Efikasi Diri dan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 2 Taman

Authors

  • Salsabila Rana Putri Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Ghozali Rusyid Affandi Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/islamicpsychology.v1i2.87

Keywords:

efikasi diri, motivasi belajar, siswa kelas delapan, penelitian kuantitatif, perilaku pendidikan

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi peran penting dari efikasi diri dalam membentuk perilaku siswa, terutama berfokus pada korelasinya dengan motivasi belajar di antara siswa kelas delapan. Dengan menggunakan pendekatan korelasional kuantitatif, penelitian ini melibatkan seluruh populasi yang terdiri dari 177 siswa, menggunakan strategi sampel jenuh dengan pengambilan sampel secara kebetulan. Instrumen untuk mengukur efikasi diri dan motivasi belajar diadaptasi dari penelitian sebelumnya dan telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan teknik korelasi product moment Pearson menunjukkan adanya korelasi positif yang signifikan antara efikasi diri dan motivasi belajar (r = 0.421, sig <0.001). Temuan ini menunjukkan bahwa tingkat efikasi diri yang lebih tinggi berhubungan dengan peningkatan motivasi belajar. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya meningkatkan efikasi diri untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, memberikan wawasan yang berharga untuk strategi pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Afriani, M., Suhendri, & Venty. (2022). Hubungan efikasi diri dengan motivasi belajar siswa SMP Negeri 2 Kalimanah. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 1349–1358.

Bahtiar, Marzuki, & Sabri, T. (2019). Hubungan motivasi belajar, efikasi diri dengan perolehan belajar IPS peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Darussalam. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(3), 1–9.

Borah, M. (2021). Motivation in learning. Journal of Critical Reviews, 8(2), 550–552.

Cherniss, C., & Goleman, D. (2001). The emotionally intelligent workplace: How to select for, measure, and improve emotional intelligence in individuals, groups, and organizations. Retrieved from http://61.2.46.60:8088/jspui/bitstream/123456789/249/1/ACFrOgDpDzW5Do-kfYUcgr-vUmfjxAc1GxtdE7gazXy0EupY0zXAFNukfVYrSU8yxAf7ALwSZprWX3A4JJysRf5IB8b2d7qysq3e-A2gr_exbSGxhCAHJja37khP4QI%3D.pdf.

Emeralda, G. N., & Kristiana, I. F. (2018). Hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajar pada siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Empati, 6(3), 154–159.

Ersanlı, C. Y. (2015). The relationship between students’ academic self-efficacy and language learning motivation: A study of 8th graders. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 199, 472–478. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.534.

Firmansyah, F., Komala, R., & Rusdi, R. (2018). Self-efficacy and motivation: Improving biology learning outcomes of senior high school students. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 4(3), 203–208. https://doi.org/10.22219/jpbi.v4i3.6878.

Froiland, J. M., & Worrell, F. C. (2016). Intrinsic motivation, learning goals, engagement, and achievement in a diverse high school. Psychology in the Schools, 53(3), 321–336. https://doi.org/10.1002/pits.21901.

Mahmuda, S., Lubis, S. A., & Siregar, N. S. S. (2022). Hubungan dukungan orang tua dan efikasi diri dengan motivasi belajar siswa kelas VIII sekolah menengah pertama. Journal of Education, Humanities and Social Sciences, 4(3), 1860–1867. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i3.963.

Mahmudah, S. (2022). Hubungan dukungan orangtua dan efikasi diri dengan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Shafiyyatul Amaliyyah Medan. Universitas Medan Area. Retrieved from http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/17229.

Margolis, H., & McCabe, P. P. (2003). Self-efficacy: A key to improving the motivation of struggling learners. Preventing School Failure: Alternative Education for Children and Youth, 47(4), 162–169. https://doi.org/10.1080/10459880309603362.

Marzuki, M., & Sabri, T. (2019). Hubungan motivasi belajar, efikasi diri dengan perolehan belajar IPS peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Darussalam. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(3).

Monika, M., & Adman, A. (2017). Peran efikasi diri dan motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 109. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8111.

Nachrawie, M. (2017). Sumber belajar lingkungan dalam pembelajaran IPS di SMPN 1 Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu. Jurnal Socius, 6(2), 182–208. https://doi.org/10.20527/jurnalsocius.v6i02.3469.

Nurhajijah. (2017). Hubungan efikasi diri dengan motivasi belajar peserta didik SMP Negeri 1 Panti Kab Pasaman. Universitas PGRI Sumatera Barat. Retrieved from http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1367.

Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using learning media to increase learning motivation in elementary school. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(2), 53–60.

Putra, R. K., & Affandi, G. R. (2023). Hubungan efikasi diri dengan pengambilan keputusan karir pada siswa kelas XII SMK YPM 8 Sidoarjo. Web of Scientist International Scientific Research Journal, 2(3). https://doi.org/10.47134/webofscientist.v2i3.5.

Saeid, N., & Eslaminejad, T. (2016). Relationship between student’s self-directed-learning readiness and academic self-efficacy and achievement motivation in students. International Education Studies, 10(1), 225. https://doi.org/10.5539/ies.v10n1p225.

Saygili, G. (2018). Factors affecting students’ learning motivation. European Researcher, 9(2), 163–170. https://doi.org/10.13187/er.2018.2.163.

Schunk, D. H. (1991). Self-efficacy and academic motivation. Educational Psychologist, 26(3–4), 207–231. https://doi.org/10.1080/00461520.1991.9653133.

Sinulingga, J. N. (2016). Kepribadian dan efikasi diri dengan motivasi belajar siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 48. https://doi.org/10.21009/jpd.071.05.

Su, C. H., & Cheng, C. H. (2015). A mobile gamification learning system for improving the learning motivation and achievements. Journal of Computer Assisted Learning, 31(3), 268–286. https://doi.org/10.1111/jcal.12088.

Suryani, L., Seto, S. B., & Bantas, M. G. D. (2020). Hubungan efikasi diri dan motivasi belajar terhadap hasil belajar berbasis e-learning pada mahasiswa program studi pendidikan matematika Universitas Flores. Jurnal Kependidikan, 6(2), 275. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2609.

Torres, J. M. (2019). English learning motivation and self-efficacy of Filipino senior high school students. Asian EFL Journal, October.

Widya, K. S., & Muwakhidah. (2021). Hubungan antara efikasi diri dengan motivasi belajar pada siswa SMP Negeri 1 Waru di masa pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Lokakarya Nasional Bimbingan dan Konseling 2021, 2(2), 68–76. Retrieved from https://ojs.abkinjatim.org/index.php/ojspdabkin/article/view/122%0Ahttps://ojs.abkinjatim.org/index.php/ojspdabkin/article/download/122/108.

Downloads

Published

2024-08-08

How to Cite

Putri, S. R., & Affandi, G. R. (2024). Efikasi Diri dan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 2 Taman. Journal of Islamic Psychology, 1(2), 10. https://doi.org/10.47134/islamicpsychology.v1i2.87

Issue

Section

Articles