Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas VIII
DOI:
https://doi.org/10.47134/islamicpsychology.v1i2.86Keywords:
dukungan sosial teman sebaya, motivasi belajar, siswa kelas delapan, studi korelasional kuantitatif, praktik pendidikanAbstract
Penelitian ini menyelidiki hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dan motivasi belajar di antara siswa kelas delapan. Menggunakan pendekatan korelasional kuantitatif dengan teknik sampling jenuh, data dikumpulkan dari 177 siswa dengan menggunakan skala yang telah diadaptasi untuk dukungan sosial dan motivasi belajar. Analisis korelasi Spearman's Rho menunjukkan hubungan positif yang signifikan (rho = 0.385, p <0.001) antara dukungan sosial teman sebaya dan motivasi belajar. Temuan ini menunjukkan bahwa tingkat dukungan teman sebaya yang lebih tinggi berhubungan dengan peningkatan motivasi belajar di kalangan siswa. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya hubungan teman sebaya dalam menumbuhkan motivasi siswa untuk terlibat dalam kegiatan belajar, yang menawarkan implikasi untuk praktik pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa melalui mekanisme dukungan sosial.
References
Agustina, L., & Wisnumurti, A. (2019). Dukungan sosial dan motivasi belajar siswa SMA Masehi 2 PSak Semarang. Personifikasi, 10(1), 28–42. https://doi.org/10.21107/personifikasi.v10i1.5664.
Ahady, N. R. (2014). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajar pada siswa kelas VII di SMP Islam Al-Maarif 01 Singosari yang berdomisili di Pondok Pesantren. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Retrieved from http://etheses.uin-malang.ac.id/1214/.
Anggriyawan, R. (2014). Hubungan antara self-efficacy akademik dengan prestasi belajar.
Balqis, P., Usman, N., & Ibrahim, S. (2014). Kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada SMPN 3 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 14(1), 25–38. Retrieved from https://jurnal.usk.ac.id/JAP/article/view/2497.
Camacho, A., Correia, N., Zaccoletti, S., & Daniel, J. R. (2021). Anxiety and social support as predictors of student academic motivation during the COVID-19. Frontiers in Psychology, 12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.644338.
Cherniss, C., & Goleman, D. (2001). The emotionally intelligent workplace: How to select for, measure, and improve emotional intelligence in individuals, groups, and organizations. Retrieved from http://61.2.46.60:8088/jspui/bitstream/123456789/249/1/ACFrOgDpDzW5Do-kfYUcgr-vUmfjxAc1GxtdE7gazXy0EupY0zXAFNukfVYrSU8yxAf7ALwSZprWX3A4JJysRf5IB8b2d7qysq3e-A2gr_exbSGxhCAHJja37khP4QI%3D.pdf.
Desitasari, N. (2017). Hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan motivasi belajar pada siswa SMP. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Djarwo, C. F. (2020). Analisis faktor internal dan eksternal terhadap motivasi belajar. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 7(1), 2355–6358. Retrieved from https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/2790.
Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838.
Emeralda, G. N., & Kristiana, I. F. (2018). Hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajar pada siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Empati, 6(3), 154–159.
Fatkhu, R. (2023). Pengaruh dukungan sosial terhadap motivasi belajar siswa kelas IX. I SMPN 3 Sekampung. Retrieved from https://digilib.unila.ac.id/73238/.
Gunawan, H. (2017). Hubungan efikasi diri dan dukungan sosial dengan prokrastinasi akademik mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Universitas Medan Area. Retrieved from https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/13652.
Indriyanti, T., Siregar, K. I., & Lubis, Z. (2017). Etika interaksi guru dan murid menurut perspektif Imam Al Ghazali. Jurnal Online Studi Al-Qur'an, 11(2), 129–144. https://doi.org/10.21009/jsq.011.2.03.
Kaynak, Ü., Kaynak, S., & Sevgili Koçak, S. (2023). The pathway from perceived peer support to achievement via school motivation in girls and boys: A moderated-mediation analysis. RMLE Online, 46(3), 1–13. https://doi.org/10.1080/19404476.2023.2171655.
Lalim, Y. (2011). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajar pada siswa SMA di Surabaya. Widya Mandala Catholic University. Retrieved from http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/267/.
