Implementasi Dakwah Bil Lisan di Pondok Modern Daarul Abroor Banyuasin Muara Sugihan

Authors

  • Ahmad Sulaiman Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang
  • Abdur Razzaq Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang
  • Aji Isnaini Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.47134/diksima.v2i2.197

Keywords:

Dakwah bil lisan, pondok pesantren, muhadhoroh, komunikasi dakwah, implementasi dakwah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dakwah bil lisan dan sejauh mana keberhasilannya di Pondok Modern Daarul Abroor, Muara Sugihan, Banyuasin. Dakwah bil lisan merupakan metode penyampaian ajaran Islam secara langsung melalui lisan, seperti ceramah dan pengajian. Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam menjadi tempat yang strategis dalam menerapkan dakwah bil lisan, terutama melalui kegiatan seperti muhadhoroh, yang melatih santri dalam berbicara di depan umum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi dakwah bil lisan di pondok tersebut dilakukan secara terstruktur dan bertahap, mulai dari pelatihan berbicara, penyusunan materi, hingga pelaksanaan ceramah oleh santri. Keberhasilannya tercermin dari meningkatnya kemampuan santri dalam berdakwah serta pemahaman mereka terhadap ajaran Islam. Faktor pendukung keberhasilan antara lain adalah peran aktif para pengasuh dan kiai, kurikulum pesantren yang mendukung, serta antusiasme santri. Namun, terdapat juga hambatan seperti kurangnya pemahaman sebagian santri dan keterbatasan waktu. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan metode dakwah di lingkungan pesantren dan dapat menjadi acuan bagi lembaga sejenis dalam menerapkan dakwah bil lisan secara efektif.

References

Adam, Bani. (2021). Ilmu Dakwah (Metodologi,Survey, Riset) Istinbath, Iqtibas, Istiqra, Diakses dari https://mohrizarizqiadam.blogspot.com/2017/06/ilmu-dakwah-metodologi-survey-riset.html. pada tanggal 27 Maret 2023 pukul 10:22 19 Wita.

Adib, Helen Sabera (2015). Metodologi Penelitian. Palembang: Noerfikri Offset.

Al-Utsaimin, Muhammad bin Shalih. (2012). Syarah Hadits Arba’in Imam An- Nawawi. Jakarta: Ummul Qura,

Bayanuni. (2010). Pengantar Studi Ilmu Dakwah. Jakarta timur:Pustaka Al-kautsar.

Camble J. P. (1989). Riset dalam Efektivitas Organisasi. Jakarta: Erlangga.

Daarul Abroor TV. 2017. “Sejarah Singkat Pondok Modern Daarul Abroor Versi 2009”, Youtube uploaded by Daarul Abroor TV.

Daulay, Haidar Putra .(2019). Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana.

Departemen Agama RI. 1987. Al Quran dan Terjemahan nya, Jakarta.

Departemen Agama RI. 2013. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jawa Barat: Penerbit Diponegoro.

Edi, Fandi Rosi Sarwo. (2016). Teori Wawancara Psikodiknostik. Yogyakarta: Leutika Nouvalitera.

Fahham, Achmad Muchaddam. (2020). Pendidikan Pesantren: Pola Pengasuhan, Pembentukan karakter dan Perlindungan Anak. Jakarta: Kencana.

Fakhri, & Jailani. (2020). Planologi Dakwah. Banda Aceh: Ar Raniry Press.

Fauzi, Ahmad. (2020). Etos Bisnis Kaum Santri. Jakarrta: Lontar Digital Asia.

Fitriani, Resa. 2019. Metode Dakwah Bil-Lisan Dalam Pencegahan Kristenisasi di Desa Wawasan Kecamatan Tanjung Sari Kabupaten Lampung Selatan. Skripsi sarjana: fakultas dakwah dan ilmu komunikasi UIN Raden Intan Lampung.

Hafidhuddin, Didin. (2003). Dakwah Aktual. Jakarta: Gema Insani Press, 2003.

Hikmah, Mutiara. (2023). Teoriteori Dakwah, Di Akses dari https://finnalanahdiyanna.wordpress.com/2016/12/31/teori-teori-dakwah/ Pada Tanggal 27 Maret 2023 Pukul 22.22.

Ismail, Faisal. (2019). Islam Konstitusionalisme dan Pluralisme. Yogyakarta: IRCisoD.

Khovivah, Vivi. (2021). “Pola Pembinaan Disiplin Dalam Berbahasa Arab dan Inggris di Pondok Pesantren Daarul Abroor Kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin”. Palembang: UIN Raden Fatah Palembang.

