Konformitas dan Perilaku Prososial dalam Fandom NCTZen: Menjelajahi Koneksi
DOI:
https://doi.org/10.47134/islamicpsychology.v1i1.60Keywords:
Konformitas, Perilaku Prososial, Fandom, NCTZen, Analisis RegresiAbstract
Penelitian ini meneliti hubungan antara konformitas dan perilaku prososial dalam fandom NCTZen, dengan fokus pada anggota grub line. Meskipun perilaku prososial sangat penting dalam membina komunitas yang saling mendukung, hanya sedikit penelitian yang mengeksplorasi hubungannya dengan konformitas dalam fandom. Dengan menggunakan teknik pengambilan sampel acak sederhana, data dikumpulkan dari 420 anggota NCTZen. Konformitas dan perilaku prososial diukur dengan menggunakan skala dengan reliabilitas internal yang dapat diterima (α = .609 dan α = .769). Analisis regresi sederhana menunjukkan adanya hubungan positif antara konformitas dan perilaku prososial (β = 0.166, p > 0.05), meskipun tidak signifikan. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun ada kecenderungan individu dengan konformitas yang lebih rendah menunjukkan perilaku prososial yang lebih rendah, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengeksplorasi faktor-faktor tambahan yang memengaruhi dinamika ini dalam komunitas fandom, menawarkan wawasan untuk membina interaksi positif dan jaringan dukungan.
References
Abdullah, A., & Rachmat, S. W. I. H. (2015). Hubungan Konformitas Dengan Perilaku Prososial Pada Pedagang Kaki Lima Di Jalan Pasar Besar Malang. Jurnal Psikovidya, 19(1), 12–21. Retrieved from https://psikovidya.wisnuwardhana.ac.id/index.php/psikovidya/article/view/57
Agnita, S., & Selviana, C. (2019). Pengaruh Religiositas Dan Konformitas Teman Sebaya Terhadap Perilaku Prososial Mahasiswa Yang Mengikuti Persekutuan. Jurnal Persekutuan Umat, 150–161. https://doi.org/10.24854/jpu02019-231 DOI: https://doi.org/10.24854/jpu92
Andina, A. N., Barokah, S., & Satriawan, T. N. (2020). Cup Sleeve Event Sebagai Bentuk Hedonisme Baru Penggemar K-Pop. Pro Bisnis, 13(1), 23–33. Retrieved from https://ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/probisnis/article/view/982
Baron, D., & Byrne, R. A. (2005). Psikologi Sosial. In Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Bashori, K. (2017). Menyemai Perilaku Prososial di Sekolah. Sukma: Jurnal Pendidikan, 1(1), 57–92. https://doi.org/10.32533/01103.2017 DOI: https://doi.org/10.32533/01103.2017
Caprara, D., Zelli, G. V., & Steca, A. (2005). A New Scale for Measuring Adults Prosocialness. European Journal of Psychological Assessment, 21(2), 77–89. DOI: https://doi.org/10.1027/1015-5759.21.2.77
Dhari, W., Kusdaryani, W., & Lestari, F. W. (2022). Pengaruh Konformitas Teman Sebaya Terhadap Perilaku Prososial Siswa Kelas X. Jurnal Empati: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 9(1), 44–55. https://doi.org/10.26877/empati.v9i1.9998 DOI: https://doi.org/10.26877/empati.v9i1.9998
Kang, I., Cui, H., & Son, J. (2019). Conformity Consumption Behavior and FoMO. Sustainability, 11(17). https://doi.org/10.3390/su11174734 DOI: https://doi.org/10.3390/su11174734
Kurniawati, E. V. I. (2019). Hubungan antara Konformitas dengan Perilaku Prososial pada Penggemar EXO (EXO-L). Skripsi, 1–126. Retrieved from http://repository.uin-suska.ac.id/22650/
Lapanda, S., Sofia, A., & Drupadi, R. (2022). Hubungan Empati Dengan Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4, 1–7. DOI: https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol4.no2.a5817
Lestari, K. A., & Fauziah, N. (2017). Hubungan Antara Konformitas Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Di SMA Muhammadiyah Kudus. Jurnal Empati, 5(4), 717–720. https://doi.org/10.14710/empati.2016.15451 DOI: https://doi.org/10.14710/empati.2016.15451
Myers, D. G. (2012). Psikologi Sosial (Social Psychology). In 1 Edisi 10. Salemba Humanika.
Nuralifah, I. P., & Rohmatun, R. (2015). Perilaku Prososial Pada Siswa SMP Islam Plus Assalamah Ungaran Semarang Ditinjau Dari Empati Dan Dukungan Sosial Teman Sebaya. Jurnal Proyeksi, 10(1), 7–19.
Nurhafiza, N. (2019). Hubungan Konformitas Teman Sebaya Dengan Sikap Siswa Terhadap Perilaku Prososial. Consilium: Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan, 6(1), 28. https://doi.org/10.37064/consilium.v6i1.4813 DOI: https://doi.org/10.37064/consilium.v6i1.4813
Purba, R. H., & Syahfitri, R. A. (2023). Hubungan Konformitas Dengan Perilaku Prososial Siswa Di SMP RK. Deli Murni Delitua. Invention, 4(1), 36–44. DOI: https://doi.org/10.51178/invention.v4i1.1170
Putri, I. P., Liany, F. D. P., & Nuraeni, R. (2019). K-Drama dan Penyebaran Korean Wave di Indonesia. ProTVF, 3(1), 68–80. https://doi.org/10.24198/ptvf.v3i1.20940 DOI: https://doi.org/10.24198/ptvf.v3i1.20940
Rahmawati, A., & Kustanti, E. (2021). Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku Prososial Pada Siswa SMP KY Ageng Giri di Pondok Pesantren Girikesumo, Mranggen Demak. Jurnal Empati, 10(3), 201–204. DOI: https://doi.org/10.14710/empati.2021.31284
Ratna, A., Utari, T., & Made, I. (2020). Konsep Diri Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Perilaku Prososial Remaja Sekolah Menengah Atas. Jurnal Psikologi, 8(2), 80–98. https://doi.org/10.18592/jsi.v8i2.3852 DOI: https://doi.org/10.18592/jsi.v8i2.3852
Rengganis, D. A. (2016). Kontribusi Identitas Sosial Terhadap Konformitas Pada Penggemar K-Pop. Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(2), 161–167.
Santoso, A. (2022). Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku Prososial Pada Penggemar Korean Pop. Skripsi, 146.
Sugiyono, S. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Velinda, I. N. A., & Yuliana, A. (2023). Pengaruh Konfirmitas dan Kecerdasan Emosional Terhadap Perilaku Prososial Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Airlangga ANGGI. Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental, 2–12.