Lerek, F. (2014). Pengaruh motivasi belajar dan dukungan sosial teman sebaya terhadap regulasi diri pada mahasiswa yang kuliah sambil bekerja di Fakultas Ekonomi Program Studi Ekonomi Syariah Universitas Mulawarman Samarinda. Psikoborneo Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(3).
Lutfiwati, S. (2020). Motivasi belajar dan prestasi akademik. Al-Idarah Jurnal Kependidikan Islam, 10(1), 53–63.
Mualif, A., & Kuantan Singingi, I. (2022). Analisis pelaksanaan program keagamaan dalam upaya membina kepribadian islami siswa SMP Negeri 2 Gunung Toar Kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuantan Singingi. JOM FTK Uniks. Retrieved from https://ejournal.uniks.ac.id/index.php/JOM/article/view/2021.
Ota, M. K., Djou, A. M. G., & Numba, F. F. (2021). Problematika pembelajaran daring siswa kelas VII SMPN 1 Ende Selatan, Kabupaten Ende. Mitra Mahajana Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 74–81. https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i1.769.
Prasetyo, K. B., & Rahmasari, D. (2017). Hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan motivasi belajar pada siswa. Jurnal Penelitian Psikologi, 7(1), 1–9. Retrieved from https://jurnalfpk.uinsby.ac.id/index.php/JPP/article/view/92.
Pratama, D. P. S. (2020). Hubungan kontrol diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang mengikuti Resimen Mahasiswa di Teritorial Sub-A Mahadipa Jawa Tengah. Retrieved from http://lib.unnes.ac.id/39315/1/1511414003.pdf.
Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh minat belajar siswa dan persepsi atas upaya guru dalam memotivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMP di Depok. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 206–216. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1027.
Shalata, L. K. (2016). Teknik pengelolaan kelas guru sejarah kebudayaan Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MAN Kediri 1 tahun 2016. IAIN Kediri.
Solichin, M. M., Muchlis, A., & Ferdiant, A. G. (2021). Learning motivation as intervening in the influence of social support and self-regulated learning on learning outcome. International Journal of Instruction, 14(3), 945–964.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan E&D.
Sunain, S. (2017). Pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap tingkat kecerdasan dan keaktifan siswa dari kelas satu sampai dengan kelas enam pada semester I. Pedagogia Jurnal Pendidikan, 6(2), 160–176. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i2.942.
Surbakti, M. N., Ginting, A., & Siallagan, A. M. (2023). Analysis of peer group support and the learning environment with learning motivation for nursing students. Jurnal Keperawatan dan Fisioterapi, 5(2), 316–324. https://doi.org/10.35451/jkf.v5i2.1597.
Tezci, E., Sezer, F., Gurgan, U., & Aktan, S. (2015). A study on social support and motivation. Anthropologist, 22(2), 284–292. https://doi.org/10.1080/09720073.2015.11891879.
Tunggadewi, T. P., & Indriana, Y. (2018). Hubungan antara dukungan sosial dengan motivasi belajar pada santri di Pesantren Tahfidz Daarul Qur'an Jawa Tengah. Jurnal Empati, 6(3), 313–317.
Ulfah, U., & Arifudin, O. (2020). Implementasi bimbingan dan konseling di sekolah dalam kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146. https://doi.org/10.57171/jt.v1i2.189.
Via, I., & Ariani, T. P. (2021). Pentingnya tata tertib dalam membentuk disiplin belajar siswa SMP. Jurnal KAIROS, 1(1), 79–94. Retrieved from http://repository.uph.edu/4956/.
Wahyuni, N. S. (2016). Hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan kemampuan bersosialisasi pada siswa SMK Negeri 3 Medan. Jurnal Diversa, 2(2), 1–11. https://doi.org/10.31289/diversita.v2i2.512.
Wahyuni, N. S. (2017). Hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan kemampuan bersosialisasi pada siswa SMK Negeri 3 Medan. Jurnal Diversa, 2(2). https://doi.org/10.31289/diversita.v2i2.512.
Wentzel, K. R., Muenks, K., McNeish, D., & Russell, S. (2017). Peer and teacher supports in relation to motivation and effort: A multi-level study. Contemporary Educational Psychology, 49, 32–45. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2016.11.002.
Wijaya, A. A. A. R., & Widiasavitri, P. N. (2019). Hubungan dukungan sosial teman sebaya terhadap motivasi berprestasi pada remaja awal di Kota Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 6(2), 261. https://doi.org/10.24843/jpu.2019.v06.i02.p05.