Pengaruh Regulasi Diri terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru
DOI:
https://doi.org/10.47134/islamicpsychology.v1i2.94Keywords:
Regulasi Diri, Penyesuaian Diri, MahasiswaAbstract
Penelitian ini bermaksud guna mengetahui pengaruh regulasi diri terhadap penyesuaian diri mahasiswa baru tahun ajaran 2023/2024 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 2706 mahasiswa dengan sampel sebanyak 247 mahasiswa baru tahun ajaran 2023/2024 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo didasarkan pada table Tabel Krejcie-Morgan dengan taraf kesalahan 10%. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan skala penyesuaian diri dengan nilai reliabilitas alat ukur Cronbach’s Alpha sebesar 0.946 dan skala regulasi diri dengan nilai reliabilitas alat ukur Cronbach’s Alpha sebesar 0.907. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana dibantu dengan program statistic JASP versi 18 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa regulasi diri berpengaruh positif terhadap penyesuaian diri dengan nilai F = 184.145 dan signifikansi sebesar 0.000 (p < 0.05) artinya terdapat pengaruh secara signifikan antara regulasi diri dengan penyesuaian diri mahasiswa baru tahun ajaran 2023/2024 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Hasil penelitian ini digunakan untuk memberi kesadaran pada mahasiswa baru untuk bisa melakukan penyesuaian diri dengan baik serta lebih aktif dalam mencari informasi mengenai perkuliahan sehingga mahasiswa mempu memiliki regulasi diri yang baik dengan menentukan tujuan dan menyusun strategi untuk mencapai tujuan perkuliahan.
References
Ainni, S. A., Aulia, F., Psikologi, J., Pendidikan, I., & Negeri Padang, U. N. (2021). Hubungan Growth Mindset Dengan Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Tahun Pertama Di Universitas Negeri Padang. Socio Humanus, 3, 235–245. [Online]. Available: http://ejournal.pamaaksara.org/index.php/sohum
AL Rasyid, H., & Chusairi, A. (2021). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dan Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Universitas Airlangga. Buletin Penelitian Psikologi dan Kesehatan Mental (BRPKM), 1(2), 1306–1312. https://doi.org/10.20473/brpkm.v1i2.28617
Arum, A. R., & Khoirunnisa, R. N. (2021). Hubungan antara Regulasi Diri dengan Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru Psikologi. Jurnal Penelitian Psikologi, 8, 187–196.
Atiyah, K., Mughni, A., & Ainiyah, N. (2020). Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Penyesuaian Diri Remaja. Maddah: Jurnal Komunikasi dan Konseling Islam, 2(2), 42–51. https://doi.org/10.35316/maddah.v2i2.844
Azwar, S. (2017). Metode Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Budiarto, F., Nugrahayu, E. Y., & Riastiti, Y. (2021). Hubungan Tingkat Kecemasan Dengan Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Baru Kedokteran Unmul Saat Pembelajaran Online. Jurnal Verdure, 3, 18–24.
Fitri, R., & Kustanti, E. R. (2018). Hubungan Antara Efikasi Diri Akademik Dengan Penyesuaian Diri Akademik Pada Mahasiswa Rantau Dari Indonesia Bagian Timur Di Semarang. Jurnal Empati, 7(2), 66–79. https://doi.org/10.14710/empati.2018.21669
Fitrianti, L., & Cahyono, R. (2021). Pengaruh Regulasi Diri terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru Selama PJJ di Masa Pandemi Covid-19. Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental, 1(2), 1180–1189. https://doi.org/10.20473/brpkm.v1i2.28846
Hikmah, N. (2020). Hubungan Antara Self Esteem Dengan Self Adjusment Pada Santri Di Pondok Pesantren Mamba’ul Ihsan Banyu Urip Ujung Pangkah Gresik. Accessed: Oct. 15, 2023. [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/334755647.pdf
Iflah, & Listyasari, W. D. (2013). Gambaran Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, 2(1), 33–36. https://doi.org/10.21009/JPPP.021.05
Isnaini, F. (2017). Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Penyesuaian Diri Santri Pondok Pesantren Di Surakarta. Accessed: Sep. 13, 2023. [Online]. Available: https://eprints.ums.ac.id/52998/1/NASPUB%20NEW.pdf
Jamaluddin, P., M. Diri, Baru, & M. Jamaluddin. (2020). Indonesian Psychological Research Model Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru A New Student Adjusment Model. Indonesian Psychological Research, 2(2). https://doi.org/10.2980/ipr.v2i2.361
Lim, K.-M. (2021). Self-Efficacy and Social Support as Predictors of Adjustment to College Students. Journal of Agricultural Extension & Community Development, 28(4), 175–190. https://doi.org/10.12653/jecd.2021.28.4.0175
Malau, D. I. Y., Sandayanti, V., & Eksa, D. R. (2020). Hubungan Kecemasan Mengerjakan Tugas Dengan Regulasi Diri Dalam Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Tahun 2019. Jurnal Psikologi Universitas HKBP Nommensen, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.36655/psikologi.v8i2.
