Regulasi Emosi dan Kemampuan Adaptasi Karier pada Mahasiswa Tingkat Akhir MUHAMMADIYAH
DOI:
https://doi.org/10.47134/islamicpsychology.v1i2.79Keywords:
Regulasi emosi, Kemampuan beradaptasi dalam karir, Mahasiswa tingkat akhir, Penelitian kuantitatif, UniversitasAbstract
Penelitian kuantitatif ini menyelidiki hubungan antara regulasi emosi dan kemampuan beradaptasi karir pada mahasiswa tingkat akhir, untuk mengatasi kesenjangan dalam memahami dampak stabilitas emosi terhadap kesiapan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja. Dengan sampel 297 mahasiswa tingkat akhir dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, yang dianalisis menggunakan korelasi Spearman, penelitian ini menemukan hubungan positif yang signifikan (r = 0,292, p <0,005) antara regulasi emosi dan kemampuan beradaptasi dalam karir. Temuan ini menunjukkan bahwa tingkat regulasi emosi yang lebih tinggi berhubungan dengan kemampuan adaptasi karir yang lebih tinggi di kalangan mahasiswa tingkat akhir. Hal ini menyiratkan pentingnya manajemen emosi dalam meningkatkan kesiapan mahasiswa untuk karir masa depan mereka.
References
Abqir, R., Mulyana, & Yunizar. Kecerdasan emosional, adaptabilitas karier, dan kepuasan karier pada front line employees. 11(1), 51–64.
Denanti, M. U., Wijaya, J., & Purwantini, L. (2021). Adaptabilitas karir pada mahasiswa akhir Universitas Islam 45 Bekasi. In Konferensi Nasional (pp. 161–171). Available at: https://publikasi.unismabekasi.ac.id/index.php/konferensinasional/article/view/31
Firdaus, N. A. (2022). Hubungan antara nilai individu dengan adaptabilitas karir pada mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung. Universitas Islam Sultan Agung.
Juniarti, F., Tiatri, S., & Monika, S. (2019). Peran persepsi terhadap keterlibatan orang tua dan regulasi emosi pada orientasi masa depan mahasiswa Universitas X. Psibernetika, 12(1), 29–38. https://doi.org/10.30813/psibernetika.v12i1.1585
Lailatus, N. U. R., Adah, S. A., Ariana, A. D., Fakultas Psikologi, & Universitas Airlangga. (2001). Hubungan antara parent attachment dengan regulasi emosi pada remaja. 1(1), 837–843.
Love, J., et al. (2019). JASP: Graphical statistical software for common statistical designs. Journal of Statistical Software, 88(1). https://doi.org/10.18637/jss.v088.i02
Mawardah, M., & Adiyanti, M. (2014). Regulasi emosi dan kelompok teman sebaya pelaku cyberbullying. Jurnal Psikologi, 41(1), 60–73. https://doi.org/10.22146/jpsi.6958
Murphy, K., Blustein, D., Bohlig, A., & Platt, M. (2010). The college-to-career transition: An exploration of emerging adulthood. Journal of Counseling and Development, 88(2), 174–181. https://doi.org/10.1002/j.1556-6678.2010.tb00006.x
Nabilla Desmasari Kustanto, R. N. K. (2022). Hubungan antara peer attachment dengan regulasi emosi pada mahasiswa tingkat akhir. 9(5), 134–142.
Nirwani, I. (2022). Big five personality sebagai prediktor terhadap adaptabilitas karir pada mahasiswa tingkat akhir di Kota Makassar.
Nirwani, I., Zubair, A. G. H., & Nurhikmah. (2022). Big five personality sebagai prediktor terhadap adaptabilitas karir pada mahasiswa tingkat akhir di Kota Makassar. Jurnal Psikologi Karakter, 2(2), 168–174. https://doi.org/10.56326/jpk.v2i2.1953
Nisak, D. K. (2018). Regulasi emosi pada mahasiswa yang sedang menempuh skripsi.
Paula, K. M., & Miftakhul, J. (2021). Pengaruh regulasi emosi terhadap prakrastinasi akademik pada mahasiswa di masa pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(9), 14–23.
Rahmaningtiyas, T., Sulistiani, W., & Mahastuti, D. (2021). Self-efficacy karir dan dukungan keluarga dengan adaptabilitas karir siswa SMA. Jurnal Psikologi Poseidon, 4, 77–90. https://doi.org/10.30649/jpp.v4i1.58
Ramadani, D., Fachrurrazi, M., & Hidayat, D. R. (2020). Adaptabilitas karir dalam perspektif teori perkembangan karir Mark L. Savickas. Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Undiksha, 11(1), 24–31. https://doi.org/10.23887/jjbk.v11i1.27362
Sa'diyah, E. K. (2019). Career adaptability pada mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Universitas Negeri Semarang. Available at: http://lib.unnes.ac.id/33613/1/1511412034_Optimized.pdf
Tamari, K. A., & Akmal, S. Z. (2018). Peran dukungan dan hambatan kontekstual terhadap adaptabilitas karier pada mahasiswa tingkat akhir. Psikologika Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 23(2), 79–90. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol23.iss2.art1
Ulfah, F., & Akmal, S. Z. (2019). Peran kepribadian proaktif terhadap adaptabilitas karier pada mahasiswa tingkat akhir. Jurnal Psikologi Ilmiah, 11(1), 45–54. Available at: http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/INTUISI
Widuri, E. L. (2012). Regulasi emosi dan resiliensi pada mahasiswa tahun pertama. Humanitas Indonesiana Psychologica Jurnal, 9(2), 147–156. https://doi.org/10.26555/humanitas.v9i2.341
Yusuf, P. M., & Kristiana, I. F. (2017). Hubungan antara regulasi emosi dengan perilaku prososial pada siswa menengah atas. Counseling Journal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, 7(3), 98–104.