Hubungan Antara Konformitas dengan Perilaku Prososial pada Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.47134/islamicpsychology.v1i2.68Keywords:
konformitas, mahasiswa, perilaku prososialAbstract
Mahasiswa merupakan individu yang berada pada tahapan transisi antara remaja menuju dewasa awal. Jenjang ini juga juga merupakan jenjang dimana seseorang akan berusaha untuk menyesuaikan dirinya dengan baik agar dapat diterima di lingkungan sosialnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hubungan antara konformitas dan perilaku prososial mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Penelitian ini memiliki desain penelitian kuantitatif korelasional dengan populasi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah sebesar 10.225 mahasiswa. Adapun tehnik penentuan jumlah sampel menggunakan Tabel Krejcie Morgan dengan taraf signifikansi sebesar 0.05 sehingga didapatkan 370 siswa. Skala yang digunakan adalah skala konformitas dan skala perilaku prososial yang mengadopsi dari penelitian sebelumnya dan menggunakan tryout terpakai pada penelitian sebelumnya. Adapun alat ukur konformitas memiliki nilai reliabilitas alpha Cronbach 0,904 dan alat ukur perilaku prososial memiliki nilai reliabilitas alpha Cronbach 0,749. Hasil uji asumsi menunjukkan bahwa data tidak terdistribusi secara normal sehingga digunakan uji analisis non parametric spearman rank correlation. Hasil uji menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara konformitas dan perilaku prososial dengan nilai r=0,589 dengan p<0.001. Hal ini menandakan bahwa semakin tinggi tingkatan konformitas seseorang, maka semakin tinggi pula perilaku prososialnya.
References
Abdullah, A., & Handayani, S. W. R. I. (2015). Hubungan konformitas dengan perilaku prososial pada pedagang kaki lima di Jalan Pasar Besar Malang. Psikovidya, 19(1), 12-21.
Almeida, F., Superior, I., Gaya, P., Queirós, A., & Faria, D. (2017). Strengths and limitations of qualitative and quantitative research methods. European Journal of Education Studies, 369-387. https://doi.org/10.5281/zenodo.887089
Apuke, O. D. (2017). Quantitative research methods: A synopsis approach. Kuwait Chapter of Arabian Journal of Business and Management Review, 6(11), 40-47. https://doi.org/10.12816/0040336
Astivia, O. L. O., & Zumbo, B. D. (2017). Population models and simulation methods: The case of the Spearman rank correlation. British Journal of Mathematical and Statistical Psychology, 70(3), 347-367. https://doi.org/10.1111/bmsp.12085
Blakemore, S.-J. (2018). Avoiding social risk in adolescence. Current Directions in Psychological Science, 27(2), 116-122.
Carlo, G., Mestre, M. V., McGinley, M. M., Tur-Porcar, A., Samper, P., & Opal, D. (2014). The protective role of prosocial behaviors on antisocial behaviors: The mediating effects of deviant peer affiliation. Journal of Adolescence, 37(4), 359-366. https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2014.02.009
Cialdini, R. B., & Goldstein, N. J. (2004). Social influence: Compliance and conformity. Annual Review of Psychology, 55, 591-621. https://doi.org/10.1146/annurev.psych.55.090902.142015
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches.
Diananda, A. (2019). Psikologi remaja dan permasalahannya. Istighna Journal of Education and Islamic Thought, 1(1). https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.20
Etikan, I., & Bala, K. (2017). Sampling and sampling methods. Biometrics and Biostatistics International Journal, 5(6), 5-7. https://doi.org/10.15406/bbij.2017.05.00149
Hafiza, N., Neviyarni, N., & Syukur, Y. (2018). The relationship of religiosity and peer conformity with students’ attitude toward prosocial behavior. In Proceedings of the 2018 International Conference on Education and Technology (ICET) (pp. 264-269). https://doi.org/10.29210/2018138
Hasanah, N., & Drupadi, R. (2020). Perilaku prososial anak selama pandemi Covid-19. Journal of Psychological Research, 5.
Kristianto, B. C. (2020). Perilaku prososial pada mahasiswa baru program studi bimbingan dan konseling angkatan 2019 Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Kurniawati, E. (2019). Hubungan antara konformitas dengan perilaku prososial pada penggemar EXO (EXO-L). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. http://repository.uin-suska.ac.id/22650/
Lestari, K. A., & Fauziah, N. (2017). Hubungan antara konformitas dengan motivasi belajar pada siswa di SMA Muhammadiyah Kudus. Journal of Empathy, 5(4), 717-720.
