Suara Terungkap: Mendekodekan Advokasi LGBT di Media Sosial
DOI:
https://doi.org/10.47134/diksima.v1i1.26Keywords:
Analisis wacana Nourman Fairclough, LGBT, InstagramAbstract
Penelitian ini menerapkan analisis wacana kritis Norman Fairclough untuk meneliti advokasi LGBT yang dilakukan oleh Ragil Mahardika melalui akun Instagramnya, khususnya dalam konteks Indonesia di mana isu LGBT masih sangat kontroversial dan umumnya ditolak oleh masyarakat. Menggunakan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi dimensi teks, praktik produksi, dan praktik sosial dari teori Fairclough untuk memahami representasi, hubungan, dan identitas yang dibangun oleh postingan Mahardika. Temuan menunjukkan bahwa Mahardika menggunakan platformnya untuk menantang norma sosial dan terlibat dalam kritik budaya, sering kali menghadapi oposisi signifikan dari netizen. Studi ini menyoroti ideologi tersembunyi dalam teks-teks ini, menekankan implikasi sosial dari advokasi LGBT digital dan reaksi budaya serta institusional yang lebih luas yang dipicu olehnya. Hasilnya menunjukkan kebutuhan akan pendidikan publik yang lebih besar mengenai kompleksitas isu LGBT dan potensi dampak negatif dari advokasi semacam itu di media sosial.
References
Aditya, R. (2022). Profil Ragil Mahardika, Pria Gay yang Diajak Deddy Corbuzier ke Podcast. Https://Www.Suara.Com/. https://www.suara.com/news/2022/05/09/132336/profil-ragil-mahardika-pria-gay-yang-diajak-deddy-corbuzier-ke-podcast
Andi Indah Yulianti. (2018). Penggunaan Bahasa pada Akun Instagram Lambe Turah: Analisis Wacana Kritis. 6(1), 1–8. DOI: https://doi.org/10.36843/tb.v6i1.16
Boellstorff, T. (2016). Against state straightism: Five principles for including LGBT Indonesians. E-International Relations. https://www.e-ir.info/2016/03/21/against-state-straightism-five-principles-for-including-lgbt-indonesians/
Chandra, Y., & Wae, R. (2019). Fenomena LGBT di Kalangan Remaja dan Tantangan Konselor di Era Revolusi Industri 4.0. Proceeding Konvensi Nasional XXI: Asosiasi Bimbingan Dan Konseling Indonesia, April, 28–34.
Chandra, Y., & Wae, R. (2019). Fenomena LGBT di kalangan remaja dan tantangan konselor di era revolusi industri 4.0. In Proceeding Konvensi Nasional XXI: Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (April, pp. 28–34). Retrieved from http://proceedings.upi.edu/index.php/konvensiabkinxxi/article/download/444/400/
Erawati, A., Surif, M., & Dalimunthe, S. F. (2022). Analisis Wacana Kritis Nourman Fairclough terhadap Jokowi yang Menyentil Menterinya Mengenai Kenaikan Harga Minyak Goreng. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10653–10662.
Erawati, A., Surif, M., & Dalimunthe, S. F. (2022). Analisis wacana kritis Norman Fairclough terhadap Jokowi yang menyentil menterinya mengenai kenaikan harga minyak goreng. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10653–10662. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4114 DOI: https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3514
Fanani, M. F. (2022). Instagram adalah Media Sosial berbasis Foto dan Video, Pahami Fungsi dan Fiturnya.
Fanani, M. F. (2022). Instagram adalah media sosial berbasis foto dan video, pahami fungsi dan fiturnya. Retrieved from https://www.merdeka.com/sumut/instagram-adalah-media-sosial-berbasis-foto-dan-video-simak-penjelasannya-kln.html
Fitriana, I., Rizka, Trihandayani, N. F., & Adyatama, E. (2021). Dualism of Positive Law and Islamic Law in Indonesia: Law Enforcement for Lesbian, Gay, Bisexual and Transgender Communities. Urecol Journal. Part H: Social, Art, and Humanities, 1(2), 82–90. DOI: https://doi.org/10.53017/ujsah.111
Flores, A. R. (2019). Social acceptance of LGBT people in 174 countries: 1981 to 2017. escholarship.org. https://escholarship.org/content/qt5qs218xd/qt5qs218xd.pdf
Fujiawati, F. S., & Raharja, R. M. (2021). Pemanfaatan Media Sosial (Instagram) Sebagai Media Penyajian Kreasi Seni Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 6(1), 32–44.
