Efikasi Diri Lebih Efektif Mengurangi Stres Akademik Dibandingkan Dukungan Sosial

Authors

  • Moh. Vickri Dwi Saputra Program Studi Psikologi, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Ghozali Rusyid Affandi Program Studi Psikologi, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/islamicpsychology.v1i1.56

Keywords:

dukungan sosial, efikasi diri, stres akademik, analisis regresi, intervensi pendidikan

Abstract

: Penelitian ini menginvestigasi dampak dukungan sosial dan efikasi diri terhadap stres akademik di kalangan 195 siswa di sebuah pondok pesantren. Bertentangan dengan persepsi umum, analisis kami menunjukkan tidak ada hubungan signifikan antara dukungan sosial dan stres akademik (r = -0.087, p = 0.227). Namun, terdapat korelasi terbalik yang layak dicatat antara efikasi diri dan stres akademik (r = -0.257, p < 0.001), yang menunjukkan bahwa tingkat efikasi diri yang lebih tinggi berkorelasi dengan penurunan stres. Lebih lanjut, efek gabungan dari dukungan sosial dan efikasi diri secara signifikan mempengaruhi stres akademik (F = 6.788, p = 0.001). Menggunakan metodologi kuantitatif dengan sampel populasi lengkap, studi ini menggunakan korelasi momen produk rho Spearman dan regresi berganda untuk analisis data melalui SPSS 26.0. Temuan ini menyoroti peran kritis efikasi diri dibandingkan dukungan sosial dalam pengelolaan stres, menawarkan wawasan penting untuk intervensi psikologis yang ditargetkan dalam lingkungan pendidikan.

References

Adawiyah, R. A. R. (2013). Kecerdasan emosional, dukungan sosial dan kecenderungan burnout. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 2(2), 99–107. DOI: https://doi.org/10.30996/persona.v2i2.97

Bandura, A., Pastorelli, C., Barbaranelli, C., & Caprara, G. V. (1999). Self-efficacy pathways to childhood depression. Journal of Personality and Social Psychology, 76(2), 258–269. https://doi.org/10.1037/0022-3514.76.2.258 DOI: https://doi.org/10.1037//0022-3514.76.2.258

Bedewy, D., & Gabriel, A. (2015). Examining perceptions of academic stress and its sources among university students: The perception of academic stress scale. Health Psychology Open, 2(2), 2055102915596714. DOI: https://doi.org/10.1177/2055102915596714

Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2008). Facilitating optimal motivation and psychological well-being across life’s domains. Canadian Psychology, 49(1), 14. DOI: https://doi.org/10.1037/0708-5591.49.1.14

Eriyanti, F. (2012). Perspektif sosiologis tentang sekolah berstandar internasional berbasis kearifan lokal dalam membangun karakter bangsa. Jurnal Demokrasi, 11(1).

Estiane, U. (2015). Pengaruh dukungan sosial sahabat terhadap penyesuaian sosial mahasiswa baru di lingkungan perguruan tinggi. Jurnal Psikologi Klinis Dan Kesehatan Mental, 4(1), 29–40.

Freire, A., Del M. Ferradás, M., Regueiro, B., Rodríguez, S., Valle, A., & Núñez, J. C. (2020). Coping strategies and self-efficacy in university students: A person-centered approach. Frontiers in Psychology, 11, 841. DOI: https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.00841

Govaerts, S., & Grégoire, J. (2004). Stressful academic situations: Study on appraisal variables in adolescence. European Review of Applied Psychology, 54(4), 261–271. DOI: https://doi.org/10.1016/j.erap.2004.05.001

Hitches, E., Woodcock, S., & Ehrich, J. (2022). Building self-efficacy without letting stress knock it down: Stress and academic self-efficacy of university students. International Journal of Educational Research Open, 3, 100124. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2022.100124

Jannah, S. M., & Widodo, P. B. (2021). Hubungan antara dukungan sosial dengan stres akademik pada mahasiswa yang menjalani pembelajaran jarak jauh akibat COVID-19. Undip. DOI: https://doi.org/10.14710/empati.2021.32580

Kinantie, O. A. (2012). Gambaran tingkat stres siswa SMAN 3 Bandung kelas XII menjelang ujian nasional 2012. Students e-Journal, 1(1), 31.

Kurniawan, A. (2016). Pendidikan karakter di pondok pesantren dalam menjawab krisis sosial. Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial Dan Ekonomi, 4(2).

Maharani, K. A., & Asrtina, C. (2022). Problematika pembelajaran menulis dengan metode Imla' pada santri bimbingan masuk Gontor (BIMAGO). Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 6(1), 119–132. https://doi.org/10.32699/liar.v6i1.2809 DOI: https://doi.org/10.32699/liar.v6i1.2809

Matoti, S. N., & Lekhu, M. A. (2019). Academic stress and academic self-efficacy of first-year pre-service teachers.

McLean, L., Gaul, D., & Penco, R. (2022). Perceived social support and stress: A study of 1st year students in Ireland. International Journal of Mental Health and Addiction, 1–21. DOI: https://doi.org/10.1007/s11469-021-00710-z

Muris, P. (2001). A brief questionnaire for measuring self-efficacy in youths. Journal of Psychopathology and Behavioral Assessment, 23, 145–149. DOI: https://doi.org/10.1023/A:1010961119608

Nakalema, G., & Ssenyonga, J. (2013). Academic stress: Its causes and results at a Ugandan university. African Journal of Teaching Education, 3(3). DOI: https://doi.org/10.21083/ajote.v3i3.2762

Oepen, M., & Karcher, W. (1988). Dinamika Pesantren: Dampak Pesantren dalam pendidikan dan pengembangan masyarakat. Perhimpunan Pengembangan Pesantren Dan Masyarakat.

