Analisis Semiotika Pesan Dakwah Dalam Film Titip Surat Untuk Tuhan
DOI:
https://doi.org/10.47134/diksima.v2i2.178Keywords:
Pesan Dakwah, Semiotika, Titip Surat Untuk TuhanAbstract
Film ini bertujuan untuk menganalisis pesan dakwah dalam Film “Titip Surat Untuk Tuhan”. Film ini mengangkat tema tentang perjuangan sebuah keluarga dan keikhlasan untuk mensyukuri nikmat Allah yang banyak mengandung pesan dakwah yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan analisis semiotika berdasarkan teori Roland Barthes, yang terdiri dari makna konotasi, denotasi, dan mitos. Hasil penelitian menunjukan bahwa film ini menyampaikan beberapa pesan dakwah utama, seperti keutamaan menuntut ilmu, mensyukuri segala ketetapan Allah, sholat, dan larangan menerima suap. Analisis ini diharapkan dapat memberikan pemahaman lebih mendalam mengenai pentingnya pesan dakwah dalam karya sinematik, khususnya dalam konteks hubungan sosial dan keluarga.
References
Ahmad Rijali, “Analisis Data Kualitatif”, Jurnal UIN Antasari Banjarmasin, Vol.17, No.33.
Amir Wahyudiyanto, “Pesan Dakwah Pada Web Series Ramadhan Halal 2016 Karya Muhammad Amirul Ummami Episode 1-4 Di Akun Youtube Dalam Analisis Semiotika Roland Barthes”, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung 2017.
Asep Muhyiddin dan Agus Ahmad Safei, Metode Pengembangan Dakwah, Bandung: CV. Pustaka Setia, 2017.
Basith, Wacana Dakwah Kontemporer Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006.
Burhan Bungin, Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi, ekonomi, kebijakan publik serta ilmu-ilmu sosial lainnya, Jakarta: Kencana, 2015.
Fitriani Wulandari, Pesan Dakwah Dalam Novel Hanif karya Reza Nufa (Analisis Wacana Teun A. Van Dijk) Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, 2017.
Hasjmi, dalam Moch. Fakhruroji, Dakwah di Era Media Baru, Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2017.
Hizam Syamandar, “Pesan Dakwah Tentang Birr Al-Walidain Dalam Film Ada Surga di Rumahmu “Analisis Semiotika Roland Barthes”, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang: 2019.
Iqbal Maulana Yusuf. “Kajian Semiotika Roland Barthes Tentang Pesan Dakwah Dalam Film Animasi Omar Dan Hana”, Institut Agama Islam Salatiga, 2020.
Ismayani, Pesan Dakwah dalam Film “Aku Kau dan KUA”. Skripsi Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Alaudin Makassar 2017.
Lathifah Istiqomah, “Analisis Pesan Dakwah Dalam Film Duka Sedalam Cinta” Bengkulu: IAIN Bengkulu 2019.
Littlejohn, dalam Alex Sobur, Semiotika Komunikasi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2003.
Moh Ali Aziz, Ilmu Dakwah Edisi Revisi, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2004.
Muhajirin dan Maya Panorama, Pendekatan Praktis Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, (Yogyakarta: IdeaPress Yogyakarta, 2016).
Muhammad Qadaruddin Abdullah, Pengantar Ilmu Dakwah, Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media 2019.
Nawiroh Vera, Semiotika dalam Riset Komunikasi, Bogor, Ghalia Indonesia, 2014.
Nurfitria Munawaroh, “Analisis Semiotika Pesan Dakwah Dalam Film Cahaya Cinta Pesantren”, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, IAIN Ponorogo: 2018.
Onong Uchyana Efendi, Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2017.
Prihananto, “Hermeumetika Gadamer Sebagai Teknik Analisis Pesan Dakwah” Jurnal Komunikasi Islam, Vol. 04, No. 1, 2014.
Rahmatul Hijrati, Kosep Ta’awun Menurut Al-Qur’an dan Pengembangannya dalam Konseling Islam UIN AR-RANIRY 2020.
Ropingi el Ishaq, Pengantar Ilmu Dakwah Malang: Madani, 2016.
Roland Barthes, dalam Yunita Dwi Putri, “Pesan Dakwah dalam Film Sang Kiai”. Skripsi Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, IAIN Bengkulu, 2017.
Samsul Munir Amin, Ilmu Dakwah, Jakarta: 2009.
Sandi Suyoto dan M. Ali Sodik, Dasar Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015.
Siti Nurhaliza, “Hadits Hadits Tentang Hukum Dakwah”, Banten: UIN Sultan Maulana Hanuddin, 2020.
Sri Wahyuningsih, Film & Dakwah Memahami representasi pesan-pesan dakwah dalam film melalui analisis semiotik Surabaya: Media Sahabat Cendekia, 2019.
Sri Wahyuningsih, Film & Dakwah Memahami Representasi Pesan-Pesan Dakwah dalam Film Melalui Analisis Semiotik Surabaya: Media Sahabat Cendekia, 2019.
Sugeng Pujileksono, Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif, (Malang: Instrans Publishing, 2016).
Sugiono, Memahami Penelitian Kualitatif Bandung: Alfabeta 2013.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2019).
Tia Nurjanah, “Tafsir Al-Azhar dalam QS. Ibrahim :7”, Padang: UIN Imam Bonjol, 2023.
Titien Diah Soelistyarini, “Pedoman Penyusunan Tinjauan Pustaka Dalam Penelitian dan Penulisan Ilmiah”, Jurnal Penelitian.
Wachid, Abdul. “Makna Syukur dalam QS. Ibrahim:7”, Surabaya: IAIN Sunan Ampel, 2006.
Zihni Ainul Haq, “Pesan Dakwah Dalam Media Youtube: Nussa Official-Rara: Cinta Mereka (Analisis Semiotika Roland Barthes)”, Institut Agama Islam Ponorogo: 2020.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Hasyim Syafei, Achmad Syarifudin, Selvia Assoburu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.