Gegenfurtner, A., & Gebhardt, M. (2017). Sexuality education including lesbian, gay, bisexual, and transgender (LGBT) issues in schools. Educational Research Review. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1747938X17300386 DOI: https://doi.org/10.1016/j.edurev.2017.10.002
Hartanto. (2017). Text Mining dan Sentimen Analisis Twitter Pada Gerakan LBGT. Jurnal Psikologi Ilmiah, 9(1), 18–25.
Hasenbush, A., Flores, A., Kastanis, A., Sears, B., & Gates, G. (2014). The LGBT divide: A data portrait of LGBT people in the midwestern, mountain &southern states. escholarship.org. https://escholarship.org/uc/item/17m036q5
Juliani, R. (2019). Kampanye Lgbt di Media Sosial Facebook dan Whatsapp. SOURCE : Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 29–44. https://doi.org/10.35308/source.v4i2.920 DOI: https://doi.org/10.35308/source.v4i2.920
Karakaya, S., & Kutlu, F. Y. (2021). LGBT individuals’ opinions about their health care experiences: A qualitative research study. Journal of Nursing Management. https://doi.org/10.1111/jonm.13199 DOI: https://doi.org/10.1111/jonm.13199
Logie, C. H., Perez-Brumer, A., Mothopeng, T., Latif, M., & ... (2020). Conceptualizing LGBT stigma and associated HIV vulnerabilities among LGBT persons in Lesotho. AIDS and Behavior. https://doi.org/10.1007/s10461-020-02917-y DOI: https://doi.org/10.1007/s10461-020-02917-y
Mariska, S. (2023). LGBT Dalam Perspektif Hak Asasi Manusia. https://kabarlah.com/opinion/2023/01/07/lgbt-dalam-perspektif-hak-asasi-manusia/
Nowaskie, D. Z., & Najam, S. (2022). Lesbian, gay, bisexual, and/or transgender (LGBT) cultural competency across the intersectionalities of gender identity, sexual orientation, and race among …. Plos One. https://journals.plos.org/plosone/article?id=10.1371/journal.pone.0277682 DOI: https://doi.org/10.1371/journal.pone.0277682
Putri, S. (2015). Minoritasi LGBT di Indonesia: Cyber Bullying Pada Akun Instagram @denarachman. Jurnal Interaksi, 4(1), 73–81.
Ridwan, R., & Wu, J. (2018). ’Being young and LGBT, what could be worse?’Analysis of youth LGBT activism in Indonesia: challenges and ways forward. Gender &Development. https://doi.org/10.1080/13552074.2018.1429103 DOI: https://doi.org/10.1080/13552074.2018.1429103
Santoso, M. B. (2016). LGBT Dalam Perspektif Hak Asasi Manusia. Share : Social Work Journal, 6(2), 220. https://doi.org/10.24198/share.v6i2.13206 DOI: https://doi.org/10.24198/share.v6i2.13206
Sholikhah, A. (2021). Analisis Wacana Norman Fairclough Tentang Dakwah Islam Akun Instagram Dawuh Guru.
Sintawati, F. (2023). Wacana Kritis Model Norman Fairclough pada Judul Berita Tragedi Kanjuruhan Malang dalam Media Massa Daring. 8(April), 27–34.
Siti Kholifatur, R. (2017). Pengaruh Globalisasi dalam Perkembangan Perjuangan Identitas dan Hak Kelompok LGBT di Indonesia. Global Dan Policy, 5(2), 183–198.
Wahlen, R., Bize, R., Wang, J., Merglen, A., & Ambresin, A. E. (2020). Medical students’ knowledge of and attitudes towards LGBT people and their health care needs: Impact of a lecture on LGBT health. PloS One. https://journals.plos.org/plosone/article?id=10.1371/journal.pone.0234743 DOI: https://doi.org/10.1371/journal.pone.0234743
Wahyuni, D. (2018). Peran orang tua dalam pendidikan seks bagi anak untuk mengantisipasi LGBT. Quantum: Jurnal Ilmiah Kesejahteraan Sosial. http://ejournal.kemensos.go.id/index.php/Quantum/article/download/1747/912
Yolaç, E., & Meriç, M. (2021). Internalized homophobia and depression levels in LGBT individuals. Perspectives in Psychiatric Care. https://www.researchgate.net/profile/Meltem_Meric/publication/342245141_Internalized_homophobia_and_depression_levels_in_LGBT_individuals/links/603f998f92851c077f15bc74/Internalized-homophobia-and-depression-levels-in-LGBT-individuals.pdf DOI: https://doi.org/10.1111/ppc.12564
Yulianti, A. I. (2018). Penggunaan bahasa pada akun Instagram Lambe Turah: Analisis wacana kritis, 6(1), 1–8. Retrieved from http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.reuma.2018.06.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.arth.2018.03.044%0Ahttps://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S1063458420300078?token=C039B8B13922A2079230DC9AF11A333E295FCD8