Analisis Pesan Dakwah pada Program Acara Hidayah Sang Mualaf di Youtube Rukun Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.47134/diksima.v1i4.103Keywords:
Pesan Dakwah, Youtube Rukun Indonesia, HidayahAbstract
Penelitian ini berjudul ”Analisis Pesan Dakwah Pada Program Acara Hidayah Sang Mualaf Di Youube Rukun Indonesia” Skripsi ini dilatarbelakangi oleh dakwah yang merupakan salah satu upaya dalam mensyiarkan Islam. Dengan rumusan masalah: Apa saja isi pesan dakwah yang terdapat dalam program acara hidayah sang mualaf di youtube rukun indonesia” dan Bagaimana cara penyampaian pesan dakwah dalam program acara hidayah sang mualaf di youtube rukun indonesia”? dengan tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui apa saja isi pesan dakwah yang terdapat dalam program acara hidayah sang mualaf di youtube rukun indonesia dan untuk mengetahui bagaimana cara penyampaian pesan dakwah dalam program acara hidayah sang mualaf di youtube rukun indonesia, hingga bisa tersampaikan ke penonton, sedangkan metode penelitian skripsi ini adalah yaitu jenis penelitian kualitatif, Dakwah merupakan kewajiban bagi setiap muslim, di era modern seperti saat ini da‟i harus kreatif dalam memilih media serta mampu memanfaatkan teknologi agar pesan yang ingin disampaikan kepada mad’u dapat diterima dengan baik. Dalam penelitian ini media tersebut ialah youtube “Rukun Indonesia” yang terdapat pesan-pesan dakwah tentang akidah, akhlak dan syariah. jenis penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deksriptif dengan menggunakan teknik analisis isi (Analysisi content), Hasil penelitian ini menjawab permasalahan di atas, didapati beberapa pesan dakwah yaitu akidah keyakinan terhadap allah, syariah tentang riba, dan akhlak berupa ta’aruf, toleransi, dan birrul walidain.
References
Al-Bahy. (1997). Muhammad Islam Agama Dakwah Bukan Revolusi, Jakarta.
Al-Bilal, A.H. (1989). Fiqh Ad-Dakwah Fi Inkar Al-Mungkar, Kuwait.
Al- Jaziri, A. Kitab al- Fiqh ‘alaMadzahib al-Arba’ah, Beirut, Dar al-Fikr,t.t.
Az-Zuhaili , W. (2009). al-Tafsir Al Munawir: Aqidah, Syariah dan manhaj, jilid 15, jus 29-30, Damaskus: Dar al-Fikri.
An-Nabiry, F, B. (2008). Meniti Jalan Dakwah, Jakarta.
Amin, S, M. (2009). Ilmu Dakwah, Jakarta: AMZAH.
Amrullah, A. (1983). Dakwah Islam Dan Perubahan Sosial, Yogyakarta.
Anam, M, K. (2016). Skripsi Pesan Dakwah Dalam Tayangan Azan Maghrib di Stasiun Televisi Antv,Rcti dan Transtv, Semarang.
Arafat, G, Y. (2018). Membongkar Isi Pesan dan Media dengan Content Analysis, Jurnal Alhadharah, Banjarmasin. DOI: https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2370
Aziz, A. (2009). Ilmu Dakwah, Jakarta: Kencana.
Azwar, S. (2005). Metodologi Penelitian, Yogyakarta, 2005
Buna’i, Penelitian Kualitatif. (2008). Malang.
Bungin, B. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif Edisi Kedua, Jakarta: Kencana, Prenamedia Group.
Burhanuddin, A,A. (2020). Analisis Isi Pesan Dakwah Pada Media Sosial Instagram Dalam Akun Kartun Muslimah, Parepare.
Denim, S. (2005). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung.
Depertemen Agama RI, Al-Qur’an Dan Terjemah. (1996). Surabaya.
Hasmy, A, Dustur Dakwah Menurut Al- Quran, Jakarta, 1997
Hariyanto, M, J. (2006).Pesan Pesan Dakwah Dalam Film Soekarno Tentang Ulil Amri, Semarang.
Holsti, R, Contents Analysis for the Social Sciences and Humanities", melalui Wisnu Marta Adipura, "Analisis Isi", dalam buku Metodologi Riset Komunikasi: Panduan untuk Melakukan Penelitian Komunikasi, Suntingan Pitra Narendra,Yogyakarta, 2008
Ilahi, W. (2010). Komunikas Dakwah, Bandung.
Indrawan, J. (2020). Upaya Meningkatkan Minat.
Jamil, F, M, H. (2007), Andai Kau Tahu Wahai Anakku, Solo: At-Tibyan.
Lubis, A, H. (2017). analisis isi pesan akidah dalam program berita islami masa kini di transtv tahun 2016, Medan.
Najieh, A. (1984). 323 Hadist Dan Syair Untuk Bekal Dakwah, Jakarta, 1984
Nasrullah, R. (2017). Media Sosial, Bandung.
Margono. (2004). Metodelogi Penelitian, Yogyakarta.
Muhadjir, N. (2000). Metologi Penelitian Kualitatif Edisi IV. Yogyakarta.
Prastyo, A. (2018). Artikel Perbedaan Dan Pengertian Antara Streaming Dan Buffering.
Podarwadarminta, W.J.S, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta, balai pustaka, 1996
Qotrun, A. (2021). Metodologi Penelitian: Pengertian Jenis, Manfaat, Dan Tujuan http://www.gramedia.com/literasi/metodologi-penelitian/,
Raharjo, T, W. (2020). Respon Terhadap Mereka Karena Pengaruh Gangguan Iklan Di Youtube, Surabaya.
Ruslan, R. (2003). Metode Penelitian Public Relations Dan Komunikasi, Jakarta.
Saputra, Wahidin, Pengantar Ilmu Dakwah, Jakarta, 2008
Saputra, S. (2012). Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan), Bandung.
Sihab, Q. (1996). Membumikan Al-Quran: Fungsi Dan Peran Wahyu Dalam Kehidupan Masyarakat, Bandung.
Soejono, A. (1999). Metode Penelitian, Jakarta.
Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.
Syahimi, S, A. (1994). Mukhtaral Hadist Nabawiyah, Surabaya.
Syukir, A. (1986). Dasar Dasar Strategi Islam, Surabaya.
Muri, Y, A. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan,Jakarta, 2017.
Taimiyah, I. (1997). Etika Beramar Ma’aruf Nahi Mungkar, Jakarta.
Wahyuni, S. (2012). Qualitative Research Method, Jakarta.
Wisnu, M, A. (2008). “Analisis Isi”, dalam buku Metodologi Riset Komunikasi: Panduan untuk Melakukan Penelitian Komunikasi, Yogyakarta.
Yakub, H. (1981). Publisistik Islam Teknik Dan Leadership, Bandung.
Zuchri, A. (2021). Metode Penelitian Kulitatif.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Alecia Prasasti, Achmad Syarifudin, Selvia Assoburu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.