Intensitas Bermain Game Online dan Keterampilan Sosial Remaja di Sidoarjo

Authors

  • Mochamad Rizal Alfianto Program Studi Psikologi, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Hazim Program Studi Psikologi, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/islamicpsychology.v1i2.85

Keywords:

game online, remaja, keterampilan sosial, studi korelasional kuantitatif, Mobile Legends

Abstract

Penelitian ini menyelidiki hubungan antara intensitas bermain game online dan keterampilan sosial di kalangan remaja di Sidoarjo, dengan menggunakan metode korelasional kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala yang mengukur intensitas bermain game dan dimensi keterampilan sosial. Sampel terdiri dari 206 anggota dari komunitas Mobile Legends Sidoarjo di Facebook. Hasil dari analisis regresi linier sederhana menunjukkan hubungan negatif yang signifikan (F = 10.869, p <0.001) antara intensitas bermain game online dan keterampilan sosial remaja. Intensitas bermain game online menjelaskan 5,1% dari varians dalam keterampilan sosial, menunjukkan bahwa faktor-faktor lain berkontribusi secara signifikan terhadap kompetensi sosial remaja. Temuan ini menggarisbawahi perlunya pendekatan yang seimbang dalam memahami dan mempromosikan perkembangan sosial yang positif di tengah meningkatnya aktivitas bermain game online di kalangan remaja.

References

CNN Indonesia. (2021). Survei: 19,3 persen anak Indonesia kecanduan game online. Cnnindonesia.com. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20211002135419-255-702502/survei-193-persen-anak-indonesia-kecanduan-internet

Dewi, N. P. (2014). Hubungan antara intensitas game online dengan interaksi sosial pada remaja. Surakarta.

Efastri, S. M., Lhaura, L., & Islami, C. C. (2022). Perbedaan kemampuan bersosialisasi anak yang mengalami kecanduan gadget dengan yang tidak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4461–4470. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2296

Erizka, Martunis, & Bakar, A. (2019). Korelasi intensitas bermain game online Mobile Legend dengan keterampilan sosial siswa MAN 3 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 4(3), 60–66.

Fadli, R. (2022). Dampak pandemi terhadap kemampuan sosial anak. Halodoc.com. Retrieved from https://www.halodoc.com/artikel/dampak-pandemi-terhadap-kemampuan-sosial-anak

Fernando, G. R. (2018). Hubungan antara bermain game online dengan perilaku sosial dan prestasi belajar. Universitas Lampung. Retrieved from http://digilib.unila.ac.id/30458/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf

Grattia, M. (2023). Mengenali hikikomori, fenomena 'mengasingkan diri' pada remaja di Jepang. detikEdu. Retrieved from https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6713036/mengenal-hikikomori-fenomena-mengasingkan-diri-pada-remaja-di-jepang

Hadi, P., Sinring, A., & Aryani, F. (2018). Pengaruh permainan tradisional dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa SMP. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 4(1), 32. https://doi.org/10.26858/jpkk.v4i1.4474

Hidayat, A. (2013). Uji normalitas dan metode perhitungan (penjelasan lengkap). Statistikian.com. Retrieved from https://www.statistikian.com/2013/01/uji-normalitas.html

Irvansyah, M. (2014). Analisis penyebab hikikomori melalui pendekatan fenomenologi. JAPANOLOGY, 2(2), 28–39.

Kartini, H. (2016). Hubungan antara konformitas teman sebaya dan intensitas bermain game online dengan intensi berperilaku agresif pada siswa. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(4), 482–489. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i4.4232

Kurniawan, D. E. (2017). Pengaruh intensitas bermain game online terhadap perilaku prokrastinasi akademik pada mahasiswa bimbingan dan konseling Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Konseling Gusjigang, 3(1), 97–103. Retrieved from http://jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang/article/download/1120/1071

Lubis, S. A. S. (2022). Hubungan antara kecanduan game online dengan keterampilan sosial pada remaja di Sekolah Menengah Pertama Rahmat Islamiyah. Universitas Medan Area.

Pinasti, A. Y., & Khourunnisa, R. N. (2022). Hubungan antara kontrol diri dengan perilaku kecenderungan kecanduan game online selama pandemi Covid-19 pada remaja di Kota Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 9(5), 125–133.

Rahmat, A. (2014). Hubungan kecanduan game online dengan keterampilan sosial remaja di 4 game centre di Kecamatan Klojen Kota Malang. Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. Retrieved from http://etheses.uin-malang.ac.id/5993/1/08410004.pdf

Rahmawati, D. (2020). Hubungan antara kepribadian neurotik dan kontrol diri dengan kecanduan game online Mobile Legends pada gamers di Pekanbaru. UIN Suska Riau.

Rizal, G. L., & Pratiwi, P. A. (2022). Hubungan kecanduan game online dengan keterampilan sosial remaja di Kota Padang. Attadib Journal of Elementary Education, 6(1), 126–134.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (19th ed.). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian dan pengembangan (research and development/R&D) (4th ed.). Bandung: Alfabeta.

Virlia, S., & Setiadji, S. (2016). Hubungan kecanduan game online dan keterampilan sosial pada pemain game dewasa awal di Jakarta Barat. Psibernetika, 9(2), 93–101. https://doi.org/10.30813/psibernetika.v9i2.460

Downloads

Published

2024-08-07

How to Cite

Alfianto, M. R., & Hazim, H. (2024). Intensitas Bermain Game Online dan Keterampilan Sosial Remaja di Sidoarjo. Journal of Islamic Psychology, 1(2), 13. https://doi.org/10.47134/islamicpsychology.v1i2.85

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.