Kompri, (2018). Manajemen dan Kepemimpinan Pondok Pesantren. Jakarta: Kencana.

Kompri. 2018 manajemen dan kepemimpinan pondok pesantren. Jakarta : kencana.

Laili, Siti Nurul. 2019. Strategi Komunikasi Dakwah di Kampung Al-Qur'an. Skripsi Sarjana. Fakultas Usuluddin dan Dakwah Institut Ilmu Al-Qur'an (110). Jakarta.

Mahrussilah, Mohammad. (2022). Fiqh Neurostorytelling: Tradisi Lisan Pengajaran Fath Al-Mu’in di Banten. Serang: A-Empat.

Mardawani. (2020). Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar dan Analisis Data Dalam Prespektif Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Masduki. (2018). filosofi dakwah kontempore. Riau: PT Indragiri Dot Com.

Mei. Ahmad Fauzi, (2020). Etos Bisnis Kaum santri Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesantren dan Ikhtiar Pembibitan Pengusaha Santri. Jakarta: Bitread Publishing.

Mohtar, Imam. (2019). Hubungan Antara Motivasi Kerja dan Pengalaman Kerja Dengan Kinerja Madrasah. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Muhammad Rizal Pahleviannur dkk. (2022). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Jawa Tengah: Pradina Pustaka.

Nasrullah, Akbar. (2020). Khusus Pemuda Keren. Magelang: Tidar Media.

Nigar Pandrianto dkk. (2023). Komunikasi dan Masyarakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ningsih, Murti. (2022). Keperawatan Spiritual Islam. Yogyakarta: Deepubulish.

Poerwati, Endang. (2012) ‘Standar Penilaian Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP)’, Jurnal Asesmen Pembelajaran.

Pratiwi, Rias Rhona. 2019. Implementasi Dakwah Bil-Lisan Di Pondok Pesantren Daarul Hikmah Purbolinggo Lampung Timur. Skripsi Sarjana: Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah. Lampung Timur, IAIN Metro.

Ramdhani, Muhamad tri. (2021). Manajemen Pondok Pesantren Dalam Menghadapi Pendidikan New NormaL. Yogyakarta : K-media.

Razzaq, Abdur. (2017). Dakwah dan Pemikiran Politik Islam. Palembang: Noer Fikri.

Ridawati, Tafaqquh Fiddin dan Implementasinya Pada Pondok Pesantren di Jawa Barat. Skripsi. Tembilahan: Indragiri.

Riduwan. (2019). Dinamika Kelembagaan Pondok Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Rochmiana, Anisa. 2019. Metode Dakwah Bil Lisan Kh. Abdul Mujib Sholeh Terhadap Jamaah Pengajian Rutin Sabtunan Di Kecamatan Tayu Kabupaten Pati. Skripsi sarjana Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Walisongo (117). Semarang.

Semiawan, Coony R. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo.

Siregar, Nina Siti Salmania. (2021). Komunikasi Terapeutik Bernuansa Islami. Surabaya: Skopindo..50

Suardi, Ismail, (2014). Model Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, Edy. (2021). Model Pengembangan Kurikulum Pesantren di Era Modern. Jawa Barat: Guepedia.

Syam, Muhammad Taufik. (2022). Pengantar Studi Media Dakwah Digital. Makasar: Liyan Pustaka Ide.

Taufik, Tata. (2020). Dakwah Era Digital: Sejarah, Metode dan Perkembangan. Kuningan: Pustaka Al-Ikhlas.

Tim Penyusun. (2016). Pedoman Karya Tulis Ilmiah, Edisi Revisi. Metro: STAIN Jurai Siwo Metro.

Wahid, Abdul. (2019). Gagasan Dakwah Pendekatan Komunikasi Antarbudaya. Jakarta Timur: Kencana.

Widiawati, Nani. (2020). Metodologi Penelitian Komunikasi dan Penyiaran Islam. Jawa Barat: Edu Publisher.

Wijaya, Umrati Hengki. (2020). Analisis Data Kualitatif Teori dan Konsep Dalam Penelitia Pendidikan. Makassar: Daarul Print.

Zuhdi, Ahmad. (2021). Sejarah dan Pemikiran Dakwah Bil Hal Syekh K.H. Abdul Somad Akhir Abad 19. Jawa Tengah: Nasya Expanding Management.

Downloads

Published

2025-05-29

How to Cite

Sulaiman, A., Razzaq, A., & Isnaini, A. (2025). Implementasi Dakwah Bil Lisan di Pondok Modern Daarul Abroor Banyuasin Muara Sugihan. Indonesian Culture and Religion Issues, 2(2), 7. https://doi.org/10.47134/diksima.v2i2.197

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.