Identifikasi Bentuk-Bentuk Perundungan Dan Tindakan Sekolah Dalam Penanganan Kasus Bullying Di Smp Negeri 14 Kota Medan
DOI:
https://doi.org/10.47134/diksima.v1i2.12Keywords:
Perundungan, Dampak Perundungan, Sekolah Menengah, Sekolah, GuruAbstract
Penelitian ini mengeksplorasi perundungan di SMP Negeri 14 Kota Medan, dengan fokus pada dampaknya terhadap kesejahteraan dan prestasi akademik siswa. Dengan pendekatan gabungan kuantitatif dan kualitatif, penelitian ini mencoba mengidentifikasi pola perundungan yang paling umum dialami siswa serta mengungkap efektivitas program anti-bullying yang ada. Hasilnya menunjukkan bahwa perundungan, dalam berbagai bentuknya, masih menjadi masalah yang meresahkan di lingkungan sekolah tersebut, meskipun upaya telah dilakukan untuk mengatasi masalah ini. Solusi-solusi yang diusulkan, seperti peningkatan kesadaran, pelatihan untuk staf sekolah, peran orang tua yang lebih aktif, dan pendekatan holistik dalam penanganan kasus perundungan, menyoroti pentingnya kolaborasi antara berbagai pihak terkait untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, inklusif, dan mendukung bagi semua siswa. Dengan demikian, penelitian ini tidak hanya memberikan pemahaman yang lebih baik tentang fenomena perundungan di lingkungan pendidikan, tetapi juga menekankan urgensi perlunya tindakan terpadu dan berkelanjutan dalam mengatasi masalah ini demi kesejahteraan dan keberhasilan siswa di SMP Negeri 14 Kota Medan.
References
Afriani. (2023). Dampak bullying verbal terhadap perilaku siswa di SMA Negeri 3 Payakumbuh. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 1(1), 72–82. https://doi.org/10.59024/atmosfer.v1i1.34 DOI: https://doi.org/10.59024/atmosfer.v1i1.34
Agustin, L. (2022). Model intervensi psikologi Islam konseling kelompok Tazkiyatun Nafsi: Salah satu bentuk upaya dalam menangani siswa korban bullying.
Alwi, M. (2019). Alim | Journal of Islamic Education. Alim Journal of Islamic, 1(2), 389–400. DOI: https://doi.org/10.51275/alim.v1i2.147
Amanda, G. (2021). Stop bullying: A-Z problem bullying dan solusinya (2nd ed.). Cemerlang Publishing.
Andriani, K. W. (2018). Pengaruh nilai pelanggan dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Singaraja. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 54–69. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v4i1.15565 DOI: https://doi.org/10.23887/ekuitas.v4i1.15565
Anggraeni, D., & Rahmi, A. (2022). Pandangan orang tua anak usia dini terhadap bullying atau perundungan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 16808–16814.
Dewantari, S. M., Humairah, H., & Kharisma, A. I. (2023). Analisis penyebab tindakan bullying dengan pendidikan karakter cinta damai di sekolah dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 723–728. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.700 DOI: https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.700
Gainau, M. B., Malatuny, Y. G., Elwarin, L. N., & Agama, S. T. (2021). Ancaman bullying: Noktah hitam pendidikan karakter. In Civics Education and Social Science Journal (CESSJ) (Vol. 3). DOI: https://doi.org/10.32585/cessj.v3i1.1424
Hidayat, A. (2021). Kekerasan terhadap anak dan perempuan. Al-Murabbi: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 8(1), 22–33. https://doi.org/10.53627/jam.v8i1.4260 DOI: https://doi.org/10.53627/jam.v8i1.4260
Jahriani, N. (2022). Penyuluhan kesehatan tentang bullying pada remaja di SMAS Taman Siswa Sukadamai tahun 2022. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), 4(3), 58-64. DOI: https://doi.org/10.51933/jpma.v4i3.930
Jumarnis, S. A., Anugerah, J. C., & Sinaga, Y. J. (2023). Strategi penanaman pendidikan karakter dalam meminimalisir bullying siswa sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1103–1117. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6398 DOI: https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6398
Kartini, Nasution, & Iqbal. (2024). Perilaku bullying dan peran sekolah dalam mengatasinya (Studi kasus di SDN 1 Ulu Lapao-Pao). Education, 06(02), 15359–15368. https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.5423
Marzuenda, M., Asmarika, A., Deprizon, D., Wismanto, W., & Syafitri, R. (2022). Strategi guru PAI dalam mengatasi perilaku bullying di MI Al-Barokah Pekanbaru. Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 324–338.
