Dukungan Sosial dan Stres Akademik pada Siswa Madrasah Aliyah
DOI:
https://doi.org/10.47134/islamicpsychology.v1i2.90Keywords:
dukungan sosial, stres akademik, siswa asrama, studi korelasional, analisis SPSSAbstract
Penelitian kuantitatif korelasional ini menyelidiki hubungan antara dukungan sosial dan stres akademik di kalangan siswa sekolah berasrama. Penelitian ini melibatkan 229 partisipan dari sebuah madrasah aliyah berasrama, dengan menggunakan pengambilan sampel acak sederhana. Dukungan sosial diukur sebagai variabel independen, dan stres akademik sebagai variabel dependen, yang dinilai melalui tanggapan skala Likert. Analisis data menggunakan SPSS menunjukkan korelasi negatif yang signifikan (r = -0.682, p <0.05) antara dukungan sosial dan stres akademik, yang menunjukkan bahwa tingkat dukungan sosial yang lebih tinggi berhubungan dengan stres akademik yang lebih rendah di kalangan siswa. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya sistem dukungan sosial dalam mengurangi stres akademik di lingkungan sekolah berasrama, yang menekankan peran potensial dari intervensi yang bertujuan untuk meningkatkan dukungan sosial untuk meningkatkan kesejahteraan dan kinerja akademik siswa.
References
Al Houri, H. N., et al. (2023). The Prevalence Of Stress Among Medical Students In Syria And Its Association With Social Support: A Cross-Sectional Study. BMC Psychiatry, 23(1). https://doi.org/10.1186/s12888-023-04593-3
Anggreni, Y. D., Psi, S., Santi, D. E., & Si, M. Jurnal Psikologi Perseptual Dukungan Sosial Keluarga Dan Task Commitment Pada Siswa SMK Saat Pembelajaran Daring.
Audina, M. Hubungan Dukungan Sosial Dengan Stres Akademik. Retrieved from http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JPPP
Azwar. (2012). Reliabilitas Dan Validitas (4th ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5(3), 143-148. https://doi.org/10.29210/119800
Bedewy, D., & Gabriel, A. (2015). Examining Perceptions of Academic Stress And Its Sources Among University Students: The Perception Of Academic Stress Scale. Health Psychology Open, 2(2), 2055102915596714. https://doi.org/10.1177/2055102915596714
Febrianti, N. R., Surur, N., & Kholili, M. I. (2023). Hubungan Antara Dukungan Teman Sebaya Dengan Stres Akademik Pada Siswa. Jurnal Psikoedukasi dan Konseling, 7(1), 1. https://doi.org/10.20961/jpk.v7i1.66632
Handita NST, R., Mukhtar, D. Y., & Dewi, I. S. (2022). Peran Dukungan Sosial Terhadap Reaksi Stres Akademik Pada Mahasiswa Baru Pasca Pandemik.
Hidayat, M. Model Komunikasi Kyai Dengan Santri Di Pesantren.
Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19.
Ilham, M., Wibawanti, I., & Sovitriana, R. Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Di Fakultas Psikologi Universitas Persada Indonesia Y.A.I. Retrieved from https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/PsikologiKreatifInovatif/issue/archive
Jurnal Psikologi, et al. Peran Dukungan Sosial Keluarga Dan Efikasi Diri Terhadap Stres Akademik Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Angkatan 2018.
Kai-Wen, C. A Study Of Stress Sources Among College Students In Taiwan.
Nakalema, G., & Ssenyonga, J. Academic Stress: Its Causes And Result At A Ugandan University.
Rachman, W. A., & Nyorong, M. Strategi Coping Stress Siswa Terhadap Tugas Sekolah Di SMK Farmasi Yamasi Makassar Coping Strategy Stress Students Against A School Task In Vocational School Of Pharmacy Yamasi Makassar.
Rahmah, A., Agustini, M., Raya, M., & Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan, K. (n.d.). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Stres Pada Santri Dan Santriwati Remaja Di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Negara. Retrieved from http://sosains.greenvest.co.id
Renata, D., et al. (2023). Deskripsi Stres Akademik Pada Santri Pondok Pesantren Kader Uswatun Hasanah Pagaden.
Safiany, A., & Maryatmi, A. S. Hubungan Self Efficacy Dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Stres Akademik Pada Siswa-Siswi Kelas XI Di SMA Negeri 4 Jakarta Pusat.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D (1st ed.). Bandung.
Urwatul Wutsqa, A., Pendidikan Islam, K., Fitri, R., & Ondeng, S. (2022). Pesantren Di Indonesia: Lembaga Pembentukan Karakter. Alurwatul, 2(1). Retrieved from https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul