Kebudayaan Gen Z: Kekuatan Kreativitas di Era Digital

Authors

  • Alyza Putri Maharani Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Tantry Widiyanarti Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Afifah Meilina Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Dita Ayu Lestari Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Zahra Aidilia Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.47134/diksima.v2i1.120

Keywords:

Gen Z, Kreativitas, Era Digital

Abstract

Generasi Z (Gen Z) adalah generasi yang tumbuh dengan teknologi yang membuat mereka mahir dalam menggunakan alat dan platform digital. Penelitian ini menganalisis bagaimana kreativitas Generasi Z dibentuk oleh era digital. Dengan memanfaatkan teknologi sebagai alat utama, Generasi Z mampu menghasilkan karya-karya inovatif dan orisinal yang menjangkau khalayak global. Penelitian ini menyelidiki hubungan antara teknologi, identitas budaya, dan praktik kreatif pada Generasi Z. Penelitian ini menarik karena budaya Gen Z merupakan cara bagi Gen Z untuk mengekspresikan diri dan berinovasi dalam ekosistem digital yang terus berkembang. Studi penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk memahami fenomena kompleks dan juga metode penelitian studi pustaka untuk pengumpulan data. Dengan metode analisis tersebut, ditemukan bahwa Gen Z memiliki pengaruh yang besar dalam berbagai aspek kehidupan, seperti bisnis, pendidikan, sosial, politik, dan budaya populer. Namun, meskipun memiliki banyak potensi, Gen Z juga memiliki tantangan yang perlu diperhatikan dan diatasi, agar Gen Z dapat terus berkreasi di era digital yang terus berkembang.

References

Achiței, C. C., & Nistor, P. P. (2023). The Cultural Structure of Society and the Role of Communication in Forming Cultural Identity – Relevant Aspects for Social Work. Logos Universality Mentality Education Novelty: Philosophy & Humanistic Sciences, 10(3), 46–57. https://doi.org/10.18662/lumenphs/10.3/80 DOI: https://doi.org/10.18662/lumenphs/10.3/80

Amelia, D. P., Dewi, D. A., & Hidayat, R. S. (2024). Integrasi Literasi Budaya dan Kewargaan Melalui Media Sosial pada Generasi Z di Era Digitalisasi. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 944–956. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i1.710 DOI: https://doi.org/10.54373/imeij.v5i1.710

Basseto, C. de O., & Mendes, C. (2024). A GERAÇÃO Z: DA UNIVERSIDADE AO MERCADO DE TRABALHO, OS DESAFIOS E CONTRADIÇÕES. RCMOS - Revista Científica Multidisciplinar O Saber, 1(1). https://doi.org/10.51473/rcmos.v1i1.2024.570 DOI: https://doi.org/10.51473/rcmos.v1i1.2024.570

Battocchio, A. F., Wells, C., Vraga, E., Thorson, K., Edgerly, S., & Bode, L. (2023). Gen Z’s civic engagement: news use, politics, and cultural engagement. In Handbook of Digital Politics (pp. 168–195). Edward Elgar Publishing. https://doi.org/10.4337/9781800377585.00020 DOI: https://doi.org/10.4337/9781800377585.00020

Deandra Rafiq Daffa, Dave Arthuro, Jovanes Agus Fernanda, & Muh. Bintang Widya Pratama. (2024). Gen-Z: Eksplorasi Identitas Budaya dan Tantangan Sosial Dalam Era Digital. Jurnal Insan Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(2), 169–183. https://doi.org/10.59581/jipsoshum-widyakarya.v2i2.3112 DOI: https://doi.org/10.59581/jipsoshum-widyakarya.v2i2.3112

Francisca, M., Ambarwati, L., & Starki, D. (2018). Memahami Arti Kreativitas. TarFomedia, 1(1), 22–28.

Hidayat, D., Tjandra, E. U., & Herawati, N. (2023). Gen Z Digital Leadership through Social Media. WIDYAKALA JOURNAL : JOURNAL OF PEMBANGUNAN JAYA UNIVERSITY, 10(2), 62. https://doi.org/10.36262/widyakala.v10i2.779 DOI: https://doi.org/10.36262/widyakala.v10i2.779

Hoda, J. A. (2023). Creativity. In The Art of Investigation Revisited (pp. 71–82). CRC Press. https://doi.org/10.4324/9781003252283-8 DOI: https://doi.org/10.4324/9781003252283-8

Ismail, D. H., & Nugroho, J. (2022). Kompetensi Kerja Gen Z di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 (2022). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1300–1307. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i4.566 DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v5i4.566

Md Alui, S. E. A., Khan, M. P., Shafei @ Safri, N. A., & Mohd Nordin, N. (2022). Audio Visual Digital Preservation Strategies: A case study in National Broadcasting Agency. Environment-Behaviour Proceedings Journal, 7(SI10), 47–51. https://doi.org/10.21834/ebpj.v7iSI10.4100 DOI: https://doi.org/10.21834/ebpj.v7iSI10.4100

Putra, T. R., Wahyuni, R. T., Meilani, N., Anjani, M., & Sari, D. K. (2024). Paritisipasi Politik Gen Z: Eksplorasi Peran Media Sosial dalam Pembentukan Kesadaran Politik Remaja. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Politik, 2(1), 61–68. https://doi.org/10.61476/bpkxy103 DOI: https://doi.org/10.61476/bpkxy103

Qurniawati, R. S., & Nurohman, Y. A. (2017). eWOM PADA GENERASI Z DI SOSIAL MEDIA.

Rasulong, I., Salam, R., Yusuf, M., & Abdullah, I. (2024). Implikasi Kepribadian Gen Z Bagi Daya Saing Organisasi: Suatu Kajian Sytematic Literature Review. Liquidity Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 13–20.

Setyawan, R. D., Hijran, M., & Rozi, R. (2023). Implementasi Digital citizenship untuk Kalangan Gen Z Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(2), 270–279. https://doi.org/10.24269/dpp.v11i2.6867 DOI: https://doi.org/10.24269/dpp.v11i2.6867

Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial dan Generasi Z di Era Digital. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(1), 69–87. https://doi.org/10.22219/satwika.v5i1.15550 DOI: https://doi.org/10.22219/satwika.v5i1.15550

Downloads

Published

2024-11-20

How to Cite

Maharani, A. P., Widiyanarti, T., Meilina, A., Lestari, D. A., & Aidilia, Z. (2024). Kebudayaan Gen Z: Kekuatan Kreativitas di Era Digital. Indonesian Culture and Religion Issues, 2(1), 10. https://doi.org/10.47134/diksima.v2i1.120

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)