Dampak Dukungan Teman Sebaya terhadap Agresivitas Verbal pada Siswa Sekolah Menengah Pertama
DOI:
https://doi.org/10.47134/islamicpsychology.v1i1.43Keywords:
Agresi verbal, Siswa sekolah menengah, Dukungan sosial teman sebaya, Studi korelasi, PencegahanAbstract
Agresi verbal di kalangan siswa sekolah menengah pertama merupakan perilaku negatif yang lazim terjadi dalam interaksi sehari-hari, yang meliputi kegiatan seperti menggoda, mengumpat, dan melecehkan. Penelitian ini menyelidiki dampak dari dukungan sosial teman sebaya terhadap agresi verbal di kalangan siswa di SMP PGRI 9 Sidoarjo. Dengan menggunakan pendekatan korelasi kuantitatif, data dikumpulkan dari 177 siswa yang diambil secara acak dengan menggunakan skala yang telah diadaptasi untuk mengukur dukungan sosial teman sebaya dan agresi verbal. Temuan menunjukkan korelasi negatif yang signifikan (r = -0,158, p = 0,036) antara dukungan sosial teman sebaya dan agresi verbal di antara para siswa, yang menunjukkan bahwa tingkat dukungan teman sebaya yang lebih tinggi dikaitkan dengan agresi verbal yang lebih rendah. Hal ini menyoroti peran penting dari hubungan teman sebaya dalam mengurangi agresi verbal di kalangan siswa sekolah menengah. Implikasinya menggarisbawahi pentingnya membina jaringan teman sebaya yang mendukung untuk mengatasi agresi verbal secara efektif.
References
Ani, S. D., & Nurhayati, T. (2019). Pengaruh Bullying Verbal Di Lingkungan Sekolah Terhadap Perkembangan Perilaku Siswa. Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial Ekonomi, 8(2), 88–101. https://doi.org/10.24235/edueksos.v8i2.5119 DOI: https://doi.org/10.24235/edueksos.v8i2.5119
Aridhona, J., Setia, R. D., & Aceh, U. M. (2022). Perilaku Agresi Verbal Pada Remaja. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumsi, 26(1). DOI: https://doi.org/10.37303/psikovidya.v26i1.196
Azizah, D. M. (2013). Mengurangi Perilaku Agresif Melalui Layanan Klasikal Menggunakan Teknik Sosiodrama Pada Siswa Kelas V Di SD Negeri Pegirikan 03 Kabupaten Tegal. Jurnal Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.
Bening, J., & Nomor, V. (2020). Jurnal Bening Volume 4 Nomor 1 Januari 2020 Haslinda, Jahada, Dodi Priyatmo Silondae. Jurnal Bening, 4, 53–60. DOI: https://doi.org/10.36709/bening.v4i2.12092
Eşkisu, M. (2014). The Relationship Between Bullying, Family Functions, Perceived Social Support Among High School Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 159, 492–496. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.12.412 DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.12.412
Hadi, I. A. (2019). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Lembaga Formal. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumsi, 3(1), 1–31. DOI: https://doi.org/10.53429/j-kis.v1i1.122
Harris, M. J. (2013). Bully, Rejection, & Peer Victimization. New York: Springer Publish Company.
Holt, M. K., & Espelage, D. L. (2007). Perceived Social Support Among Bullies, Victims, and Bully-Victims. Journal of Youth and Adolescence, 36(8), 984–994. https://doi.org/10.1007/s10964-006-9153-3 DOI: https://doi.org/10.1007/s10964-006-9153-3
Irvan, U. (2019). Perilaku Bullying Ditinjau Dari Peran Kelompok Teman Sebaya Dan Iklim Sekolah Pada Siswa SMA Di Kota Gorontalo. Jurnal Chemical Information Modeling, 5(9), 1689–1699.
Jannah, M. (2016). Remaja Dan Tugas-Tugas Perkembangannya Dalam Islam Adolesence’s Task And Development In Islam. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumsi, 1, 243–256. DOI: https://doi.org/10.22373/psikoislamedia.v1i1.1493
Martono, N. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Data Sekunder. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Moneta, M. F. (2020). Agresivitas Verbal Pelajar Ditinjau dari Konformitas, Kematangan Emosi, dan Jenis Kelamin Di SMPN Bagansapi.
Prabowo, M. W. (2017). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Agresivitas Pada Peserta Didik Program Paket B Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Negeri 33 Malaka. Fakultas Psikologi Universitas.
Prasetya, A., Fauzi, T., & Ramadhani, E. (2019). Pengaruh Lingkungan Terhadap Perilaku Agresif Verbal Siswa Dalam Berkomunikasi. Enlighten (Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam), 2(2), 68–73. https://doi.org/10.32505/enlighten.v2i2.1351 DOI: https://doi.org/10.32505/enlighten.v2i2.1351
Puspita, V. D., & Kustanti, E. R. (2018). Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Perundungan Pada Siswa SMP PL Domenico Savio Semarang. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumsi, 7(4), 252–259.
Putri, H. N., Nauli, A. F., & Novayelinda, R. (2015). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Bullying Pada Remaja. Jurnal Online Mahasiswa, 2(2). https://doi.org/10.35681/1560-9189.2015.17.3.100328 DOI: https://doi.org/10.35681/1560-9189.2015.17.3.100328
Rahma, U., & Rahayu, E. (2018). Peran Dukungan Sosial Keluarga Dalam Membentuk Kematangan Karier Siswa SMP. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumsi, 11(3), 194–205. https://doi.org/10.24156/jikk.2018.11.3.194 DOI: https://doi.org/10.24156/jikk.2018.11.3.194
Rifmawati, E. (2019). Hubungan Dukungan Sosial Kelompok Sebaya Terhadap Agresivitas Verbal Di Media Sosial. Skripsi.
Safitri, M. (2021). Pengaruh Masa Transisi Remaja Menuju Pendewasaan Terhadap Kesehatan Mental Serta Bagaimana Mengatasinya. JPIS Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 30(1), 20–24. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/jpis DOI: https://doi.org/10.17509/jpis.v30i1.29495
Sarafino, T. W., & Smith, E. P. (2021). An Introduction: Basic Issues Seeing a Need: Psychology’s Role in Health.
Shiddiq, A. F. S. (2013). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Identitas Diri Remaja Di Panti Asuhan Sinar Melati Yogyakarta. Jurnal American Chemical Society, 10, 2176–2181.
SMPN Kaliori, S. M. P. N., & Inayah, L. (2020). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Intensitas Penggunaan Media Sosial Terhadap Agresivitas Remaja Di SMPN 2 Kaliori.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surasa, N. M. (2021). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Harga Diri Di SMON 258 Jakarta Timur. Borneo Nursing Journal, 3(1).
Uzer, U. (2013). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Yusup, F. (2018). Uji Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 7(1), 17–23. DOI: https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100