Strategi Retorika dan Persuasi Keagamaan dalam Khotbah YouTube di Indonesia

Authors

  • Rizky Fabio Setiawan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Totok Wahyu Abadi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Keywords:

Dakwah Youtube, Analisis Retorika, Retorika Aristoteles, Komunikasi Agama Di Indonesia, Pancasila

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi strategi retorika yang digunakan oleh Ustadz Adi Hidayat di saluran YouTube-nya, Adi Hidayat Official, dengan fokus pada bagaimana ia mengintegrasikan ajaran Islam dengan nilai-nilai kebangsaan Indonesia melalui Pancasila. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan analisis semiotika, penelitian ini meneliti dua video: "UAH, The Real Pancasilais" dan "Short... UAH Mengajarkan Pancasila Kepada Pedagang Bendera." Temuan menunjukkan bahwa Ustadz Adi Hidayat secara efektif menerapkan lima kanon retorika Aristoteles, sehingga meningkatkan dampak persuasif dakwahnya. Studi ini menyoroti potensi YouTube sebagai platform untuk dakwah agama yang berdampak dan menyarankan implikasi untuk praktik dakwah digital dalam mempromosikan nilai-nilai budaya dan kebangsaan.

References

Abdillah, A. W. (2021). Analisis gaya retorika pada news anchor dalam program acara indonesia morning show di channel youtube indonesia morning show(ims) net. tv. Skripsi Dakwah IAIN Purwokerto.

Adi Hidayat Team. (2019). Adi Hidayat Official. https://www.youtube.com/@AdiHidayatOfficial/about

ALFIA, N. N. (2023). ANALISIS STRATEGI RETORIKA (DISPOSITIO) PADA STAND UP COMEDY INDRA JEGEL. repo.stkippgri-bkl.ac.id. http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/2943/

Ani, L. P., Rohman, F., & Fajar, M. S. (2022). STRATEGI DAKWAH DALAM MENINGKATKAN RETORIKA DAKWAH SANTRI DI PONDOK PESANTREN BABUL HIKMAH KALIANDA LAMPUNG …. DECODING: Jurnal Mahasiswa KPI.

Arni, N. A. (2021). Strategi Pesan pada Iklan Nodeflux Pengembang Teknologi Artificial Intelligence dalam Membangun Brand image Perusahaan (Studi Retorika Visual pada Iklan …. repository.ub.ac.id. http://repository.ub.ac.id/186796/

Azkiya, D. V. (2022). Pengguna Youtube India Terbesar di Dunia, Indonesia Urutan Berapa? Databox.

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/05/12/pengguna-youtube-india-terbesar-di-dunia-indonesia-urutan-berapa#:~:text=Sementa

Badriyah, F. N. (2015a). Strategi Retorika dalam Penyampaian Materi Pelajaran. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Badriyah, F. N. (2015b). STRATEGI RETORIKA DALAM PENYAMPAIAN MATERI PELAJARAN (Studi Deskriptif pada Pengampu Kelompok Musyawarah III Marhalah II Madrasah Diniyah …. digilib.uin-suka.ac.id. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19620

Dhanik Sulistyarini, S.Sos., Mc., & Dr. Anna Gustina Zainal, M. Si. (2018). Buku Ajar Retorika. In CV. AA. Rizky (Vol. 51, Issue 1).

Effendi, M. (2008). Diksi dan Gaya Bahasa Indonesia. Gramedia Pustaka Utama.

Effendy, O. U. (2013). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Renaha Risda Karya.

Faradina, A. D., Faizah, U., & Santoso, S. D. (2023). Strategi Retorika Wacana Humor Stand Up Comedy Indonesia Season X Kompas TV. SURYA BAHTERA.

hafied. (2020). Pengantar Ilmu Komunikasi. In Pengantar Ilmu Komunikasi (Vol. 1, Issue komunikasi). Raja Grafindo Persada.

Hardyantoro, S. (2013). STRATEGI PENYAMPAIAN PESAN KRITIK SOSIAL PADA RETORIKA DALANG WAYANG KULIT DALAM PERGELARAN WAYANG KULIT (Studi …. academia.edu. https://www.academia.edu/download/31270265/jurnal_Surya_Hardyantoro-0811220142.pdf

Ibrahim, S. (2021). STRATEGI PELATIHAN RETORIKA DAKWAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIDATO SANTRI PONDOK PESANTREN MODERN MAKKAH KARTA …. repository.radenintan.ac.id. http://repository.radenintan.ac.id/15905/

Jalaluddin Rakhmat. (1999). Psikologi Komunikasi.

