Kelekatan dan Kecerdasan Emosional pada Siswa SMA Sebuah Studi

Authors

  • Arsa Firdausi Nabilah Program Studi Psikologi, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Widyastuti Program Studi Psikologi, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/islamicpsychology.v1i2.84

Keywords:

Kelekatan, Kecerdasan Emosional, Remaja, Studi Korelasi, Psikologi Pendidikan

Abstract

Penelitian ini menyelidiki hubungan antara kelekatan yang aman dan kecerdasan emosional di kalangan remaja yang bersekolah di sekolah menengah atas. Dengan menggunakan pendekatan korelasional kuantitatif, 275 siswa dari SMAN 3 Sidoarjo menjadi sampel penelitian. Skala Inventory of Parent and Peer Attachment (IPPA) menilai kelekatan yang aman (kelekatan ibu α = 0,946, kelekatan ayah α = 0,942), sedangkan kecerdasan emosional diukur menggunakan skala dengan α = 0,959. Analisis statistik menggunakan SPSS 22.0 menunjukkan adanya korelasi positif (r = 0.357, p <0.05) antara kelekatan yang aman dan kecerdasan emosional. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya kelekatan aman sejak dini dalam menumbuhkan kecerdasan emosional selama masa remaja, yang menunjukkan implikasi untuk intervensi psikologi pendidikan dan perkembangan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan emosional pada remaja.

References

Artha, I., & Supriyadi. (2013). Hubungan antara kecerdasan emosi dan self efficacy dalam pemecahan masalah penyesuaian diri remaja awal. Jurnal Psikologi Udayana, 1(1), 190–202.

Fitria, T. (2020). Pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VII SMPN 1 Sumber Jaya Lampung Barat. 167(1), 1–5.

Hermasanti, W. K. (2009). Hubungan antara pola kelekatan dengan kecerdasan emosi pada remaja siswa kelas XI SMA Negeri 1 Karanganyar (Skripsi). https://doi.org/10.1038/132817a0

Lestari, D. P., Sofah, R., & Putri, R. M. (2019). Tingkat kecerdasan emosi peserta didik kelas XI di SMA Negeri 15 Palembang. Jurnal Konseling Komprehensif Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling, 6(1), 11–20. https://doi.org/10.36706/jkk.v6i1.8498

Lubis, S. H., & Sahputra, D. (2021). Hubungan kecerdasan emosi dengan efikasi diri pada siswa: The relationship of emotional intelligence with self-efficacy. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 907–918. https://doi.org/10.30868/ei.v10i02.1737

Maryati, I. (2008). Hubungan antara kecerdasan emosi dan keyakinan diri (self-efficacy) dengan kreativitas siswa akselerasi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Available: http://eprints.ums.ac.id/3693/1/F100040097.pdf

Nadhila. (2018). Hubungan antara kelekatan orangtua pada anak dengan kecerdasan emosional remaja di SMA Kemala Bhayangkari 1 Medan (Skripsi).

Perwitasari, H. D. S. (2015). Hubungan antara kecerdasan emosional dan pengambilan keputusan pada penerbang TNI AU (Skripsi). 1–64.

Putri, A. (2016). Emosional remaja (Studi kasus di SMP Negeri Jakarta). [Online]. Available: http://repository.unj.ac.id/469/1/Artikel_Skripsi_pdf.pdf

Putri, D. O. D. T. (2018). Pengaruh kelekatan (attachment) orang tua terhadap kepercayaan diri pada remaja. 151(2), 10–17.

Rahayu, R. S., Astuti, I., Yusuf, A., & Emosi, M. (2018). Deskripsi kemampuan siswa mengelola emosi pada kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan. Portal Jurnal Ilmiah Universitas Tanjungpura, 1–10.

Rahmadani, S. (2017). Hubungan secure attachment dan kemandirian dengan motivasi berprestasi pada remaja. Universitas Medan Area Program Pascasarjana Magister Psikologi.

Rahmatunnisa, S. (2019). Kelekatan antara anak dan orang tua dengan kemampuan sosial. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 97–107.

Sari, M. Y. (2005). Kecerdasan emosional dan kecenderungan di lembaga pemasyarakatan. 20(2), 1005.

Sasmita Putri, T. (2022). Hubungan antara secure attachment dengan self-compassion pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. 8.5.2017, 2003–2005.

Tri Agustiningsih, T. (2020). Hubungan kecerdasan emosi dengan self efficacy pada remaja. 21(1), 1–9. [Online]. Available: http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Wahyunni, F., Dalifa, D., & Muktadir, A. (2017). Hubungan antara pendidikan dalam keluarga dengan sikap rasa hormat siswa kelas IV SD Negeri 03 Kota Pagar Alam. Jurnal PGSD, 10(2), 86–91. https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.86-91

Winarti, A., Cholilawati, C., & Istiany, A. (2014). Hubungan kelekatan orang tua dengan anak terhadap kecerdasan emosional remaja laki-laki di SMP. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan), 1(2), 14. https://doi.org/10.21009/jkkp.012.03

Windiarti, Y. W. S., & Ananda, S. (2021). Hubungan antara kelekatan orang tua dengan kecerdasan emosional pada remaja. 6.

Yuniar, D., & Darmawati, I. (2017). Kecerdasan emosional remaja. Jurnal Keperawatan Komprehensif, 3(1), 9–17.

Downloads

Published

2024-08-07

How to Cite

Nabilah, A. F., & Widyastuti, W. (2024). Kelekatan dan Kecerdasan Emosional pada Siswa SMA Sebuah Studi. Journal of Islamic Psychology, 1(2), 9. https://doi.org/10.47134/islamicpsychology.v1i2.84

Issue

Section

Articles