Hubungan antara Iklim Sekolah dengan Perilaku Bullying pada Siswa SMA
DOI:
https://doi.org/10.47134/islamicpsychology.v1i2.83Keywords:
Iklim Sekolah, Perilaku Bullying, Siswa SMAAbstract
Penelitian dilatar belakangi dengan fenomena siswa yang melakukan tindakan bullying di sekolah. Banyak siswa yang melakukan tindakan kekerasan seperti memukul kepala temannya meskipun bergurau maupun melakukan ejekan kepada temannya. Variabel dalam penelitian ini yaitu iklim sekolah dan perilaku bullying. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara iklim sekolah dengan perilaku bullying pada siswa SMA Negeri 3 Sidoarjo. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasional. Populasi penelitian adalah siswa SMA Negeri 3 Sidoarjo yang berjumlah 1.259 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 297 siswa berdasarkan tabel Krejcie & Morgan dengan taraf kesalahan 5%. Teknik sampling yang digunakan adalah propotional stratified random sampling. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan skala iklim sekolah dan skala perilaku bulyying. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dari Spearman Rho’s dengan bantuan SPSS 22.0 for windows. Hasil penelitian diperoleh nilai koefisien korelasi rxy = -0.912 dengan sig p = 0.000 < 0.05 hal ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara iklim sekolah dengan perilaku bullying dimana semakin tinggi iklim sekolah maka semakin rendah perilaku bullying dan sebaliknya.
References
Alwi, S. (2021). Perilaku bullying di kalangan santri Dayah Terpadu Kota Lhokseumawe. CV. Pusdikra Mitra Jaya.
Antasha, C. N. (2022). Hubungan antara iklim sekolah dengan perilaku bullying pada siswa SMA Negeri 1 Glumpang Tiga Kabupaten Pidie. UIN Ar-Raniry.
Aprilianti, S. (2022). Pengaruh iklim sekolah terhadap motivasi belajar agama madrasah diniyah di Karawang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Aswat, H., Onde, M. K. L. O., & Ayda, B. (2022). Eksistensi peranan penguatan pendidikan karakter terhadap bentuk perilaku bullying di lingkungan sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 9105–9117.
Azwar, S. (2015). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
DJ, W. P., & Indrawati, E. S. (2019). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan perilaku bullying pada siswa kelas XI SMK X Semarang. Jurnal Empati, 8(1), 253–259.
Espelage, D. L., & Hong, J. S. (2019). School climate, bullying, and school violence.
Febiyanto, A., & Khodijah, S. (2022). Fenomena bullying di madrasah (Studi pada MAN 3 Sleman). In International Conference on Islamic Guidance and Counseling (pp. 49–60).
Istiqomah, A. N. (2022). Pengaruh kepemimpinan dan iklim sekolah terhadap sekolah efektif di SMP Negeri Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo tahun pelajaran 2021/2022. IAIN Ponorogo.
Kustanti, E. R. (2015). Gambaran bullying pada pelajar di Kota Semarang. Jurnal Psikologi Undip, 14(1), 29–39.
Magfirah, U., & Rachmawati, M. A. (2010). Hubungan antara iklim sekolah dengan kecenderungan perilaku bullying. Jurnal Universitas Islam Indonesia, 1–10.
Malecki, C. K., Demaray, M. K., Smith, T. J., & Emmons, J. (2020). Disability, poverty, and other risk factors associated with involvement in bullying behaviors. Journal of School Psychology, 78, 115–132.
Mataputun, Y. (2018). Kepemimpinan kepala sekolah: Berbasis kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual terhadap iklim sekolah. Uwais Inspirasi Indonesia.
Mischel, J., & Kitsantas, A. (2020). Middle school students’ perceptions of school climate, bullying prevalence, and social support and coping. Social Psychology of Education, 23(1), 51–72.
Nadhifa, A. I., & Asyanti, S. (2023). Hubungan antara persepsi iklim sekolah dan kontrol diri dengan kecenderungan perilaku bullying. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Nurbiantari, D. (2019). Hubungan antara persepsi terhadap iklim sekolah dengan perilaku bullying pada siswa SMP X Yogyakarta. Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Nurvadila, R., Elita, V., & Putri, D. K. (2020). Persepsi pelajar terhadap tindakan bullying di sekolah menengah atas (SMA) Negeri 5 Pekanbaru. Afiasi: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5(2).
Oktaviana, L., & Hertinjung, W. S. (2014). Hubungan antara konformitas dengan kecenderungan perilaku bullying. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Pintrich, P. R., & Schunk, D. H. (1996). Motivation in Education: Theory, Research, and Applications. New Jersey: Prentice Hall.
Prasetya, F. F. D. (2021). Hubungan antara kontrol diri dan persepsi terhadap iklim sekolah dengan perilaku bullying pada siswa di SMP X Sleman. Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Putra, B. A. (2021). Hubungan kontrol diri dengan perilaku bullying pada siswa kelas VII SMP X. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Putra, R. M. T. (2018). Hubungan antara iklim sekolah dengan kecenderungan bullying. Universitas 17 Agustus 1945.
Putri, H. N., & Nauli, F. A. (2015). Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku bullying pada remaja. Riau University.
Rosadi, M., & Safrudin, M. B. (2020). Hubungan lingkungan sekolah dengan pengetahuan dan sikap tentang bully pada remaja di SMPN 1 Sanga-sanga. Borneo Studies Research, 1(3), 2162–2167.
Rotun, M., & Awalya, A. (2021). Hubungan antara penalaran moral dan iklim sekolah dengan perilaku bullying. Biblio Counseling: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 4(1), 1–12.
Salmi, S., Hariko, R., & Afdal, A. (2019). Hubungan kontrol diri dengan perilaku bullying siswa. Counseling Journal: Bimbingan dan Konseling, 8(2), 88–99.
Saraswati, N. P. E. (2019). Hubungan iklim sekolah dengan perilaku bullying pada remaja di SMA Dwijendra Denpasar tahun 2019. Institut Teknologi dan Kesehatan Bali.
Sari, A. K. (2022). Hubungan harga diri dan iklim sekolah dengan perilaku bullying di SMA Swasta Mamiyai Al-Ittihadiyah Medan. Universitas Medan Area.
Sebayang, S., & Sembiring, J. (2017). Pengaruh self esteem dan self efficacy terhadap kinerja karyawan: Studi kasus di PT. Finnet Indonesia. eProceedings of Management, 4(1).
Sembiring, M., & Tarigan, T. (2023). Pengaruh iklim sekolah terhadap perilaku bullying siswa pada SMA Santa Maria Kabanjahe. Help: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 40(1), 1–13.
Shihab, A. A., Mujahidin, A., & Novianti, D. E. (2023). Pengaruh pergaulan kelompok teman sebaya dan iklim sekolah terhadap perilaku bullying di SMAN 1 Kedungadem. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (pp. 494–502).
Solberg, M. E., & Olweus, D. (2003). Prevalence estimation of school bullying with the Olweus Bully/Victim Questionnaire. Aggressive Behavior, 29(3), 239–268. https://doi.org/10.1002/ab.10047
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Utami, B. P. (2021). Pengaruh kelekatan orangtua-anak dan iklim sekolah terhadap subjective well-being pada siswa SMA. Universitas Muhammadiyah Malang.
Waliyanti, E., Kamilah, F., & Fitriansyah, R. R. (2018). Fenomena perilaku bullying pada remaja di Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia, 2(1), 50–64.
Zakiyah, E. Z., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Faktor yang mempengaruhi remaja dalam melakukan bullying. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 4(2).