Manab, A. (2016). Memahami Regulasi Diri: Sebuah Tinjauan Konseptual.
Maulina, B., & Sari, D. R. (2018). Derajat Stres Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran Ditinjau Dari Tingkat Penyesuaian Diri Terhadap Tuntutan Akademik. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 4(1), 1–5. https://doi.org/10.26858/jpkk.v4i1.4753
Mauraji, F. R. (2022). Penyesuaian Diri Di Perguruan Tinggi Pada Mahasiswa Rantau Tahun Pertama. Universitas Muhammadiyah Malang. Accessed: Dec. 05, 2023. [Online]. Available: https://eprints.umm.ac.id/91367/1/SKRIPSI.pdf
Nabila, N., & Laksmiwati, H. (2019). Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Penyesuaian Diri Pada Santri Remaja Pondok Pesantren Darut Taqwa Ponorogo. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 6(3), 1–7. Accessed: Dec. 13, 2023. [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/29499
Nadlyfah, A. K., & Kustanti, E. R. (2018). Hubungan Antara Pengungkapan Diri Dengan Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Rantau Di Semarang. Jurnal Empati, 7(1), 136–144. https://doi.org/10.14710/empati.2018.20171
Nasari, F., & Darma, S. (2015). Penerapan K-Means Clustering Pada Data Penerimaan Mahasiswa Baru (Studi Kasus: Universitas Potensi Utama). pp. 6–8.
Nur, A. R. (2014). Hubungan Antara Kemandirian Dengan Penyesuaian Diri Dalam Lingkungan Kampus Pada Mahasiswa. Accessed: Oct. 10, 2023. [Online]. Available: https://pustaka.unpad.ac.id/archives/136021
Nurcahyani, D. I., & Prastuti, E. (2020). Regulasi Diri Sebagai Prediktor Stres Akademik Mahasiswa Bekerja Paruh Waktu. Psikovidya, 24(2), 94–101. https://doi.org/10.37303/psikovidya.v24i2.161
Ormrod, J. E. (2012). Human Learning (6th ed.). Pearson Education.
Permatasari, S. I., & Karyani, U. (2020). Hubungan Regulasi Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Aktivis Dan Non Aktivis Universitas Muhammadiyah Surakarta. Accessed: Dec. 04, 2023. [Online]. Available: https://eprints.ums.ac.id/86467/1/NASPUB_SEKARNING_F100160204.pdf
Pusvitasari, P., & Jayanti, A. M. (2020). Perbedaan Penyesuaian Diri Mahasiswa Ditinjau Dari Strategi Coping. Motiva Jurnal Psikologi, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.31293/mv.v3i1.4793
Rahmadani, A., & Rahmawati, Y. M. (2020). Adaptasi Akademik, Sosial, Personal, Dan Institusional: Studi College Adjustment Terhadap Mahasiswa Tingkat Pertama. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 8(3), 158–166. https://doi.org/10.29210/145700
Santoso, S. L. (2015). Hubungan Regulasi Diri Dengan Coping Stres Berfokus Masalah Pada Pengurus Ormawa FIP UNY. Jurnal Bimbingan dan Konseling, pp. 1–10. Accessed: Dec. 15, 2023. [Online]. Available: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24640
Sasmita, I. A. G. H. D., & Rustika, I. M. (2015). Peran Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Tahun Pertama Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 2(2), 280–289. https://doi.org/10.24843/jpu.2015.v02.i02.p16
Shafira, F. (2015). Hubungan Antara Kematangan Emosi Dengan Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Perantau. pp. 1–8.
Widodo, B. (2021). Gambaran Penyesuaian diri Mahasiswa Baru Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Kampus Kota Madiun Tahun Akademik 2020/2021. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4, 899–907. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i8.364
Yunus, A., Thaha, G. E. U., & Jambi, S. (2021). Hubungan antara Penyesuaian Diri dengan Prestasi Akademik Mahasiswa. Psikovidya, 5(1), 41–52.