Hubungan Antara Harga Diri dan Presentasi Diri pada Remaja Pengguna Instagram
DOI:
https://doi.org/10.47134/islamicpsychology.v1i1.54Keywords:
harga diri, presentasi diri, penggunaan media sosial remaja, Instagram, manajemen kesanAbstract
Penelitian ini mengeksplorasi hubungan antara harga diri dan presentasi diri di kalangan pengguna Instagram remaja, mengatasi kesenjangan dalam memahami bagaimana konstruk psikologis ini berinteraksi dalam konteks media sosial. Ditujukan untuk meneliti taktik manajemen kesan, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan sampel 238 siswa dari populasi yang lebih besar, yaitu 750 siswa. Dengan menggunakan accidental non-random sampling dan SPSS untuk analisis, penelitian ini mengkategorikan harga diri dan presentasi diri ke dalam tingkat rendah, sedang, dan tinggi. Temuan dari Korelasi Pearson Product Moment menunjukkan korelasi positif yang signifikan (r = .684, p <.050), menunjukkan bahwa harga diri yang lebih tinggi berkorelasi dengan presentasi diri yang lebih baik dan sebaliknya. Hal ini menggarisbawahi pengaruh harga diri terhadap perilaku presentasi diri secara online, yang menyoroti implikasi untuk strategi psikologis dan pendidikan untuk mendukung penggunaan media sosial yang sehat di kalangan remaja.
References
Aiyuda, N., & Syakarofath, N. A. (2019). Presentasi Diri di Sosial Media (Instagram dan Facebook) Sebuah Literature Review. Jurnal Psikologi, 2(August), 124–130. Available: https://www.researchgate.net/publication/335096333_Presentasi_diri_di_sosial_media_Instagram_dan_Facebook_Sebuah_literature_review
Arifin. (2017). Hubungan Antara Harga Diri dengan Presentasi Diri pada Pengguna Instagram di Kebumen. Universitas Islam Sultan Agung.
Asyifa. (2019). Self-Esteem, Self-Consciousness. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Dewi, G., & Ibrahim, Y. (2019). Hubungan Self-Esteem (Harga Diri) dengan Perilaku Narsisme Pengguna Media Sosial Instagram pada Siswa SMA. Jurnal Neo Konseling, 1(2), 2019. doi: 10.24036/0099kons2019. DOI: https://doi.org/10.24036/0099kons2019
Gil-Or, O., Levi-Belz, Y., & Turel, O. (2015). The 'Facebook-Self': Characteristics and Psychological Predictors of False Self-Presentation on Facebook. Frontiers in Psychology, 6(FEB), 1–10. doi: 10.3389/fpsyg.2015.00099. DOI: https://doi.org/10.3389/fpsyg.2015.00099
Hadinata, R., Sahrani, R., & Basaria, D. (2020). Hubungan Self-Presentation dengan Kepuasan Tubuh Remaja pada SMP X. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 4(2), 474. doi: 10.24912/jmishumsen.v4i2.9303.2020. DOI: https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v4i2.9303.2020
Hanandha, T. S., & Kurniawan, A. (2023). Hubungan Antara Body Image dengan Self-Presentation di Media Sosial Instagram pada Remaja Putri. Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental, 10(212), 1–10. Available: https://repository.unair.ac.id/119577/
Hardika, S. S. J., & Noviekayati, I. G. A. (2019). Hubungan Self-Esteem dan Kesepian dengan Kecenderungan Gangguan Kepribadian Narsistik pada Remaja Pengguna Sosial Media Instagram. Psikosains, 14(1), 3–4. Available: http://journal.umg.ac.id/index.php/psikosains/article/view/928 DOI: https://doi.org/10.30587/psikosains.v14i1.928
Iqbal, M., Boeriswati, E., & Zuriyati. (2017). Kepribadian Diri Nyata dan Diri Ideal Tokoh Utama. BAHTERA Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 16(1), 1–12. Available: https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/bahtera/article/view/4289/3219 DOI: https://doi.org/10.21009/BAHTERA.162.03
Khotimah, K., Doriza, S., & Artanti, G. D. (2015). Perbedaan Kemandirian Remaja Berdasarkan Status Pekerjaan Ibu. Family Edu, 1(2), 99–120. Available: https://ejournal.upi.edu/index.php/familyedu/article/download/4775/3340
