Perbedaan Gender dalam Kecemasan Matematika di Kalangan Siswa Kelas Atas

Authors

  • Nahrowi Usman Program Studi Psikologi, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Widyastuti Program Studi Psikologi, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/islamicpsychology.v1i1.48

Keywords:

kecemasan matematika, perbedaan gender, siswa kelas atas, penelitian kuantitatif, Sidoarjo

Abstract

Penelitian ini menyelidiki perbedaan gender dalam kecemasan matematika di kalangan siswa kelas atas di Sidoarjo, dengan menggunakan pendekatan komparatif kuantitatif. Meskipun penelitian sebelumnya menunjukkan adanya perbedaan gender dalam kecemasan matematika, masih sedikit penelitian yang berfokus pada masalah ini di kalangan siswa Indonesia, khususnya di Sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengisi kesenjangan ini dengan memeriksa apakah ada perbedaan yang signifikan dalam kecemasan matematika berdasarkan gender. Penelitian ini menggunakan sampel jenuh sebanyak 185 siswa dari dua sekolah, SDN Larangan dan MI Kedungbanteng, dengan menggunakan penilaian kecemasan matematika berskala Likert. Temuan dari pengujian hipotesis menunjukkan perbedaan yang tidak signifikan dalam kecemasan matematika antar gender (p = 0,440 < 0,05), yang menunjukkan bahwa siswa perempuan dan laki-laki menunjukkan tingkat kecemasan matematika yang sama. Khususnya, meskipun skor kecemasan rata-rata untuk perempuan (51) sedikit lebih tinggi daripada laki-laki (50), perbedaan ini tidak signifikan secara statistik. Hasil ini menunjukkan bahwa jenis kelamin saja mungkin bukan merupakan faktor yang menentukan dalam memprediksi kecemasan matematika di kalangan siswa kelas atas di Sidoarjo. Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga untuk memahami dinamika kecemasan matematika dalam demografi ini, menekankan perlunya intervensi yang disesuaikan untuk mengurangi kecemasan dan mempromosikan hasil pendidikan yang adil.

References

Berutu, D. W. (2019). Mengelola kecemasan siswa dalam pembelajaran matematika di MTs Islamiyah Medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Djuwitawati, S., & Asa, M. (2015). Percaya diri, dukungan sosial dan kecemasan siswa menghadapi seleksi perguruan tinggi. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 4(3), 231-242. DOI: https://doi.org/10.30996/persona.v4i03.724

Ekawati, A. (2015). Pengaruh kecemasan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 13 Banjarmasin. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 201-212. DOI: https://doi.org/10.33654/math.v1i3.16

Ekawati, A., & Wulandari, S. (2011). Perbedaan jenis kelamin terhadap kemampuan siswa dalam mata pelajaran matematika (studi kasus sekolah dasar). Jurnal Universitas Borneo Tarakan.

Harahap, J. (2017). Perbedaan minat belajar antara anak laki-laki dengan anak perempuan ditinjau dari hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri 106148 Bulu Cina Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang TA 2016/2017. UNIMED.

Kamila, N. (2020). Pengaruh kecemasan matematika terhadap berpikir kritis siswa berdasarkan gender. University of Muhammadiyah Malang.

Kawuryan, S. P. (2011). Karakteristik siswa SD kelas rendah dan pembelajarannya. Retrieved from http://staffnew.uny.ac.id/upload/132313274/pengabdian/KARAKTERISTIK+DAN+CARA+BELAJAR+SISWA+SD+KELAS+RENDAH.pdf (accessed April 17, 2018).

Melisa, T. M., Idarianty, I., & Walid, A. (2019). Pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan gender. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

N. I. M. N. Z. JF (2020). Mengkonstruksikan konsep identitas dan peran gender pada anak melalui pembelajaran di ranah PAUD. Jurnal Kajian Gender dan Anak, 4(1), 11-26.

Ratnasari, A. (2020). Kecemasan matematis dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi garis dan sudut kelas VII di MTs. Ma'arif Bakung Udanawu Blitar. 4(1), 1-23.

Simanullang, H. A. (2021). Perbedaan hasil belajar siswa laki-laki dan perempuan pada mata pelajaran matematika materi skala kelas V SD se-Kelurahan Bajamas, Kecamatan Sirandorung, Kabupaten Tapanuli Tengah TA 2020/2021. UNIMED.

Sujarweni, W. (2014). Metodologi penelitian: Lengkap, praktis, dan mudah dipahami.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Suseno, N. S. (2019). Pengaruh gender, motivasi eksternal dan internal terhadap persepsi mahasiswa akuntansi dalam memilih karier sebagai akuntan publik. Jurnal Komunikasi Universitas Garut Hasil Pemikiran dan Penelitian, 4(2), 75-98.

Whyte, J., & Anthony, G. (2012). Maths anxiety: The fear factor in the mathematics classroom. New Zealand Journal of Teachers’ Work, 9(1), 6-15. DOI: https://doi.org/10.24135/teacherswork.v9i1.559

Downloads

Published

2024-07-28

How to Cite

Usman, N., & Widyastuti, W. (2024). Perbedaan Gender dalam Kecemasan Matematika di Kalangan Siswa Kelas Atas. Journal of Islamic Psychology, 1(1), 10. https://doi.org/10.47134/islamicpsychology.v1i1.48

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.