Khiyaroh, I. (2018). DAKWAH ALA ANWAR ZAHID : MENJINAKKAN ISLAM NORMATIF MENJADI ISLAM LOKAL Pandangan Kritis Terhadap Pola Dakwah yang Disampaikan Anwar Zahid di Beberapa Video Youtube-nya. Alamtara: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 2(2), 81–89.

McCormack, K. C. (2014). Ethos, Pathos, and Logos: The Benefits of Aristotelian Rhetoric in the Courtroom. Washington University Jurisprudence Review, 7(1), 131–155.

Mozefani, F., Prisanto, G. F., Ernungtyas, N. F., & Irwansyah. (2020). Retorika Politik Susilo Bambang Yudhoyono : Pendekatan Political Retorics of Susilo Bambang Yudhoyono : Approach Critical Discourse Analysis. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, III(I), 45–68.

Muchlisin, R. (2019). Pengertian, Fungsi, Jenis dan Strategi Retorika.

Munabari, F. (2019). Mendamaikan syariah &NKRI: strategi mobilisasi dan retorika gerakan Islam revivalis Forum Umat Islam (FUI). (No Title). https://cir.nii.ac.jp/crid/1130287351520365722

Novianti, E., Ruchiyat Nugraha, A., Komalasari, L., Komariah, K., Rejeki, S., & Padjadjaran, U. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Penyebaran Informasi Program Pemerintah. AL MUNIR Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 11(1), 48–59.

Paksi, H. P., Istianah, F., Rahmawati, I., & ... (2024). Strategi Pembelajaran Podcast Untuk Meningkatkan Kemampuan Retorika Mahasiswa. … Dasar: Jurnal Kajian …. https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/article/view/29458

Ridwan, A. (2013). Filsafat Komunikasi. Pustaka Setia.

Riswanti, D. E. (n.d.). STRATEGI RETORIKA TUTUR BERBAHASA MADURA PENGGALANG AMAL MASJID DI KECAMATAN BANYUANYAR, KABUPATEN PROBOLINGGO.

Said, N. Muh. (2013). Metode Penelitian Dakwah. In N. Muliawati (Ed.), Alauddin University Press, Makassar (Pertama).

Saleh, I. (n.d.). STRATEGI PELATIHAN RETORIKA DAKWAH. Ibrahim Saleh.

Suhandang, K. (2009). Retorika: strategi teknik dan taktik pidato. Bandung: Nuansa.

Syahrulloh, A. (2022). Strategi Retorika Dakwah Habib Husein Ja’far Al Hadar di Media Digital. repository.uinbanten.ac.id. http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10162

UAH Goes To USA - Ustadz Adi Hidayat. (n.d.). Retrieved March 1, 2023, from https://www.youtube.com/watch?app=desktop&v=DAHVqV3SRME

Umro’atin, Y. (2020). Dakwah Dalam Al-Qur’an (4th ed.). Jakad Media Publishing.

Wandira, L. A. P., & Pujiningsih, S. (2024). Strategi Retorika Naratif Laporan Keberlanjutan Perusahaan Pertambangan. Jurnal Akademi Akuntansi. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jaa/article/view/28842

Wibowo, A. (2020). Digitalisasi Dakwah di Media Sosial Berbasis Desain Komunikasi Visual. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 02(2), 179–198.

Wulandari, A. L. (2013). Strategi Retorika Pembawa Acara Dalam Indonesia Lawyers Club di Tv One.

Wulandari, A. L. (2018a). Strategi Retorika Verbal dan Non Verbal Karni Ilyas dalam Acara Indonesian Lawyers Club” dalam Transformatika: Jurnal Bahasa. Sastra Dan Pengajarannya.

Wulandari, A. L. (2018b). Strategi Retorika Verbal dan Nonverbal Karni Ilyas dalam Acara Indonesia Lawyers Club. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan …. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?

article=848753&val=10054&title=Strategi%20Retorika%20Verbal%20dan%20Nonverbal%20Karni%20Ilyas%20dalam%20Acara%20Indonesia%20Lawyers%20Club

Wulandari, A. L. (2018c). Strategi Retorika Verbal dan Nonverbal Karni Ilyas dalam Acara Indonesia Lawyers Club. Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2 ….

Yaqin, L. N. (2018). Analisis Invensi Strategi Retorika Hj. Wartiah. Jurnal Ilmiah Rinjani. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?

article=1300849&val=17522&title=ANALISIS%20INVENSI%20STRATEGI%20RETORIKA%20HJ%20WARTIAH

Downloads

Published

2024-06-05

How to Cite

Setiawan, R. F., & Abadi, T. W. (2024). Strategi Retorika dan Persuasi Keagamaan dalam Khotbah YouTube di Indonesia. Indonesian Culture and Religion Issues, 1(2), 12. Retrieved from https://diksima.pubmedia.id/index.php/diksima/article/view/23

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.