Kusumasari, H., & Hidayati, D. S. (2014). Rasa Malu dan Presentasi Diri Remaja di Media Sosial. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 4(2), 91. doi: 10.26740/jptt.v4n2.p91-105. DOI: https://doi.org/10.26740/jptt.v4n2.p91-105
Latupeirissa, A., & Wijono, S. (2022). Self-Esteem dengan Self-Presentation pada Mahasiswa Pengguna Media Sosial Instagram. Buletin Konseling Psikoterapi, 4(2), 226–234. doi: 10.51214/bocp.v4i2.200. DOI: https://doi.org/10.51214/bocp.v4i2.200
Luik, J. (2011). Media Sosial dan Presentasi Diri. Jurnal Ilmu Komunikasi. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/11851698.pdf
Nur Baity, S., & Perdhana, T. S. (2022). Self-Esteem dengan Self-Presentation Unggahan Selfie Instagram pada Mahasiswi. Jurnal Sosial Philantropic, 2022(2), 16–22. Available: https://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/JSP/article/download/1811/1229
Prawesti, S., & Dewi, D. K. (2016). Self Esteem dan Self Disclosure pada Mahasiswa Psikologi Pengguna Blackberry Messenger. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 7(1), 1. doi: 10.26740/jptt.v7n1.p1-8. DOI: https://doi.org/10.26740/jptt.v7n1.p1-8
Prihatiningsih, W. (2017). Motif Penggunaan Media Sosial Instagram Di Kalangan Remaja. Communication, 8(1), 51. doi: 10.36080/comm.v8i1.651. DOI: https://doi.org/10.36080/comm.v8i1.651
Puspitasari, F. I. (2016). Kebutuhan yang Mendorong Remaja Mem-posting Foto atau Video Pribadi dalam Instagram. Calyptra Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 5(1), 1–12. Available: https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/2800
Putri, W. S. R., Nurwati, N., & M. B. S. (2016). Pengaruh Media Sosial terhadap Perilaku Remaja. Prosiding Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). doi: 10.24198/jppm.v3i1.13625. DOI: https://doi.org/10.24198/jppm.v3i1.13625
R., B., Hamid, H., & Hamid, A. N. (2021). Hubungan Harga Diri dengan Body Dissatisfaction pada Mahasiswa di Kota Makassar. Jurnal Psikologi Talenta Mahasiswa, 1(1), 92–104. Available: https://ojs.unm.ac.id/jtm/article/download/92-104/11721
Rahmadeni, T., & Ningsih, Y. T. (2021). Hubungan Self-Esteem dengan Self-Presentation pada Remaja Pengguna Media Sosial Instagram. Socio Humaniora, 3(3), 265–271. Available: https://ejournal.pamaaksara.org/index.php/sohum/article/download/278/226
Ramadhani, & Ningsih, Y. T. (2021). Kontribusi Self Esteem Terhadap Self Presentation Pada Remaja Pengguna Instagram. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2986–2991. Available: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1330
Rozika, L. A., & Ramdhani, N. (2018). Hubungan Antara Harga Diri dan Body Image dengan Online Self-Presentation pada Pengguna Instagram. Gadjah Mada Journal of Psychology, 2(3), 172. doi: 10.22146/gamajop.36941. DOI: https://doi.org/10.22146/gamajop.36941
Sa’diyah, S. A. (2020). Hubungan Antara Self Esteem dan Self Consciousness dengan Self Presentation Remaja Pengguna Media Sosial. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.
Sundari, R. (n.d.). Harga Diri Sebagai Mediator Pengaruh Citra Tubuh Terhadap Self Presentation Remaja Putri Pengguna Instagram. Repository.Upi-Yai.Ac.Id, 157, 1–7. Available: http://repository.upi-yai.ac.id/id/eprint/5669
Wibowo, Y., & Maria Silaen, S. J. (2018). Hubungan Self-Esteem dan Penggunaan Media Sosial Instagram dengan Perilaku Narsisme di Kalangan Siswa Kelas VIII SMPK Penabur Bintaro Jaya. Universitas Persada Indonesia, 2(2), 109–115. Available: https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/view/130/57
Zenita, Y. M. (2019). Hubungan Self-Esteem dengan Presentasi Diri pada Pengguna Instagram. Jurnal Psikologi, 53. Available: https://repository.unair.ac.id/96468/