Konformitas dan Konsumsi Kedai Kopi Remaja di Sidoarjo Sebuah Studi
DOI:
https://doi.org/10.47134/islamicpsychology.v1i1.58Keywords:
Konformitas, Remaja, Perilaku Konsumtif, Kedai Kopi, Pengaruh SosialAbstract
Penelitian ini menyelidiki hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif remaja di sebuah kedai kopi di Jalan Kavling DPR Sidoarjo. Dengan populasi sebanyak 1.000 remaja yang berkunjung ke warung kopi tersebut, sampel sebanyak 100 remaja dipilih dengan menggunakan rumus slovin dan teknik pengambilan sampel insidental. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala konformitas dan skala perilaku konsumtif dan dianalisis dengan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi positif yang signifikan (r = 0.732, p <0.05) antara konformitas dan perilaku konsumtif, yang mengindikasikan bahwa 53.6% perilaku konsumtif dapat dijelaskan oleh konformitas. Temuan ini menunjukkan bahwa konformitas memainkan peran penting dalam membentuk perilaku konsumtif remaja di kedai kopi yang diteliti, menyoroti pentingnya memahami dinamika pengaruh sosial dalam penelitian perilaku konsumen.
References
Afifullah, I. (2022). Lebih pilih warkop, 5 alasan kenapa orang tidak nongkrong di kafe. IDN Times. Available at https://www.idntimes.com/life/inspiration/iip-afifullah/alasan-kenapa-orang-tidak-nongkrong-di-kafe-c1c2-1/. Accessed May 15, 2022.
Anjani, P. S., & Astiti, D. P. (2020). Hubungan kontrol diri dan konformitas terhadap perilaku konsumtif remaja penggemar animasi Jepang (anime) di Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 144–155. Available at https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/57813.
Aprilitta, A. G. (2021). Pengaruh gaya hidup hedonisme dan konformitas terhadap perilaku konsumtif pada konsumen coffee shop di Kota Medan.
Damayanti, A. M. (2014). Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif pada mahasiswi indekost mewah di Kecamatan Kartasura.
Durandt, D. C., & Wibowo, D. H. (2021). Hubungan antara konformitas dan perilaku konsumtif pakaian pada remaja akhir. Vol. 2(2), 1–12.
Faradila, D. A. (2018). Hubungan konsep diri dan perilaku konsumtif online shopping produk pakaian pada mahasiswa.
Gonibala, N. (2022). Coffee shop jadi tongkrongan wajib, positif atau negatif? Kumparan. Available at https://kumparan.com/nisa-gonibala/coffee-shop-jadi-tongkrongan-wajib-positif-atau-negatif-1xEdumGUAKA. Accessed May 15, 2022.
Hamdan. (2013). Hubungan antara konformitas dan harga diri dengan perilaku konsumtif pada remaja putri. Psikostudia Universitas Mulawarman, 2(2), 68–75.
Lestarina, E., Karimah, H., Febrianti, N., Ranny, R., & Herlina, D. (2017). Perilaku konsumtif di kalangan remaja. Jurnal Riset Tindakan Indones., 2(2), 1–6. doi: 10.29210/3003210000. DOI: https://doi.org/10.29210/3003210000
Muamanah. (2019). Fenomena maraknya coffee shop sebagai gejala gaya hidup anak muda di Kota Metro. Journal of Coffee Culture, 45(45), 95–98.
Myers, D. (2012). Psikologi sosial (Edisi ke-5). Jakarta: Salemba.
Pradipta, & Kustanti, E. R. (2021). Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif mahasiswa di coffeeshop Semarang. Jurnal Empati, 10(3), 167–174. DOI: https://doi.org/10.14710/empati.2021.31280
Salendra. (2014). Coffee shop as media for self-actualization today’s youth, Vol. VI, 49–58. DOI: https://doi.org/10.26623/themessenger.v6i2.192
Santrock, J. W. (2017). Remaja (Edisi ke-11, jilid 1 & 2). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Sears, D. O., Freedman, J. O., & Peplau, L. (2006). Psikologi sosial. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
Solichah, N., & Kusuma, D. (2019). Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif terhadap produk fashion pada mahasiswa. Jurnal Psikologi, 06(03), 1–8.
Sumartono. (2002). Terperangkap dalam iklan: Meneropong imbas pesan iklan televisi. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Triningtyas, D. A., & Margawati, T. M. (2019). Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif terhadap online shopping pada remaja. Jurnal Kependidikan Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 5(1), 16. doi: 10.33394/jk.v5i1.1388. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v5i1.1388
Trisukma, N. D., & Murni, S. A. (2020). Pengaruh konformitas terhadap perilaku konsumtif (consumptive behavior) pada mahasiswa: Sebuah studi literatur, 279–282.
Windayanti, N. L. A. P., & Supriyadi, D. (2019). Hubungan antara citra tubuh dan konformitas terhadap perilaku konsumtif pada remaja putri di Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 6(01), 96. doi: 10.24843/jpu.2019.v06.i01.p10. DOI: https://doi.org/10.24843/JPU.2019.v06.i01.p10