Kebudayaan Gen Z: Kekuatan Kreativitas di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.47134/diksima.v2i1.120Keywords:
Gen Z, Kreativitas, Era DigitalAbstract
Generasi Z (Gen Z) adalah generasi yang tumbuh dengan teknologi yang membuat mereka mahir dalam menggunakan alat dan platform digital. Penelitian ini menganalisis bagaimana kreativitas Generasi Z dibentuk oleh era digital. Dengan memanfaatkan teknologi sebagai alat utama, Generasi Z mampu menghasilkan karya-karya inovatif dan orisinal yang menjangkau khalayak global. Penelitian ini menyelidiki hubungan antara teknologi, identitas budaya, dan praktik kreatif pada Generasi Z. Penelitian ini menarik karena budaya Gen Z merupakan cara bagi Gen Z untuk mengekspresikan diri dan berinovasi dalam ekosistem digital yang terus berkembang. Studi penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk memahami fenomena kompleks dan juga metode penelitian studi pustaka untuk pengumpulan data. Dengan metode analisis tersebut, ditemukan bahwa Gen Z memiliki pengaruh yang besar dalam berbagai aspek kehidupan, seperti bisnis, pendidikan, sosial, politik, dan budaya populer. Namun, meskipun memiliki banyak potensi, Gen Z juga memiliki tantangan yang perlu diperhatikan dan diatasi, agar Gen Z dapat terus berkreasi di era digital yang terus berkembang.
References
Achiței, C. C., & Nistor, P. P. (2023). The Cultural Structure of Society and the Role of Communication in Forming Cultural Identity – Relevant Aspects for Social Work. Logos Universality Mentality Education Novelty: Philosophy & Humanistic Sciences, 10(3), 46–57. https://doi.org/10.18662/lumenphs/10.3/80 DOI: https://doi.org/10.18662/lumenphs/10.3/80
Amelia, D. P., Dewi, D. A., & Hidayat, R. S. (2024). Integrasi Literasi Budaya dan Kewargaan Melalui Media Sosial pada Generasi Z di Era Digitalisasi. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 944–956. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i1.710 DOI: https://doi.org/10.54373/imeij.v5i1.710
Basseto, C. de O., & Mendes, C. (2024). A GERAÇÃO Z: DA UNIVERSIDADE AO MERCADO DE TRABALHO, OS DESAFIOS E CONTRADIÇÕES. RCMOS - Revista Científica Multidisciplinar O Saber, 1(1). https://doi.org/10.51473/rcmos.v1i1.2024.570 DOI: https://doi.org/10.51473/rcmos.v1i1.2024.570
Battocchio, A. F., Wells, C., Vraga, E., Thorson, K., Edgerly, S., & Bode, L. (2023). Gen Z’s civic engagement: news use, politics, and cultural engagement. In Handbook of Digital Politics (pp. 168–195). Edward Elgar Publishing. https://doi.org/10.4337/9781800377585.00020 DOI: https://doi.org/10.4337/9781800377585.00020
Deandra Rafiq Daffa, Dave Arthuro, Jovanes Agus Fernanda, & Muh. Bintang Widya Pratama. (2024). Gen-Z: Eksplorasi Identitas Budaya dan Tantangan Sosial Dalam Era Digital. Jurnal Insan Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(2), 169–183. https://doi.org/10.59581/jipsoshum-widyakarya.v2i2.3112 DOI: https://doi.org/10.59581/jipsoshum-widyakarya.v2i2.3112
Francisca, M., Ambarwati, L., & Starki, D. (2018). Memahami Arti Kreativitas. TarFomedia, 1(1), 22–28.
Hidayat, D., Tjandra, E. U., & Herawati, N. (2023). Gen Z Digital Leadership through Social Media. WIDYAKALA JOURNAL : JOURNAL OF PEMBANGUNAN JAYA UNIVERSITY, 10(2), 62. https://doi.org/10.36262/widyakala.v10i2.779 DOI: https://doi.org/10.36262/widyakala.v10i2.779
Hoda, J. A. (2023). Creativity. In The Art of Investigation Revisited (pp. 71–82). CRC Press. https://doi.org/10.4324/9781003252283-8 DOI: https://doi.org/10.4324/9781003252283-8
Ismail, D. H., & Nugroho, J. (2022). Kompetensi Kerja Gen Z di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 (2022). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1300–1307. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i4.566 DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v5i4.566
Md Alui, S. E. A., Khan, M. P., Shafei @ Safri, N. A., & Mohd Nordin, N. (2022). Audio Visual Digital Preservation Strategies: A case study in National Broadcasting Agency. Environment-Behaviour Proceedings Journal, 7(SI10), 47–51. https://doi.org/10.21834/ebpj.v7iSI10.4100 DOI: https://doi.org/10.21834/ebpj.v7iSI10.4100
Putra, T. R., Wahyuni, R. T., Meilani, N., Anjani, M., & Sari, D. K. (2024). Paritisipasi Politik Gen Z: Eksplorasi Peran Media Sosial dalam Pembentukan Kesadaran Politik Remaja. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Politik, 2(1), 61–68. https://doi.org/10.61476/bpkxy103 DOI: https://doi.org/10.61476/bpkxy103
Qurniawati, R. S., & Nurohman, Y. A. (2017). eWOM PADA GENERASI Z DI SOSIAL MEDIA.
Rasulong, I., Salam, R., Yusuf, M., & Abdullah, I. (2024). Implikasi Kepribadian Gen Z Bagi Daya Saing Organisasi: Suatu Kajian Sytematic Literature Review. Liquidity Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 13–20.
Setyawan, R. D., Hijran, M., & Rozi, R. (2023). Implementasi Digital citizenship untuk Kalangan Gen Z Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(2), 270–279. https://doi.org/10.24269/dpp.v11i2.6867 DOI: https://doi.org/10.24269/dpp.v11i2.6867
Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial dan Generasi Z di Era Digital. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(1), 69–87. https://doi.org/10.22219/satwika.v5i1.15550 DOI: https://doi.org/10.22219/satwika.v5i1.15550
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Alyza Putri Maharani, Tantry Widiyanarti, Afifah Meilina, Dita Ayu Lestari, Zahra Aidilia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.