Kecerdasan Emosional dan Perilaku Prososial di SMA Negeri 1 Taman

Authors

  • Henry Dwi Artono Program Studi Psikologi, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Lely Ika Mariyati Program Studi Psikologi, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/islamicpsychology.v1i1.46

Keywords:

Kecerdasan Emosional, Perilaku Prososial, Siswa SMA, Korelasi, Pendidikan

Abstract

Penelitian ini menyelidiki hubungan antara kecerdasan emosional dan perilaku prososial di kalangan siswa di SMA Negeri 1 Taman. Dengan menggunakan pendekatan korelasi kuantitatif, data dikumpulkan dari sampel sebanyak 290 siswa dengan menggunakan skala psikologi. Analisis yang dilakukan melalui Product Moment Pearson menunjukkan adanya korelasi positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dan perilaku prososial. Temuan ini menunjukkan bahwa peningkatan kecerdasan emosional berkorelasi dengan peningkatan perilaku prososial, sementara penurunan kecerdasan emosional berkorelasi dengan penurunan perilaku prososial. Baik kecerdasan emosional maupun perilaku prososial ditemukan tinggi di kalangan siswa SMA Negeri 1 Taman. Penelitian ini membahas kesenjangan dalam memahami hubungan antara kecerdasan emosional dan perilaku prososial di kalangan siswa sekolah menengah atas, memberikan implikasi untuk strategi pendidikan yang bertujuan untuk mendorong perkembangan sosial yang positif.

References

Aridhona, J. (2018). Hubungan perilaku prososial dan religiusitas dengan moral pada remaja. Konselor, 7(1), 21-25. DOI: https://doi.org/10.24036/02018718376-0-00

Artha, N. M. W. I., & Supriyadi, S. (2013). Hubungan antara kecerdasan emosi dan self efficacy dalam pemecahan masalah penyesuaian diri remaja awal. Jurnal Psikologi Udayana, 1(1), 190-202. https://doi.org/10.24843/jpu.2013.v01.i01.p19 DOI: https://doi.org/10.24843/JPU.2013.v01.i01.p19

Arifah, A. U. N., & Nurina, S. (2018). Hubungan antara kecerdasan spiritual dengan perilaku prososial pada remaja. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Asih, G. Y., & Pratiwi, M. M. S. (2010). Perilaku prososial ditinjau dari empati dan kematangan emosi. Jurnal Psikologi Universitas Muria Kudus, 1(1), 33-42. Retrieved from http://eprints.umk.ac.id/268/1/33_-_42.PDF

Daud, F. (2012). Pengaruh kecerdasan emosional (EQ) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar biologi siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 19(2), 243-255.

Dayakisni, T., & Hudaniah. (2012). Psikologi Sosial. Malang: UMM Press.

Fauziah, F. (2015). Hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar mahasiswa semester II Bimbingan Konseling UIN Ar-Raniry. Jurnal EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 90. https://doi.org/10.22373/je.v1i1.320 DOI: https://doi.org/10.22373/je.v1i1.320

Hogg, M. A., & Vaughan, G. M. (2014). Social Psychology (7th ed.). Harlow: Pearson Education Limited.

Khoerunnisa, K., & Zain, N. (2014). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan intensi berwirausaha pada siswa SMK Negeri 44 Jakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, 2(1). DOI: https://doi.org/10.21009/JPEB.002.1.7

Lomboan, J. A. E. (2020). Perbedaan perilaku prososial ditinjau dari jenis kelamin. Jurnal Psikologi Perseptual, 4(2), 80. https://doi.org/10.24176/perseptual.v4i2.3393 DOI: https://doi.org/10.24176/perseptual.v4i2.3393

Lubis, R., & Khadijah, K. (2018). Permainan tradisional sebagai pengembangan kecerdasan emosi anak. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 177-186. DOI: https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.42-05

Maghfiroh, R. L. (2017). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan perilaku prososial siswa di SMP Negeri 2 Sidoarjo. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 5(01).

Megawati, E., & Herdiyanto, Y. K. (2016). Hubungan antara perilaku prososial dengan psychological well-being pada remaja. Jurnal Psikologi Udayana, 3(1), 132-141. https://doi.org/10.24843/jpu.2016.v03.i01.p13 DOI: https://doi.org/10.24843/JPU.2016.v03.i01.p13

Niva, H. (2016). Penerapan pendekatan cinematherapy untuk meningkatkan perilaku prososial pada siswa Bosowa International School Makassar. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 2(1), 41-48. DOI: https://doi.org/10.26858/jpkk.v2i1.2061

Noya, A. (2019). Hubungan kecerdasan emosi dan perilaku prososial siswa di SMA Negeri 9 Halmahera Selatan. Ciencias: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 2(1), 28-34.

Nuralifah, I. P., & Rohmatun, R. (2018). Perilaku prososial pada siswa SMP Islam Plus Assalamah Ungaran Semarang ditinjau dari empati dan dukungan sosial teman sebaya. Proyeksi: Jurnal Psikologi, 10(1), 7-9.

Salihin, S., Putra, A. I. D., & Siregar, N. N. (2020). Perilaku prososial ditinjau dari rasa syukur pada Persaudaraan Muda-Mudi Vihara Borobudur (PMVB) Medan. Insight: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 16(1), 159. https://doi.org/10.32528/ins.v16i1.1989 DOI: https://doi.org/10.32528/ins.v16i1.1989

Sarwono, S. W. (2015). Teori-Teori Psikologi Sosial. Jakarta: Rajawali Pers.

Selomo, C. D., Suryanto, S., & Santi, D. E. (2020). Perilaku prososial ditinjau dari pengaruh teman sebaya dengan empati sebagai variabel antara pada Generasi Z. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 5(4), 646. https://doi.org/10.28926/briliant.v5i4.510 DOI: https://doi.org/10.28926/briliant.v5i4.510

Sembiring, M., Milfayetty, S., & Siregar, N. I. (2015). Hubungan kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual dengan perilaku prososial mahasiswa calon katekis. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 7(1), 1-11.

Smith, D. J., & Blackwood, D. H. R. (2004). Depression in young adults. Advances in Psychiatric Treatment, 10(1), 4-12. https://doi.org/10.1192/apt.10.1.4 DOI: https://doi.org/10.1192/apt.10.1.4

Solechan, & Zidan, Z. (2019). Pengembangan kecerdasan emosional di SMA Primaganda Bulurejo Diwek Jombang. Ilmuna, 1(2), 43-64. DOI: https://doi.org/10.54437/alidaroh.v2i2.67

Wulandari, Burhanuddin, & Mustari, N. (2021). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja pegawai di Kantor Kecamatan Sape Kabupaten Bima. Jurnal Unismuh, 2(1), 140-155. Retrieved from https://journal.unismuh.ac.id/index.php/kimap/article/download/3774/3385#:~:text=Kecerdasan emosional memiliki lima komponen,motivasi%2C empati dan keterampilan sosial

Downloads

Published

2024-07-27

How to Cite

Artono, H. D., & Mariyati, L. I. (2024). Kecerdasan Emosional dan Perilaku Prososial di SMA Negeri 1 Taman. Journal of Islamic Psychology, 1(1), 9. https://doi.org/10.47134/islamicpsychology.v1i1.46

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.