E., & Suardiman, S. P. (2020). Efektivitas konseling kelompok ringkas berfokus solusi untuk mengembangkan konsep diri akademik siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 10(2), 97-108. DOI: https://doi.org/10.25273/counsellia.v10i2.5144
Triyono. (2018). Prokrastinasi akademik siswa SMA (dampak psikologis dan solusi pemecahannya dalam perspektif psikologi pendidikan Islam). Jurnal Al Qalam, 19(2), 58-74.
Wardani, R. K. (2012). Hubungan cita rasa humor (sense of humor) dengan kebermaknaan hidup. Jurnal Sisiohumaniora, 3(3).