Maysarah, M., & Bengkel, B. (2023). Pentingnya edukasi bullying pada anak sejak dini di Panti Asuhan Ar-Rahman. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 3(1), 401–407. https://doi.org/10.58466/literasi.v3i1.862 DOI: https://doi.org/10.58466/literasi.v3i1.862
McCusker, K., & Gunaydin, S. (2015). Research using qualitative, quantitative or mixed methods and choice based on the research. Perfusion, 30(7), 537-542. DOI: https://doi.org/10.1177/0267659114559116
Muhamad, N. (2023). Kasus perundungan sekolah paling banyak terjadi di SD dan SMP hingga Agustus 2023. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/08/07/kasus-perundungan-sekolah-paling-banyak-terjadi-di-sd-dan-smp-hingga-agustus-2023
Narimawati, U. (2008). Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif: Teori dan aplikasi. Agung Media.
Pratiwi, N. I. (2017). Penggunaan media video call dalam teknologi komunikasi. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 1(2), 202-224.
ProjectClue Web Team. (n.d.). The effect of bullying on academic performance of students in selected secondary schools. Undergraduate Project Topics, Research Works and Materials.
Puspananda, D. R. (2022). Studi literatur: Komik sebagai media pembelajaran yang efektif. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 9(1). http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE
Rachmaniah, D. (2012). Pengaruh psikoedukasi terhadap kecemasan dan koping orang tua dalam merawat anak dengan thalasemia mayor di RSU Kabupaten Tangerang Banten. In Program Studi Magister Keperawatan, Universitas Indonesia.
Ramadhani, N., Dewi, A., & Furnamasari, Y. F. (2022). Meningkatkan nasionalisme dalam karakter pendidikan kepramukaan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 646-651. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2534
Ramadhanti, R., & Hidayat, M. T. (2022). Strategi guru dalam mengatasi perilaku bullying siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4566–4573. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2892 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2892
Rosmana, P. S., Iskandar, S., Khairunnisa, S. A., Azhar, M. N., Nur, A., Qomariyah, A., & Pendidikan Guru, P. D. (2022). Pengaruh nilai pendidikan karakter pada K13 dalam mengatasi perilaku bullying siswa. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 5(1), 13–20. https://doi.org/10.31764 DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v5i1.8240
Saraswati, R., & Hadiyono, V. (2020). Pencegahan perundungan/bullying di institusi pendidikan: Pendekatan norma hukum dan perubahan perilaku. Jurnal Hukum Politik Dan Kekuasaan, 1(1), 2. DOI: https://doi.org/10.24167/jhpk.v1i1.2670
Siahaya, S. K. V., Muaja, H. S., & Ngantung, C. M. (2021). Penegakan hukum terhadap pelaku penindasan atau bullying di sekolah. Lex Crimen, 10(3), 236.
Simbolon, M. E., Nurhasanah, A., & Putri, A. D. (2024). Edukasi pencegahan perundungan bagi siswa SDN 1 Citangtu, Kabupaten Kuningan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(12), 3609-3614. DOI: https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i12.756
Thea, A., & Bram, M. Pola asuh dan bullying. Guepedia.
Wuryandani, W. (2018). Implementasi pemenuhan hak anak melalui sekolah ramah anak. Jurnal Pendidikan, 15(1), 86–94. DOI: https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.19789
Yosada, K. R. (2019). Menciptakan sekolah ramah anak. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 145–154. DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v5i2.480