Mengatasi Hambatan Komunikasi Antar Budaya
DOI:
https://doi.org/10.47134/diksima.v1i4.100Keywords:
Barriers, Communication, CultureAbstract
Komunikasi antar budaya merupakan interaksi antara individu dari latar belakang budaya yang berbeda, yang menuntut pemahaman mendalam terhadap konteks budaya untuk mencapai komunikasi yang efektif. Hal ini meliputi dimensi kognitif, perilaku, dan afektif yang penting dalam membangun interaksi yang tepat dan mengurangi kesalahpahaman. Proses ini bersifat interdisipliner, menggabungkan linguistik, psikologi, dan sosiologi, serta menekankan bahwa budaya bersifat dinamis. Metode yang digunakan adalah studi pustaka (library research) yaitu metode dengan pengumpulan data dengan cara memahami dan mempelajari teori-teori dari berbagai literatur yang berhubungan dengan penelitian tersebut. teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah internet searching. Hasil penelitian menemukan bahwa pelatihan komunikasi antar budaya sangat penting bagi individu, untuk memahami perspektif yang beragam dan membangun rasa saling menghormati di dunia global. Hambatan dalam komunikasi sering muncul akibat perbedaan bahasa dan norma sosial, sehingga pemahaman terhadap norma-norma ini menjadi krusial. Kepercayaan juga berperan penting dalam membangun hubungan harmonis antar budaya, di mana kesadaran akan perbedaan dapat mendorong kolaborasi yang lebih baik. Strategi manajemen yang efektif diperlukan untuk menjembatani kesenjangan budaya dalam organisasi, termasuk membangun jalur komunikasi yang jelas dan meningkatkan kesadaran lintas budaya.
References
ASTASHENKOVA, D. K. (2022). CONFLICTS IN THE INTERNATIONAL SPACE: RELEVANT PROBLEMS OF INTERCULTURAL COMMUNICATION AND BUSINESS PROTOCOL. Мова, 36, 34–38. https://doi.org/10.18524/2307-4558.2021.36.249725 DOI: https://doi.org/10.18524/2307-4558.2021.36.249725
Dervin, F., & Jacobsson, A. (2022). Intercultural Communication Education. Springer Nature Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-19-1589-5 DOI: https://doi.org/10.1007/978-981-19-1589-5
Edy Sumaryanto, & Malik Ibrahim. (2023). KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA DALAM BINGKAI TEORI-TEORI ADAPTASI. Nusantara Hasana Journal, 3(2), 42–51. https://doi.org/10.59003/nhj.v3i2.895 DOI: https://doi.org/10.59003/nhj.v3i2.895
Elisabeth Ayuna, N. (2023). Peran Komunikasi Dalam Proses Akulturasi Sistem Sosial Lokal. Technomedia Journal, 8(1 Juni), 35–51. https://doi.org/10.33050/tmj.v8i1.2015 DOI: https://doi.org/10.33050/tmj.v8i1.2015
Guo, X., & Stapa, M. B. (2023). Misunderstanding in intercultural electronic written communication in Chinese business field. Multimodal Communication, 12(2), 153–166. https://doi.org/10.1515/mc-2022-0026 DOI: https://doi.org/10.1515/mc-2022-0026
Hinnenkamp, V. (2023). The Notion of Misunderstanding in Intercultural Communication. Journal of Intercultural Communication, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.36923/jicc.v1i1.350 DOI: https://doi.org/10.36923/jicc.v1i1.350
Hinner, M. B. (2019). Meaning, Perception, and Culture in International Business Discourse: A Theoretical Perspective of Potential Conflicts (pp. 19–34). https://doi.org/10.1007/978-3-030-04981-2_2 DOI: https://doi.org/10.1007/978-3-030-04981-2_2
Huang, L. (2023). Leadership Enhancement in Cross-Cultural Management - From the Cultural Dimension. Communications in Humanities Research, 23(1), 70–74. https://doi.org/10.54254/2753-7064/23/20230717 DOI: https://doi.org/10.54254/2753-7064/23/20230717
Kleiman, R. A. M. E., Dolan, D. C., & Nevers, J. J. (2023). Bridging the Gap: Delivering Culturally Sensitive Care for Military-connected Patients in Community Settings. North Carolina Medical Journal, 84(6). https://doi.org/10.18043/001c.89215 DOI: https://doi.org/10.18043/001c.89215
Kryvobok, K., Kotelnikova, I., & Kinas, I. (2023). Intercultural features in the management communication process. Actual Problems of Innovative Economy and Law, 2023(1–2), 18–24.https://doi.org/10.36887/2524-0455-2023-1-3 DOI: https://doi.org/10.36887/2524-0455-2023-1-3
Mahmudah, M., & Mansyur, M. A. (2021). Komunikasi Antar Budaya Masyarakat Jawa Dan Madura. JKaKa:Jurnal Komunikasi Dan Konseling Islam, 1(1), 1. https://doi.org/10.30739/jkaka.v1i1.805 DOI: https://doi.org/10.30739/jkaka.v1i1.805
Podra, O., & Lysa, D. (2023). Peculiarities of cross-cultural conflicts solving in the process of foreign economic activity implementation. Management and Entrepreneurship in Ukraine: The Stages of Formation and Problems of Development, 2023(2), 94–103. https://doi.org/10.23939/smeu2023.02.094 DOI: https://doi.org/10.23939/smeu2023.02.094
Thapliyal, K., & Joshi, M. (2022). Cross-Cultural Management: Opportunities and Challenges. In Integrating New Technologies In International Business (pp. 31–53). Apple Academic Press. https://doi.org/10.1201/9781003130352-3 DOI: https://doi.org/10.1201/9781003130352-3
Widiyanarti, T., Sarwoprasodjo, S., Sihabudin, A., & Kinseng, R. A. (2021). Intercultural Communication in Manuscript Digitization (Study in the Village of Legok Indramayu). Nyimak: Journal of Communication, 5(1), 59. https://doi.org/10.31000/nyimak.v5i1.3122 DOI: https://doi.org/10.31000/nyimak.v5i1.3122
Widiyanarti, T., Sarwoprasodjo, S., Sihabudin, A., & Kinseng, R. A. The Role of Cultural Brokers in Digitizing Manuscripts (Speaking Analysis in Intercultural Communication).
Wulandari, D. R. (2020). PROSES DAN PERAN KOMUNIKASI DALAM MENGATASI CULTURE SHOCK (STUDI KASUS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS TADULAKO). Jurnal Audience, 3(2), 187–206. https://doi.org/10.33633/ja.v3i2.4149 DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v3i2.4149
Yusuf, S. (2020). Hambatan Komunikasi Antarbudaya (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada Angkatan 2019). Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 4(1), 39. https://doi.org/10.30829/komunikologi.v4i1.6745 DOI: https://doi.org/10.30829/komunikologi.v4i1.6745
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Khinantie Winarto Putri, Tantry Widiyanarti, Khinandha Aulia Winarto Putri, Siti Sarah Naila, Akhmad Syirojul Mukhlisin, Eko Purwanto, Ade Rahmah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.