Hubungan Pola Asuh Orang Tua Demokratis dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Psikologi
DOI:
https://doi.org/10.47134/islamicpsychology.v1i2.91Keywords:
Mahasiswa, Pola Asuh Demokratis, Prokrastinasi AkademikAbstract
Masalah yang seringkali dialami di kalangan mahasiswa terkait tugas akademik adalah sifat penundaan atau disebut juga dengan prokrastinasi. Prokrastinasi akademik merupakan tindakan menunda mengerjakan tugas secara sengaja dengan melakukan kegiatan yang lebih menyenangkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua demokratis dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa psikologi angkatan 2019 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional dengan jenis teknik sampling jenuh atau sensus, dengan jumlah subyek 108 mahasiswa. Pendekatan yang digunakan penelitian adalah kuantitatif korelasional. Alat ukur penelitian ini berupa skala prokrastinasi akademik yang dikembangkan oleh Ferrari, kemudian pada alat ukur berupa skala pola asuh orang tua demokratis yang telah dikembangkan oleh Hurlock. Berdasarkan hasil analisis penelitian tentang pola asuh orang tua demokratis dengan prokrastinasi akademik mahasiswa Psikologi angkatan 2019 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo menunjukkan bahwa pada variabel pola asuh orang tua demokratis memiliki hubungan dengan variabel prokrastinasi akademik dengan nilai koefisien sebesar -0,387. Pola pengasuhan orang tua demokratis mempengaruhi prokrastinasi akademik pada mahasiswa sebesar 20%, sedangkan nilai 80% sisanya berasal dari faktor lainnya.
References
Azwar, S. (2014). Metode Penelitian (2nd ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Chotimah, C., & Nurmufida, L. (2020). Pengaruh Self Regulated Learning dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. J-MPI (Jurnal Manaj. Pendidik. Islam.), 5(1), 55. https://doi.org/10.18860/jmpi.v5i1.7850
Departemen Administrasi dan Konseling Fakultas Universitas Halu Oleo. (2019). Jurnal BENING Volume 3 Nomor 1 Januari 2019. Jurnal BENING, 3(1), 113-122.
Fatimaullah, et al. (2019). Faktor-faktor Penyebab Prokrastinasi Akademik Terhadap Penyelesaian Tugas Akhir Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Halu Oleo Kendari. Jurnal BENING, 3, 113-122.
Fitriah, Z., Hartati, S., & Kurniawan, K. (2016). Faktor Penyebab Prokrastinasi Akademik Penyusunan Skripsi Pada Mahasiswa FIP UNNES Angkatan Tahun 2009. Indonesian Journal of Guidance and Counseling Theory and Application, 5(4), 46-51.
Hulukati, W., & Djibran, M. R. (2018). Analisis Tugas Perkembangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Bikotetik (Bimbingan dan Konseling Teor. dan Prakt.), 2(1), 73. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v2n1.p73-80
Hurlock, E. B. (2004). Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.
Izzati, R., & Nastiti, D. (2022). Academic Procrastination for Students of the Faculty of Psychology and Educational Sciences (FPIP) at the University. Indonesian Journal of Educational Methods Development, 19, 1-6. https://doi.org/10.21070/ijemd.v19i.659
Masni, H. (2017). Peran Pola Asuh Demokratis Orang Tua Terhadap Pengembangan Potensi Diri dan Kreativitas Siswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 6(1), 58-74. Retrieved from http://dikdaya.unbari.ac.id/index.php/dikdaya/article/view/41
Nisa, N. K., Mukhlis, Hamid, D. A., & Putri, R. H. (2019). Manajemen Waktu dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Operasional, 1(1), 29-34. Retrieved from https://ukinstitute.org/journals/jopp/article/view/joppv1i104
Nisa, N. K., Mukhlis, Hamid, D. A., & Putri, R. H. (2019). Manajemen Waktu dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Operasional, 1(1), 29-34. Retrieved from https://ukinstitute.org/journals/jopp/article/view/joppv1i104
Nuraviati, N. (2019). Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis Dengan Kreativitas Figural Pada Siswa Kelas XI SMK Tri Sakti Tulangan. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Nurjan, S. (2020). Analisis Teoritik Prokrastinasi. Muaddib Studi Kependidikan dan Keislaman, 10(01), 61-83.
Putra, A. A. M. T. A. S., & Rustika, I. M. (2019). Peran Kontrol Diri dan Pola Asuh Autoritatif Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 6(02), 249. https://doi.org/10.24843/jpu.2019.v06.i02.p04
Sugiono. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (25th ed.). Bandung: CV ALFABETA.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhadianto, & Pratitis, N. (2019). Eksplorasi Faktor Penyebab, Dampak dan Strategi Untuk Penanganan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi) Universitas Negeri Padang, 10(2), 204-223.
Suteja, J. (2017). Dampak Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 1-14. https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1331
Tarigan, P., Fadilah, R., & Murad, A. (2022). Hubungan Kecerdasan Emosi dan Pola Asuh Demokratis Orang Tua dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Medan Area. Journal of Educational, Humanities, and Social Sciences, 4(4), 2001-2014. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i4.991
Tridhonanto, A. B. A. (2014). Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.