Coping Stress dalam Mengerjakan Skripsi pada Mahasiswa yang Kuliah Sambil Bekerja
DOI:
https://doi.org/10.47134/islamicpsychology.v1i2.93Keywords:
Coping Stress, Mahasiswa Pekerja, SkripsiAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya permasalahan terkait coping stress pada mahasiswa pekerja yang sedang mengerjakan skripsi di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Mahasiswa memiliki waktu terbatas, kelelahan fisik dan mental, memiliki tuntutan ganda dan ketidakstabilan emosi yang membuat tidak terselesaikannya perkuliahan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui gambaran coping stress pada mahasiswa pekerja yang sedang mengerjakan skripsi. Metode penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan populasi mahasiswa aktif Universitas Muhammadiyah Sidoarjo yang sambil bekerja dan sedang menempuh skripsi dengan jumlah 3.176 jumlah dan yang dipergunakan sebagai sampel berjumlah 346 berdasarkan tabel Krejcie dan Morgan dengan tarf kesalahan 5%. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan tertentu yaitu mahasiswa aktif yang kuliah sambil bekerja dan sedang mengerjakan skripsi. Variabel dalam penelitian ini adalah coping stress. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala coping stress dengan model skala Likert yang diadopsi dari penelitian terdahulu dengan nilai reliabilitas sebesar 0.896. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan uji statistik deskriptif dengan bantuan microsoft excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa pekerja yang sedang mengerjakan skripsi di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo memiliki coping stress sebanyak 203 mahasiswa menggunakan problem focused coping dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 59% dan 244 mahasiswa menggunakan emotion focused coping dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 71%.
References
Adisty, N. D. (2020). Coping Stress Mahasiswa Akhir yang Bekerja Part Time. Universitas Muhammadiyah Malang.
Afifah, P. N. (2023). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Coping Stress Mahasiswa Tingkat Akhir Bimbingan dan Penyuluhan Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2019). Gambaran Tingkat Stres Mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5(1), 40–47.
Aruni, M. H. (2022). Strategi Coping Stress dalam Penyusunan Tugas Akhir Skripsi Pada Mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling Islam Angkatan 2018 UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri Purwokerto. UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri.
Azahra, J. S. (2018). Hubungan antara Stres Akademik dengan Coping Stress Pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi di Fakultas Pendidikan Psikologi. Universitas Negeri Jakarta.
Dalfiqih, I. (2022). Gambaran Coping Stres pada Mahasiswa Tingkat Akhir yang Sedang Mengerjakan Skripsi di Kota Makassar. Universitas Bosowa.
Dela, V. L., Matondang, A. M., & Taufik, R. (2019). Strategi Coping Stress Pada Mahasiswa Bimbingan Konseling yang Menyusun Skripsi di Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan. Ristekdik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(2), 90–94.
Dini, P. R., & Iswanto, A. (2019). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Tingkat Stres dalam Menyusun Tugas Akhir Pada Mahasiswa Stikes Ngudi Waluyo Ungaran. Jurnal Ilmu Kebidanan dan Kesehatan, 10(2).
Ferdiawan, R. P., Raharjo, S. T., & Rachim, H. A. (2020). Coping Strategi Pada Mahasiswa yang Bekerja. Prosiding Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 199.
Folkman, S. (2020). Stress: Appraisal and Coping. In Encyclopedia of Behavioral Medicine (pp. 2177–2179). Springer.
Handoko, E. (2022). Kajian Hubungan Pencapaian Akademik dengan Tingkat Stres dan Kualitas Tidur Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran dalam Masa Pandemi Covid-19. Publikasi Buku UNPRI Press ISBN, 1–57.
Herlambang, D. W. (2022). Tingkat Kecemasan dan Stres Akademik Mahasiswa Penjaskesrek Angkatan 17 Universitas Islam Riau dalam Penyusunan Skripsi di Masa Pandemi Covid-19. Universitas Islam Riau.
Jayusman, R. A. (2018). Hubungan Antara Dukungan Sosial dan Coping Stress Pada Mahasiswa Perantau di Yogyakarta.
Kharisma, R. (2023). Studi Fenomenologi dalam Menghadapi Quarter-Life Crisis Pada Fresh Graduate Psikologi Universitas Jambi. Universitas Jambi.
Lazarus, R. S. (1998). The Stress and Coping Paradigm. In Fifty Years of Research and Theory (pp. 182–220).
Lazarus, R. S., & Folkman, S. (1984). Stress, Appraisal, and Coping. Springer Publishing Company.
Lubis, N. H. (2021). Strategi Coping Stres Pada Mahasiswa Bimbingan Penyuluhan Islam dalam Menyusun Skripsi di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Lubis, R., et al. (2015). Coping Stress Pada Mahasiswa yang Bekerja. Jurnal Diversitas, 1(2).
Mheidly, N., Fares, M. Y., & Fares, J. (2020). Coping With Stress and Burnout Associated With Telecommunication and Online Learning. Frontiers in Public Health, 8, 672.
Mulyana, A., Nurdin, F. S., & Nurfatwa, D. (2022). Prokrastinasi Akademik, Emotion-Focused Coping, dan Kecemasan Pada Mahasiswa. Jurnal Penelitian Psikologi, 13(2), 68–78.
Mulyanto, A. (2017). Hubungan Antara Problem Focus Coping dan Dukungan Sosial Terhadap Stres Pada Mahasiswa yang Bekerja. Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Nur’Alimah, S. (2022). Strategi Coping Stres dalam Penyusunan Skripsi di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Mahasiswa BPI Tahun 2016 dan 2017). Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah.
Polizzi, C., Lynn, S. J., & Perry, A. (2020). Stress and Coping in the Time of COVID-19: Pathways to Resilience and Recovery. Clinical Neuropsychiatry, 17(2), 59.
Pragholapati, A., & Ulfitri, W. (2019). Gambaran Mekanisme Coping Pada Mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan Tingkat IV yang Sedang Menghadapi Tugas Akhir di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan X Bandung. Humanitas: Jurnal Psikologi, 3(2), 115–126.
Putri, S. O., & Lubis, W. U. (2019). Perbedaan Coping Stress Pada Mahasiswa Bekerja dan Tidak Bekerja yang Sedang Menyelesaikan Skripsi. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian (pp. 774–778).
Rachmah, D. N. (2013). Hubungan Self-Efficacy, Coping Stress dan Prestasi Akademik. Jurnal Ecopsy, 1(1), 7–14.
Rafikasari, M. N., & Purwandari, E. (2015). Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Strategi Coping Pada Mahasiswa yang Menyusun Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sabrina, A. (2017). Hubungan Regulasi Emosi Dengan Strategi Coping Pada Mahasiswa Pekerja Tingkat Strata 1 di Jakarta Pusat. Universitas Mercu Buana Jakarta.
Sari, O. S. (2018). Faktor Keterlambatan Penyelesaian Studi Mahasiswa Prodi Bimbingan Konseling Islam Institut Agama Islam Negeri Bengkulu. IAIN Bengkulu.
Subandy, K., & Jatmika, D. (2020). Hubungan Psychological Capital Dengan Coping Stress Pada Mahasiswa yang Bekerja. Psibernetika, 13(2).
Sugiarti, S., Utami, R. J., Ikhlas, A., Mahendika, D., Vanchapo, A. R., & Muis, M. A. (2024). Gambaran Coping Stress Pada Mahasiswa yang Sedang Menyelesaikan Skripsi. Jurnal Edukasi, 6(2), 11251–11259.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.