Pramesta, K., & Dewi, D. K. (2021). Hubungan antara efikasi diri dengan stres akademik pada siswa di SMA X. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(7), 23–33.

Putri, H. I. S., & Affandi, G. R. (2022). Efikasi diri dan prokrastinasi akademik saat perkuliahan daring pada mahasiswa organisatori Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah. In Bandung Conference Series: Psychology Science, 2(3), 819–827. DOI: https://doi.org/10.29313/bcsps.v2i3.4882

Rahma, U., & Rahayu, E. W. (2018). Peran dukungan sosial keluarga dalam membentuk kematangan karier siswa SMP. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 11(3), 194–205. DOI: https://doi.org/10.24156/jikk.2018.11.3.194

Retnawati, H. (2016). Analisis kuantitatif instrumen penelitian (Panduan peneliti, mahasiswa, dan psikometrian). Parama Publishing.

Richey, M. H., & Richey, H. W. (1980). The significance of best‐friend relationships in adolescence. Psychology in the Schools, 17(4), 536–540. DOI: https://doi.org/10.1002/1520-6807(198010)17:4<536::AID-PITS2310170420>3.0.CO;2-I

Rihartini, R. (2021). Hubungan antara efikasi diri dan dukungan sosial teman sebaya dengan stres akademik pada mahasiswa santri di pesantren As-Sa’adah Terboyo Semarang. Prosiding Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula Klaster Humanoira, 1(1).

Sakti, Y. P., Urbayatun, S., & Prabawanti, C. (2020). The role of self-efficacy and optimism on academic stress towards industrial engineering students at Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta batch 2017-2019. International Journal of Science and Basic Applied Research, 53(1), 35–42.

Salam, A. (2019). Hubungan antara efikasi diri dan dukungan sosial dengan stres akademik pada siswa. Jurnal Al-Irsyad Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(2), 325–342.

Sandler, N., Tein, J., Mehta, P., Wolchik, S., & Ayers, T. (2000). Coping efficacy and psychological problems of children of divorce. Child Development, 71(4), 1099–1118. DOI: https://doi.org/10.1111/1467-8624.00212

Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2014). Health psychology: Biopsychosocial interactions. John Wiley & Sons.

Sarason, B. R., Sarason, I. G., & Pierce, G. R. (1990). Social support: An interactional view. John Wiley & Sons.

Schneiders, A. (1955). Personal adjustment and mental health.

Sugiyono. (2010). Memahami penelitian kualitatif.

Sujadi, M. O., Meditamar, & Ahmad, B. (2022). Pengaruh stres akademik dan self-efficacy terhadap penyesuaian diri santriwati pondok pesantren tahun pertama: Efek mediasi self-esteem. Indonesian Journal of Guidance and Counseling Theory and Applied, 11(3), 64–80.

Susanti, M., PAF, T. P., Rahmadhoni, B., & Nelson, Z. P. (2022). Gambaran tingkat kecemasan dalam menghadapi COVID-19 pada mahasiswa kedokteran angkatan 2019 Universitas Baiturrahmah. Nusantara Hasana Jurnal, 2(1), 107–118.

Suseno, M. N. (2009). Pengaruh pelatihan komunikasi interpersonal terhadap efikasi diri sebagai pelatih pada mahasiswa. Jurnal Intervensi Psikologi, 1(1), 93–106. DOI: https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol1.iss1.art6

Taufik, T., Ifdil, I., & Ardi, Z. (2013). Kondisi stres akademik siswa SMA Negeri di Kota Padang. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 1(2), 143–150. DOI: https://doi.org/10.29210/12200

Utami, S. D. (2015). Hubungan antara efikasi diri dengan stres akademik pada siswa kelas XI di MAN 3 Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(6).

Wahab, S., et al. (2013). Stressors in secondary boarding school students: Association with stress, anxiety, and depressive symptoms. Asia-Pacific Psychiatry, 5, 82–89. DOI: https://doi.org/10.1111/appy.12067

Widiasmara, N. (2018). Hubungan antara dukungan sosial dengan stres akademik pada remaja SMA di SMA Yogyakarta.

Wilks, S. E. (2008). Resilience amid academic stress: The moderating impact of social support among social work students. Advances in Social Work, 9(2), 106–125. DOI: https://doi.org/10.18060/51

Yuhuan, Z., et al. (2022). The association between academic stress, social support, and self-regulatory fatigue among nursing students: A cross-sectional study based on a structural equation modelling approach. BMC Medical Education, 22(1), 789. DOI: https://doi.org/10.1186/s12909-022-03829-2

Zajacova, A., Lynch, S. M., & Espenshade, T. J. (2005). Self-efficacy, stress, and academic success in college. Research in Higher Education, 46, 677–706. DOI: https://doi.org/10.1007/s11162-004-4139-z

Zimet, G. D., Dahlem, N. W., Zimet, S. G., & Farley, G. K. (1988). The multidimensional scale of perceived social support. Journal of Personality Assessment, 52(1), 30–41. DOI: https://doi.org/10.1207/s15327752jpa5201_2

Downloads

Published

2024-07-30

How to Cite

Saputra, M. V. D., & Affandi, G. R. (2024). Efikasi Diri Lebih Efektif Mengurangi Stres Akademik Dibandingkan Dukungan Sosial. Journal of Islamic Psychology, 1(1), 13. https://doi.org/10.47134/islamicpsychology.v1i1.56

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.