Menguak Representasi Budaya Indonesia dalam Iklan Bodrex 2022

Authors

  • Risdan Dwiki Habibi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Didik Hariyanto Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/diksima.v1i2.35

Keywords:

Budaya Indonesia, Bodrex 2022, Iklan, Analisis Semiotik, Representasi Budaya

Abstract

Penelitian ini mengkaji representasi budaya Indonesia dalam iklan Bodrex 2022 melalui analisis semiotik, dengan tujuan untuk mengungkap bagaimana simbol-simbol budaya, bahasa, dan tema naratif digunakan untuk membangun makna dalam iklan tersebut. Dengan menganalisis elemen semiotik yang digunakan, termasuk gambar, kata-kata, dan musik, penelitian ini memberikan wawasan tentang strategi yang digunakan untuk menggambarkan budaya Indonesia dalam konteks komersial. Temuan ini berkontribusi pada pemahaman yang lebih dalam tentang dampak sosial dari periklanan dan pembentukan identitas budaya di masyarakat yang beragam seperti Indonesia.

References

Aeni, N. (2018). Upacara adat dalam perawatan maternal di Desa Jrahi dan Desa Pakem. Jurnal Litbang Media Informasi Penelitian, Pengembangan dan IPTEK, 11(1), 56–64. DOI: https://doi.org/10.33658/jl.v11i1.61

Alif, N., Mafthukhatul, L., & Ahmala, M. (2020). Akulturasi Budaya Jawa Dan Islam Melalui Dakwah Sunan Kalijaga. Al’Adalah. https://aladalah.uinkhas.ac.id/index.php/aladalah/article/view/32 DOI: https://doi.org/10.35719/aladalah.v23i2.32

Ambar, L. (2013). Iklan yang efektif sebagai strategi komunikasi pemasaran. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 13(2), 116–129.

Aprilia, D. R. (2002). Iklan dan Budaya Popular : Pembentukan Identitas Ideologis Kecantikan Perempuan oleh Iklan ( Analisis Semiotika Iklan Cetak WRP Body Shape & Prolene ). 41–65.

Arifai, A. (2019). Akulturasi Islam Dan Budaya Lokal. As-Shuffah. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/As-Shuffah/article/view/4855

Aslan, A., Setiawan, A., & Hifza, H. (2019). Peran Pendidikan dalam Merubah Karakter Masyarakat Dampak Akulturasi Budaya di Temajuk. Fenomena. https://www.researchgate.net/profile/Agus-Setiawan- DOI: https://doi.org/10.21093/fj.v11i1.1713

/publication/341817861_PERAN_PENDIDIKAN_DALAM_MERUBAH_KARAKTER_MASYARAKAT_DAMPAK_AKULTURASI_BUDAYA_DI_TEMAJUK/links/5ed5d642299bf1c67d328096/PERAN-PENDIDIKAN-DALAM-MERUBAH-KARAKTER-MASYARAKAT-DAMPAK-AKULTURASI-BUDAYA-DI-TEMAJUK.pdf

Bone, U. M. (2019). SEMIOTIK. January. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.21963.41767

Didik Hariyanto, & Ferry Adhi Dharma. (n.d.). Buku Ajaran Komunikasi Lintas Budaya.

Fadhila, M. E. N., Samawi, A., & Astuti, W. (2023). Akulturasi Budaya Asuh Orang Tua Lokal dan Pendatang. Jurnal Obsesi: Jurnal …. https://mail.obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/4595 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.4595

Fadillah, N., & Sounvada, S. N. (2020). Analisis semiotika iklan Wardah cerita 'Kita Tak Sendiri' episode 4. Visioner Heritage Journal of Art and Culture Creation, 2(03), 201–214. DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v2i03.855

Fathoni, K., Hasim, J. A. N., & Fathony, M. Z. (2015). Pengenalan pakaian adat Indonesia menggunakan teknologi Kinect. SCAN - Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 10(2), 7–14.

Gora, R. (2016). Representasi perempuan dalam iklan televisi (studi analisis semiotika iklan Beng Beng versi 'Great Date'). Jurnal Semiotika, 10(Juni), 151–179.

Handoyo, H. (2018). Pengaruh Pengalaman, Kepercayaan, Citra Terhadap Loyalitas Merek Dan Dampaknya Terhadap Sikap Konsumen Pada Perluasan Merek Obat Flu Dan Batuk. JEBI | Jurnal Ekonomi Bisnis Indonesia, 13(1), 12–24. https://doi.org/10.36310/jebi.v13i1.92 DOI: https://doi.org/10.36310/jebi.v13i1.92

Hariyanto, D., & Dharma, F. A. (2015). Buku ajaran komunikasi lintas budaya. Gramedia.

