Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Kemampuan Bersosialisasi pada Siswa SMPN

Authors

  • Rifqi Rizqullah Setiawan Program Studi Psikologi, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Widyastuti Program Studi Psikologi, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/islamicpsychology.v1i2.71

Keywords:

Kecerdasan Emosional, Kemampuan Bersosialisasi, SMPN 36 Surabaya

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan peneliti kepada guru SMPN 36 SURABAYA terdapat hasil bahwa masih kurangnya kemampuan bersosialisasi siswa terhadap teman dan guru nya. Terdapat juga sikap siswa yang suka menyendiri, pendiam, dan serta kurang aktif di dalam kelas. Situasi ini muncul karena siswa mengalami kesulitan dalam kemampuan bersosialisasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional dengan dua variabel, yaitu kecerdasan emosional sebagai variabel bebas dan kemampuan bersosialisasi sebagai variabel terikat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan bersosialisasi pada siswa SMPN 36 Surabaya. Siswa SMP yang memiliki kemampuan bersosialisasi yang tinggi dapat meningkatkan kecerdasan emosi dalam proses belajar. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan alat instrumen angket/kuesioner. Pengisian angket pada kedua variabel diisi oleh siswa SMPN 36 Surabaya sebgai sampel penelitian yang berjumlah 243 dengan skala yang diadaptasi oleh lathhinabilla yakni skala kemampuan bersosialisasi dengan alpha Cronbach 0,757 dan skala kecerdasan emosional dengan alpha Cronbach 0,848. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai koefisien korelasi rxy = 0.375 dengan nilai signifikansi 0,001 (P < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara kecerdsan emosional dengan kemampuan bersosialisasi pada siswa SMPN 36 Surabaya. Sehingga semakin tinggi kecerdasan emosional siswa maka semakin tinggi juga kemampuan bersosialisasi siswa.

References

Fauziah, I. (2022). Hubungan kematangan emosi dengan kemampuan bersosialisasi siswa kelas VIII SMPN 1 Kedung Jepara. Universitas Islam Sultan Agung Semarang, Semarang.

Habibul Aziz, A. (2015). Peranan kemampuan bersosialisasi dan beradaptasi terhadap motivasi belajar siswa kelas XI jurusan teknik gambar bangunan SMKN 3 Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Halid, N. A. (2019). Hubungan antara kecerdasan emosional dan kemampuan siswa bersosialisasi di lingkungan sekolah pada SMP Negeri I Tanete Riaja. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(1), 1–47.

Herlinda, W. I. S. (2018). Hubungan kecerdasan emosional dengan kemampuan bersosialisasi siswa di lingkungan sekolah kelas VII SMP Negeri 03 Mukomuko. Jurnal Ilmiah BK, 1(3), 1–58.

Lathiifatunnabiila. (2021). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan bersosialisasi pada siswa MTs Al Uswah Bergas Kabupaten Semarang tahun 2021. Institut Agama Islam Negeri Salatiga, Semarang.

Minar, H. (2017). Hubungan penggunaan gadget dengan kemampuan bersosialisasi pada remaja di SMP Negeri 6 Manado. Manado.

Rojuaniah. (2020). Pembinaan sumber daya manusia melalui kecerdasan emosi (Emotional Intelligent). Universitas Esa Unggul, Jakarta. Retrieved from http://esaunggul.ac.id

Saputri, E. T. K. G. S. L. (2012). Hubungan kemampuan sosialisasi dengan keterbukaan diri siswa kelas VIII. Jurnal Pendidikan, 7, 58–68.

Sri Nini, W. (2016). Hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan kemampuan bersosialisasi pada siswa SMK Negeri 3 Medan. Jurnal Psikologi, 2(2), 1–11.

Supriadi, A. Y. Y. R. D. (2017). Hubungan kecerdasan emosional dengan perkembangan sosial pada remaja di SMP Wahid Hasyim, Malang. Nurs News, 2(3), 1–342.

Ulya, S. F., Sukestiyarno, Y., Hendikawati, P., & Juli, D. (2018). Analisis prediksi quick count dengan metode stratified random sampling dan estimasi confidence interval menggunakan metode maksimum likelihood. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujm

Wibisono, Y. (2022). Pengaruh pelajaran aqidah akhlak terhadap kemampuan berinteraksi sosial siswa MA Muhammadiyah 05 Paciran. Jurnal Pendidikan, 5(1), 52–65.

Downloads

Published

2024-08-02

How to Cite

Setiawan, R. R., & Widyastuti, W. (2024). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Kemampuan Bersosialisasi pada Siswa SMPN. Journal of Islamic Psychology, 1(2), 13. https://doi.org/10.47134/islamicpsychology.v1i2.71

Issue

Section

Articles