Intensitas Penggunaan Gadget dan Minat Belajar di SMP Negeri 36 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.47134/islamicpsychology.v1i2.76Keywords:
Penggunaan gadget, Minat belajar, Remaja, Korelasi, Psikologi pendidikanAbstract
Penelitian ini menyelidiki hubungan antara intensitas penggunaan gawai dan minat belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 36 Surabaya, yang dilatarbelakangi oleh isu rendahnya minat belajar di kalangan remaja. Dengan menggunakan pendekatan korelasional kuantitatif, data dikumpulkan dari 243 siswa dengan menggunakan stratified proportionate random sampling. Penelitian ini menggunakan skala psikologis untuk mengukur intensitas penggunaan gadget dan minat belajar, yang dianalisis melalui metode korelasi product moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi positif yang signifikan (r = 0.381, p = 0.01) antara intensitas penggunaan gadget dan minat belajar di antara para siswa. Hal ini menunjukkan bahwa intensitas penggunaan gadget yang lebih tinggi dikaitkan dengan peningkatan minat belajar. Implikasi dari temuan ini menggarisbawahi pentingnya mempertimbangkan kebiasaan penggunaan gadget dalam memahami dan menangani motivasi belajar siswa di era digital.
References
Abadiah, S., Nashruddin, N., & Taufik, T. (2022). Hubungan penerapan kedisiplinan dengan penumbuhan minat belajar peserta didik di UPTD SMP Negeri 27 Barru. Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 2(2), 73-81.
Al Musyahadah, N. A., Nurafriani., & Uchira. (2022). Hubungan penggunaan gadget dengan minat belajar anak di masa pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Penelitian Keperawatan, 1(6), 750-755. doi: https://doi.org/10.35892/jimpk.v1i6.716
Dwianti, V., & Arikunto, S. (2020). Hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar pada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Kutasari di Purbalingga. Available: https://eprints.uad.ac.id/21247/
Fatonah, S. M., Purnami, A. S., & Agustito, D. (2016). Hubungan antara minat belajar dan lingkungan belajar dengan prestasi belajar matematika. Union Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(3), 225-229. doi: 10.30738/.v4i3.433
Fitria, I. (2019). Hubungan antara intensitas penggunaan gadget dengan prestasi belajar peserta didik MAN 1 Bengkalis. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Available: https://repository.uin-suska.ac.id/25601/
Korompot, S., Rahim, M., & Pakaya, R. (2020). Persepsi peserta didik tentang faktor yang mempengaruhi minat belajar. Jambura Guidance and Counseling Journal, 1(1), 40-48. doi: 10.37411/jgcj.v1i1.136
Laila, N., & Noervadila, I. (2018). Pengaruh penggunaan gadget dan lingkungan belajar terhadap minat belajar IPS peserta didik kelas VII semester genap di SMP Negeri 1 Kapongan Situbondo tahun pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 5(2), 99-106. Available: https://journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/PKWU/article/view/307
Lubis, A. R. H. A., & Suaidah. (2022). Hubungan gaya belajar dan motivasi belajar dengan minat belajar peserta didik di UPT SMP Negeri 1 Silahisabungan Kabupaten Dairi. Journal of Education, Humanities, and Social Sciences, 4(4), 2172-2180. doi: 10.34007/jehss.v4i4.1026
Musariffah, N. A. (2018). Hubungan penggunaan smartphone dengan minat belajar peserta didik SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo. eJournal Unesa, 6(3), 133-137. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jupe/article/view/25050
Muthi’ah, U. (2021). Pengaruh penggunaan gadget terhadap minat belajar peserta didik kelas atas di SD Islam Margolembo Kabupaten Luwu Timur. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Available: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/20169/
Ramli, M. R. F. (2023). Korelasi antara dukungan keluarga dengan minat belajar peserta didik MAN 3 Banda Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. Available: https://repositorio.ufsc.br/xmlui/bitstream/handle/123456789/167638/341506.pdf?sequence=1&isAllowed=y%0Ahttps://repositorio.ufsm.br/bitstream/handle/1/8314/LOEBLEIN%2C LUCINEIA CARLA.pdf?sequence=1&isAllowed=y%0Ahttps://antigo.mdr.gov.br/saneamento/proees
Reski, N. (2021). Tingkat minat belajar peserta didik kelas IX SMPN 11 Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2485-2490.
Setiawan Bakar, I. P. (2020). Pengaruh penggunaan gadget terhadap minat belajar peserta didik kelas V di SD Inpres Tamalanrea II Makassar. Algazali International Journal of Educational Research, 3(1), 39-46. doi: https://doi.org/10.59638/aijer.v3i1.143
Setioninggrum, F. (2019). Hubungan antara konsep diri dan gaya hidup dengan intensitas penggunaan gadget pada remaja. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Available: http://repository.radenintan.ac.id/7952/1/SKRIPSI
Siagian, E. (2022). Hubungan kecanduan game online dengan minat belajar anak usia sekolah di masa pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(4), 7593-7599. doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3090
Suriyanti, Y. (2021). Hubungan pembelajaran daring terhadap minat belajar peserta didik SMA. Journal of Education, 7(2), 477-481. doi: 10.31949/educatio.v7i2.1076
Ulfa, M., Sadif, R. S., & Hanu, L. (2019). Meningkatkan minat belajar peserta didik melalui layanan bimbingan kelompok teknik token economy. Jurnal Kajian Psikologi dan Konseling, 15(2), 504-517. Available: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/Konseling/article/view/16201/12653
Wahyuni, V., & Wenti. (2023). Analisis intensitas penggunaan gadget terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Tukak Sadai. Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 68-81. doi: https://doi.org/10.32923/tarbawy.v10i1.3560
Wasa, M. E., Sulistyo., & Afian, A. (2019). Pengaruh penggunaan gadget dan lingkungan teman sebaya terhadap minat belajar peserta didik kelas VII pada mata pelajaran IPS. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 4(2), 1-7. doi: 10.21067/jrpe.v4i2.3907
Wilda, Salwah, & Ekawati, S. (2017). Pengaruh kreativitas dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Pedagog Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 134-160.