Harli Brata Wardhana, & Hariyanto, D. (n.d.). Identitas suatu kebudayaan dapat dilihat dari bentuk interaksi sosial maupun hal yang berupa fisik, misalnya pakaian, arsitektur / bentuk bangunan, alat bantu kehidupan, dan lain-lain.

Islam, U., Maulana, N., & Ibrahim, M. (2022). Sakit kepala Fayola Issalillah, Rafadi Khan Khayru pendahuluan. Jurnal, 2(1), 33–42.

Lukitaningsih Ambar. (2013a). IKLAN YANG EFEKTIF SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN Ambar Lukitaningsih Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 13(2), 116–129.

Maharsi, S. (2000). Pengaruh perkembangan teknologi informasi terhadap bidang akuntansi manajemen. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 2(2), 127–137.

Muslifah, S. (2013). Akulturasi Budaya Timur Tengah Ke Indonesia Dan Pengaruhnya Dalam Kesusastraan (Studi Kasus Pada Serat Centhini). Center of Middle Eastern Studies (CMES). https://jurnal.uns.ac.id/cmes/article/download/11696/10350

Nahak, H. M. (2019). Upaya melestarikan budaya Indonesia di era globalisasi. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(1), 65–76. DOI: https://doi.org/10.33369/jsn.5.1.65-76

Nuralia, L., & Imadudin, I. (2017). Pengaruh Akulturasi Budaya Terhadap Dualisme Sistem Ekonomi Masyarakat Kampung Tua di Kecamatan Abung Timur, Kabupaten Lampung Utara. Patanjala. https://www.neliti.com/publications/291757/pengaruh-akulturasi-budaya-terhadap-dualisme-sistem-ekonomi-masyarakat-kampung-t DOI: https://doi.org/10.30959/patanjala.v9i1.347

Nurcahyawati, E., Syahid, S., & ... (2022). Transformasi Budaya Lokal Tradisi Ngarak Barong terhadap Akulturasi Budaya Modern pada Masyarakat Kampung Legok Bekasi. Journal of Academia …. https://scholar.archive.org/work/xcizal2 DOI: https://doi.org/10.30998/jap.v2i1.933

jj5fejcvkqe4suy5owq/access/wayback/https://journal.unindra.ac.id/index.php/jap/article/download/933/pdf

Pratiwi, A. (2018). Representasi citra politik Harry Tanoesoedibjo (studi semiotika Roland Barthes dalam video Mars Partai Perindo). Profetik Jurnal Komunikasi, 11(2), 17. DOI: https://doi.org/10.14421/pjk.v11i2.1426

Sumbulah, U. (2012). Islam Jawa dan akulturasi budaya: karakteristik, variasi dan ketaatan ekspresif. El-Harakah. http://repository.uin-malang.ac.id/id/eprint/593 DOI: https://doi.org/10.18860/el.v0i0.2191

Suwangsih, E. (2016). Penelitian Relevan_Misel dan Erna. Jurnal, 10(2), 27–36. DOI: https://doi.org/10.15578/jppi.10.2.2004.27-40

Wardhana, H. B., & Hariyanto, D. (2012). Identitas budaya nasional pada game Nusantara Online. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 1–14. DOI: https://doi.org/10.21070/kanal.v1i1.324

Wijaya, B. S. S., et al. (2021). Menarasikan pencak silat pada iklan Marjan 2011 dan 2018 dari perspektif Chatman. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2), 130–140. DOI: https://doi.org/10.14710/interaksi.9.2.130-140

Yulita, O., Anwar, K., Putra, D., Isa, M., & ... (2021). Akulturasi Budaya Pernikahan Minangkabau dengan Transmigrasi Jawa di Kabupaten Solok Selatan Sumatera Barat. … , Sosial, Dan Budaya. https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/333 DOI: https://doi.org/10.32884/ideas.v7i2.333

Yuliyanti, F. D. (2017). Representasi maskulinitas dalam iklan televisi Pond's Men. Jurnal Komunikasi, 9(1), 16–30. DOI: https://doi.org/10.24912/jk.v9i1.180

Downloads

Published

2024-06-12

How to Cite

Habibi, R. D., & Hariyanto, D. (2024). Menguak Representasi Budaya Indonesia dalam Iklan Bodrex 2022. Indonesian Culture and Religion Issues, 1(2), 15. https://doi.org/10.47134/diksima.v1i2.35

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.