Nasution, F., Uyun, M., & Erlita, S. (2021). Konformitas dan prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Indonesian Journal of Behavioral Studies, 1(2), 271-282. https://doi.org/10.19109/ijobs.v1i2.9291
Nook, E. C., Ong, D. C., Morelli, S. A., Mitchell, J. P., & Zaki, J. (2016). Prosocial conformity: Prosocial norms generalize across behavior and empathy. Personality and Social Psychology Bulletin, 42(8), 1045-1062. https://doi.org/10.1177/0146167216649932
Nurhafiza, N. (2019). Hubungan konformitas teman sebaya dengan sikap siswa terhadap perilaku prososial. Consilium: Journal of Counseling and Religious Studies, 6(1), 28. https://doi.org/10.37064/consilium.v6i1.4813
Park, S., & Shin, J. (2017). The influence of anonymous peers on prosocial behavior. PLoS ONE, 12(10), e0185521.
Purba, R. A. S., & Hayati, R. (2023). Hubungan konformitas dengan perilaku prososial siswa di SMP RK. Deli Murni Delitua. Invent: Journal of Research in Education Studies, 36-44.
Rafles, F. Y. (2018). Tingkat perilaku prososial pada mahasiswa yang melakukan slacktivism. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Rahmawati, A., & Kustanti, E. R. (2021). Hubungan antara konformitas dengan perilaku prososial pada siswa SMP Ky Ageng Giri di Pondok Pesantren Girikesumo, Mranggen Demak. Journal of Empathy, 10(3), 201-204. https://doi.org/10.14710/empati.2021.31284
Ratu, R. (2017). Hubungan antara konformitas dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Universitas Diponegoro.
Risyawirasthi, E. L., & Dewi, D. K. (2022). Konformitas mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya setelah masa perkuliahan online. Journal of Psychological Research, 9(5), 196-205.
Romiyati, A. (2023). Hubungan empati dengan perilaku prososial mahasiswa program studi bimbingan dan konseling Universitas Jambi. Universitas Jambi.
Saguni, F. (2022). Pengaruh locus of control dan perilaku pro sosial mahasiswa. Journal of UIN Datokarama Palu, 10(2), 163-177.
Santoso, A. (2023). Hubungan antara konformitas dengan perilaku prososial pada penggemar Korean Pop. Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.
Sartika, M., & Yandri, H. (2019). Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap konformitas teman sebaya. Indonesian Journal of Counseling and Development, 1(1), 9-17. https://doi.org/10.32939/ijcd.v1i1.351
Sarwono, S. W. (2018). Psikologi remaja (Vol. 19). Depok: Rajawali Pers.
Stavrova, O., Schlösser, T., & Fetchenhauer, D. (2013). Are virtuous people happy all around the world? Civic virtue, antisocial punishment, and subjective well-being across cultures. Personality and Social Psychology Bulletin, 39(7), 927-942. https://doi.org/10.1177/0146167213485902
Susanto, A. (2018). Bimbingan dan konseling di sekolah: Konsep, teori, dan aplikasi. Jakarta: Prenadamedia Group.
Taherdoost, H. (2016). Sampling methods in research methodology: How to choose a sampling technique for research. International Journal of Academic Research in Management, 5(2), 18-27.
Tian, L., Du, M., & Huebner, E. S. (2015). The effect of gratitude on elementary school students’ subjective well-being in schools: The mediating role of prosocial behavior. Social Indicators Research, 122(3), 887-904. https://doi.org/10.1007/s11205-014-0712-9
Umayah, A. N., Ariyanto, A., & Yustisia, W. (2017). Pengaruh empati emosional terhadap perilaku prososial yang dimoderasi oleh jenis kelamin pada mahasiswa. Journal of Social Psychology, 15(2), 72-83. https://doi.org/10.7454/jps.2017.7
Vatmawati, S. (2019). Hubungan konformitas siswa dengan pengambilan keputusan karir. Empati: Journal of Counseling and Guidance, 6(1). https://doi.org/10.26877/empati.v6i1.4114
Yang, Y., Li, P., Fu, X., & Kou, Y. (2017). Orientations to happiness and subjective well-being in Chinese adolescents: The roles of prosocial behavior and internet addictive behavior. Journal of Happiness Studies, 18(6), 1747-1762. https://doi.org/10.1007/s10902-016-9794-1