Dukungan Teman Sebaya dan Prokrastinasi Akademik pada Siswa Kelas XI Antartika 2
DOI:
https://doi.org/10.47134/islamicpsychology.v1i1.61Keywords:
Prokrastinasi akademik, Dukungan sosial teman sebaya, Siswa sekolah menengah, Studi korelasional, Skala LikertAbstract
Penelitian ini membahas masalah prokrastinasi akademik yang lazim terjadi di kalangan siswa sekolah menengah atas, khususnya berfokus pada siswa kelas XI di SMK Antartika 2 Sidoarjo. Menyadari dampak prokrastinasi yang merugikan terhadap prestasi akademik, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dan prokrastinasi akademik. Dengan menggunakan pendekatan korelasional kuantitatif, data dikumpulkan dari 260 siswa dengan menggunakan Simple Random Sampling. Dukungan sosial teman sebaya dan prokrastinasi akademik dinilai dengan menggunakan model skala Likert. Hasil analisis menunjukkan adanya korelasi negatif yang signifikan (r = -0,276, p <0,05) antara dukungan sosial teman sebaya dan penundaan akademis, yang menunjukkan bahwa tingkat dukungan teman sebaya yang lebih tinggi berhubungan dengan tingkat penundaan yang lebih rendah dan sebaliknya. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya membina jaringan dukungan teman sebaya untuk mengurangi penundaan akademis di kalangan siswa sekolah menengah, sehingga mendorong kesuksesan dan kesejahteraan akademis.
References
Cinthia, R. R., & Kustanti, E. R. (2017). Hubungan Antara Konformitas dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa. Universitas Diponegoro.
Clara, C., Dariyo, A., & Basaria, D. (2017). Peran Self-Efficacy dan Self-Control terhadap Prokrastinasi Akademik pada Siswa SMA (Studi pada Siswa SMA X Tangerang). Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 1(2), 159-169. DOI: https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i2.802
Firmansyach, M. E. B., Kusdaryani, W., & Lestari, F. W. (2023). Hubungan Antara Kontrol Diri dan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 14 Kota Semarang. Jurnal Educatio, 5(4), 12738-12751. DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2262
Grandis, C. (2019). Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Agresivitas pada Remaja. Universitas 17 Agustus 1945.
Ilyas, M., & Suryadi, S. (2018). Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa di SMA Islam Terpadu (IT) Boarding School Abu Bakar Yogyakarta. An-Nida’, 41(1), 71-82.
Krisnadhi, M. A. D., & Susilawati, L. (2019). Peran Konformitas Teman Sebaya dan Dukungan Sosial Orangtua terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Program Studi Sarjana Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 6(3), 183-194. DOI: https://doi.org/10.24843/JPU.2019.v06.i02.p04
Kristy, D. Z. (2019). Manajemen Waktu, Dukungan Sosial, dan Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI SMA. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 8(1), 49-54. DOI: https://doi.org/10.15294/ijgc.v8i1.27736
Mariyati, L. I., & Prihatiningrum, A. E. (2019). Dukungan Sosial dan Perilaku Sehat Guru Inisiator Sekolah Adiwiyata. Jurnal Pesut: Pengabdian untuk Kesejahteraan Umat, 1(2), 93-107.
Martiana, L., Batubara, A., Ginting, S. U. B., & Dina, R. (2022). Pengaruh Teman Sebaya terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa SMK Swasta Tunas Pelita Binjai. Jurnal Serunai: Bimbingan dan Konseling, 11(1), 25-32. DOI: https://doi.org/10.37755/jsbk.v11i1.545
Mediastuti, R., & Nurhadianti, R. D. D. (2022). Hubungan Manajemen Waktu dan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa Kelas XII SMAN 4 Bekasi. IKRA-ITH Humaniora: Jurnal Sosial dan Humaniora, 6(2), 31-39.
Nafeesa, N. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Siswa yang Menjadi Anggota Organisasi Siswa Intra Sekolah. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 4(1), 53-67. DOI: https://doi.org/10.24114/antro.v4i1.9884
Neidi, A. W. (2019). Hubungan antara Intensitas Penggunaan Media Sosial dan Prokrastinasi Akademik dalam Menyelesaikan Skripsi pada Mahasiswa. Acta Psychologica, 1(2), 97-105. DOI: https://doi.org/10.21831/ap.v1i2.43142
Prihandrijani, E. (2016). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Dukungan Sosial terhadap Flow Akademik pada Siswa SMA ‘X’ di Surabaya. Universitas Airlangga.
Putri, E. L. (2021). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Prokrastinasi Akademik Siswa di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya. Universitas Islam Negeri AR-RANIRY. DOI: https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i3.398
Putri, H. I. S., & Affandi, G. R. (2022). Efikasi Diri dan Prokrastinasi Akademik Saat Perkuliahan Daring pada Mahasiswa Organisatoris Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah. Bandung Conference Series: Psychology Science, 2(3), 819-827. DOI: https://doi.org/10.29313/bcsps.v2i3.4882
Reza, I. F. (2015). Hubungan antara Motivasi Akademik dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa. Humanitas: Jurnal Psikologi Indonesia, 12(1), 39-44. DOI: https://doi.org/10.26555/humanitas.v12i1.3827
Rif’ati, M. I., & et al. (2018). Konsep Dukungan Sosial. Jurnal Penelitian Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Surabaya.
Rufaida, H., & Kustanti, E. R. (2018). The Correlation between Peer Social Support and Adjustment to Overseas Students from Sumatra at the University of Diponegoro. Jurnal Empati, 6(3), 217-222.
Safiany, A., & Maryatmi, A. S. (2018). Hubungan Self-Efficacy dan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Stres Akademik pada Siswa-Siswi Kelas XI di SMA Negeri 4 Jakarta Pusat. IKRA-ITH Humaniora: Jurnal Sosial dan Humaniora, 2(3), 87-95. DOI: https://doi.org/10.36805/psikologi.v4i2.743
Santika, W. S., & Sawitri, D. R. (2016). Self-Regulated Learning dan Prokrastinasi Akademik pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Purwokerto. Jurnal Empati, 5(1), 44-49. DOI: https://doi.org/10.14710/empati.2016.14946
Setyobudi, N. P. (2022). Hubungan Antara Sense of Community dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Suhadianto, S., & Pratitis, N. (2020). Eksplorasi Faktor Penyebab, Dampak dan Strategi untuk Penanganan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 10(2), 204-223. DOI: https://doi.org/10.24036/rapun.v10i2.106672
Syifa, F., Santoso, D. B., & Hambali, I. M. (2021). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Resiliensi Pada Peserta Didik Kelas XI di SMK Negeri 1 Glagah Banyuwangi. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 1(5), 346-355. DOI: https://doi.org/10.17977/um065v1i52021p346-355
Tanaya, D. M. (2017). Hubungan Smartphone Addiction dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa/Siswi Pengguna Smartphone di SMA N 105 Jakarta. Program Studi Psikologi FPSI-UKSW.
Wahyuni, N. S. (2016). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Kemampuan Bersosialisasi pada Siswa SMK Negeri 3 Medan. Jurnal Diversitas, 2(2).
Wiyarti, H. A., & Setyawan, I. (2018). Hubungan antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Prokrastinasi Menghafal Al-Qur’an pada Santri di Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Surakarta. Jurnal Empati, 6(4), 33-36. DOI: https://doi.org/10.14710/empati.2017.19985
Yesiana, P. (2020). Hubungan Antara Regulasi Emosi dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa yang Bekerja. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.