Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Literasi Budaya Pada Siswa SMP

Authors

  • Moch Dheandra Al Reyva Universitas Negeri Medan
  • Agnes Berliana Hutagaol Universitas Negeri Medan
  • Dinda Humaira Tampubolon Universitas Negeri Medan
  • Jelita Novrianti Sinaga Universitas Negeri Medan
  • Abdinur Batubara Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.47134/diksima.v1i2.9

Keywords:

Literasi, Budaya, Teknologi, Faktor, Analisis materi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi literasi budaya pada siswa di SMP Swasta 2 Free Methodist Medan. Studi ini mengeksplorasi hubungan antara literasi budaya dan faktor-faktor seperti lingkungan pendidikan dan penggunaan media sosial. Metodologi yang digunakan survei terhadap 30 siswa, serta wawancara dengan seorang guru. Temuan menunjukkan bahwa lingkungan pendidikan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap literasi budaya, sedangkan penggunaan media sosial mempunyai pengaruh yang moderat. Studi menunjukkan bahwa literasi budaya dapat ditingkatkan melalui peningkatan lingkungan pendidikan yang beragam budaya. Hasil penelitian diharapkan dapat berkontribusi pada pengembangan strategi efektif untuk meningkatkan literasi budaya di kalangan siswa, yang pada akhirnya menumbuhkan masyarakat yang lebih inklusif dan sadar budaya.

References

Astuti, R., Tanjung, H., & Putri, L. P. (2019). The effect of financial literation on online shopping interest in millennials. International Journal of Accounting & Finance in Asia Pacific (IJAFAP), 2(3), 41–45. https://doi.org/10.32535/ijafap.v2i3.582 DOI: https://doi.org/10.32535/ijafap.v2i3.588

Budiman, S. (1997). Pengaruh faktor kebudayaan terhadap keputusan pembelian oleh konsumen. Bina Ekonomi, 36–42.

Desmaryani, S. (2019). Wirausaha dan daya saing (C. M. Sartono, Ed.; Pertama). Deepublish.

Dhewanto, W., R, V. N. R., Yunita, F., Azzahra, S., & Adrian, D. (2019). Internasional UKM usaha kecil dan mikro menuju pasar global (A. A. Christian, Ed.). Andi Offset.

Sugiarto, E. C. (2021). Kewirausahaan UMKM dan pertumbuhan ekonomi.

https://www.setneg.go.id/baca/index/kewirausahaan_umkm_dan_pertumbuhan_ekonomi

Farisi, S., Kalsum, U., & Hadinata, M. N. (2021). Peran mediasi organizational citizenship dalam mediasi pengaruh budaya organisasi dan komitmen organisasi terhadap kinerja. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 2, 631–647. https://doi.org/10.30596/snk.v2i1.8349

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM (7th ed.). Universitas Diponegoro.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of marketing. Pearson.

Kridani, M. S. (2020). Pengaruh persepsi konsumen dan motivasi konsumen terhadap pengambilan keputusan untuk bergabung sebagai anggota dalam bisnis multi-level marketing. Psikoborneo, 8(2), 289–296. DOI: https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i2.4913

Mustakim, Efendi, R., & Sofiany, I. R. (2021). Pola konsumsi pangan penduduk usia produktif pada masa pandemi Covid-19. Ikesma: Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 7(1), 1–12. DOI: https://doi.org/10.19184/ikesma.v0i0.27203

Novitasari, F. (2018). Pengaruh pengetahuan konsumen dan perilaku konsumen dalam pemilihan produk pembiayaan Baitul Maal Wat Tamwil Sahara Kauman Tulungagung. UIN Satu Tulungagung.

Rahmawati, H. (2019). Faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan. Universitas Negeri Padang. DOI: https://doi.org/10.31227/osf.io/h6k8x

Rohmah, A. (2020). Pandemi Covid-19 dan dampaknya terhadap perilaku konsumen di Indonesia. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1373–1378.

Romadhoni, W. (2020). Pentingnya pola makan bergizi dan seimbang di era pandemi Covid-19. 1, 2–6.

Antoro, B. (2017). Gerakan literasi sekolah: Dari pucuk hingga akar: Sebuah refleksi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Danang, S. (2012). Teori, kuesioner, dan analisis data sumber daya manusia (praktik penelitian). Yogyakarta: CAPS.

Dewayani, S., & Retnaningdyah, P. (2017). Suara dari marjin: Literasi sebagai praktik sosial. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ernawati, E. (2018). Reading day (one book one person): Gerakan literasi sekolah sebagai perwujudan budaya baca di sekolah sukma bangsa Lhokseumawe. UNILIB: Jurnal Perpustakaan, 9(1). https://doi.org/10.20885/unilib.vol9.iss1.art2 DOI: https://doi.org/10.20885/unilib.vol9.iss1.art2

Hadiansyah, F., Djumala, et al. (2017). Literasi budaya dan kewargaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Sekretariat TIM GLN Kemendikbud.

Hirsch, E. D. (2016). Why knowledge matters: Rescuing our children from failed educational theories. Harvard Education Press.

Iswanto, A. (2019). Praktik literasi mahasiswa Universitas Islam Negeri: Tantangan dan peluang literasi di era digital. Jakarta Pusat: Litbangdiklat Press.

Kartikasari, E. (2022). Faktor pendukung dan faktor penghambat gerakan literasi sekolah. Jurnal Basicedu, 6(5), 8879–8885. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3959 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2495

Prensky, M. (2015). Education to better their world: Unleashing the power of 21st-century kids. Teachers College Press.

Ramandanu, F. (2019). Gerakan literasi sekolah (GLS) melalui pemanfaatan sudut baca kelas sebagai sarana alternatif penumbuhan minat baca siswa. Mimbar Ilmu, 24(1), 10. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17405 DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17405

Rizka, I., Ghufron, S., Hidayat, M. T., & Rahayu, D. W. (2020). Gerakan literasi sekolah: Pelaksanaan, hambatan, dan solusi (studi kasus di SD Ghufron Faqih Surabaya). UNUSA Repository, 9(2), 105–117. http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8222

Sugiyono. (2009). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widodo, A. (2020). Implementasi program gerakan literasi sekolah di sekolah menengah pertama (SMP). Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1), 11–21. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v16i01.496 DOI: https://doi.org/10.32939/tarbawi.v16i01.496

Widoyoko, E. P. (2016). Teknik-teknik penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wiedarti, P. (2016). Desain induk gerakan literasi sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Downloads

Published

2024-05-27

How to Cite

Al Reyva, M. D., Hutagaol, A. B., Tampubolon, D. H., Sinaga, J. N., & Batubara, A. (2024). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Literasi Budaya Pada Siswa SMP. Indonesian Culture and Religion Issues, 1(2), 8. https://doi.org/10.47134/diksima.v1i2.9

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)