Self Regulated Learning dan Prokrastinasi Akademik Perspektif Mahasiswa Psikologi
DOI:
https://doi.org/10.47134/islamicpsychology.v1i2.74Keywords:
penundaan akademik, pembelajaran yang diatur sendiri, korelasi, mahasiswa psikologi, intervensi pendidikanAbstract
Penelitian ini membahas masalah prokrastinasi akademik yang lazim terjadi di kalangan mahasiswa, khususnya di Program Studi Psikologi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA). Dengan tujuan untuk memahami hubungan antara self-regulated learning dan prokrastinasi akademik, 270 mahasiswa disurvei dengan menggunakan metode kuantitatif korelasional. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi negatif yang signifikan (r = -0.438, p <0.001) antara self-regulated learning dan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Psikologi UMSIDA. Hal ini menunjukkan bahwa ketika prokrastinasi akademik menurun, self-regulated learning meningkat, dan sebaliknya. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya mengembangkan strategi self-regulated learning untuk mengurangi prokrastinasi akademik di kalangan mahasiswa, sehingga dapat meningkatkan kinerja akademik dan kesuksesan mereka secara keseluruhan.
References
Ahmad, R., & Mudjiran. (2019). Hubungan task aversiveness dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa bidikmisi FIP UNP. Jurnal Riset Psikologi, 3(1), 1–10.
Ariana, R. (2016). Hubungan self-regulated learning dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa angkatan 2019 Fakultas Psikologi dalam perkuliahan daring selama pandemi Covid-19 di Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang 1Nur.
Avati, P., Riskinanti, K., & Riskinanti, K. (2019). Hubungan antara self-regulated learning dan prokrastinasi akademik mahasiswa IIQ Jakarta. Biopsychosocial Journal of Psychological Science, Faculty of Psychology, Mercubuana University Jakarta, 3(2), 114. https://doi.org/10.22441/biopsikososial.v3i2.9002
Chotimah, C., & Nurmufida, L. (2020). Pengaruh self-regulated learning dan pola asuh orang tua terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa. Jurnal MPI, 5(1), 55–65. https://doi.org/10.18860/jmpi.v5i1.7850
Darmawan, G. P. N. (2017). Pengaruh self-regulated learning terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(2), 470–479.
Darwin, D. A., & Rachmawati, A. Y. (2019). Mengurangi perilaku prokrastinasi pada mahasiswa. National Seminar 2019, September, 165–168.
Demokrawati, F. A. (2014). Analisa quick count dengan menggunakan metode stratified random sampling (studi kasus pemilu walikota Bandung 2013). Universitas Pendidikan Indonesia, 22–23.
Farichah, L. (2012). Hubungan antara self-regulated learning dengan tingkat prestasi belajar mata pelajaran khusus siswa kelas IX unggulan MTS Mambaus Sholihin Gresik, 12–53.
Fitri, N., Daliman, S. U., & Ali, M. (2020). Faktor-faktor keberhasilan belajar mahasiswa program twinning (psikologi-pai).
Izzati, R., & Nastiti, D. (2022). Academic procrastination for students of the Faculty of Psychology and Educational Sciences (FPIP) at the University. Indonesian Journal of Educational Methods and Development, 19, 1–6. https://doi.org/10.21070/ijemd.v19i.659
Jannah, M., & Muis, T. (2014). Prokrastinasi akademik (perilaku penundaan akademik) mahasiswa fakultas ilmu pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Jurnal BK Unesa, 4(3), 1–8.
Khairat, U., Maputra, Y., & Rahmi, F. (2014). Pengaruh prokrastinasi akademik terhadap perilaku menyontek pada siswi SMA di Pesantren X. Jurnal RAP UNP, 5(2), 192–203.
Kurniawan, R. (2013). Hubungan antara self-regulated learning dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa jurusan psikologi. Skripsi, 1–219.
Kusumo, D., & Afandi, R. (2020). Hubungan antara self-regulated learning dengan prestasi akademik mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia, 7, 1–15.
Maijoita, R. R. (2020). Hubungan antara self-regulated learning dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Universitas Islam Riau.
Muyana, S. (2018). Prokrastinasi akademik di kalangan mahasiswa program studi bimbingan dan konseling. Counsellia Journal of Guidance and Counseling, 8(1), 45. https://doi.org/10.25273/counsellia.v8i1.1868
Nadhifah, F. (2021). Hubungan religiusitas dan resiliensi akademik pada mahasiswa dalam perspektif psikologi Islam. Al-Qalb Journal of Islamic Psychology, 12(1), 51–60.
Nurhuda, H. (2022). Masalah-masalah pendidikan nasional: Faktor-faktor dan solusi yang ditawarkan. Journal of Pemikiran dan Pendidikan Dasar, 5(2), 129.
Pratitis, N. T., Suroso, S., Cahyanti, R. O., & Sa’idah, F. L. S. (2021). Self-regulated learning dan dukungan sosial dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa di masa pandemi. Keluwih Journal of Social and Humanities, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.24123/soshum.v2i1.3953
Reswita, R. (2019). Hubungan antara manajemen waktu dan prokrastinasi akademik mahasiswa PG-PAUD FKIP UNILAK. PAUD Lectura Journal of Early Childhood Education, 2(2), 25–32. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v2i02.2497
Rizkyani, A. M. (2020). Hubungan antara self-regulated learning dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa pendidikan kimia.
Rizkyani, A. M., Feronika, T., & Saridewi, N. (2021). Hubungan antara self-regulated learning dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa pendidikan kimia di masa pandemi Covid-19. Edusains, 12(2), 252–258. https://doi.org/10.15408/es.v12i2.18175
Ryan, Cooper, & Tauer. (2013). The correlation of reading habits with the Indonesian learning result in SD Negeri Tingkir Tengah 02. Paper on Knowledge Towards a Media Historical Documentation, 1, 12–26.
Saman, A. (2017). Analisis prokrastinasi akademik mahasiswa (studi pada mahasiswa jurusan psikologi pendidikan dan bimbingan fakultas ilmu pendidikan). Psikologi Pendidikan dan Konseling Journal, 3(2), 55–62. Retrieved from http://ojs.unm.ac.id/index.php/JPPK%0AAnalisis
Syafiqa, N. (2021). Hubungan antara self-regulated learning dengan prokrastinasi akademik mahasiswa dalam perkuliahan daring masa pandemi Covid-19.
Ulum, M. I. (2016). Strategi self-regulated learning untuk menurunkan tingkat prokrastinasi akademik siswa. Psympathic Journal of Psychological Science, 3(2), 153–170. https://doi.org/10.15575/psy.v3i2.1107
Utami, D. R. (2013). Hubungan antara kelelahan emosi dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa aktivis organisasi di Yogyakarta. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Yanti, H., & STAI Rakha Amuntai, S. (2021). Standar bagi pendidik dalam standar nasional pendidikan Indonesia. Adiba Journal of Education, 1(1), 61–68.