Analisis Materi Agama Islam di Perguruan Tinggi Muhammadiyah Terhadap Aspek Teologis, Filosofis, Sosiologis, dan Organisatoris

Authors

  • Annas Fajar Rohmani Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Mahasri Shobahiya Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

Analisis materi, Agama Islam, Perguruan Tinggi

Abstract

Ciri yang melekat dalam penyelenggaraan pendidikan oleh Muhammadiyah yaitu peserta didik diberikan pengetahuan Islam dan Pengetahuan umum. Dalam memberikan pengetahuan Islam, Muhammadiyah merancang pembelajaran dalam bentuk AIK atau Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Mata kuliah AIK juga diatur dalam ketentuan Pedoman Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 02/PEDI/I/0/B.2012 tentang Perguruan Tinggi Muhammadiyah, yang secara lebih rinci terdapat dalam Pasal 9 ayat 2. Implementasi pendidikan mata kuliah Al-Islam dan kemuhammadiyahan dalam penerapannya di PTM/A masih mengalami banyak persoalan terkait dengan kurikulum ataupun silabus yang masih menekankan pada aspek pengetahuan. Sehingga agar kesalahan tidak terjadi dalam jangka waktu yang lama, maka diperlukan sebuah usaha untuk menelaah materi lebih lanjut agar disesuaikan dengan konsep kurikulum yang digunakan. Dalam upaya menelaah materi pembelajaran AIK, menggunakan metode kualitatif, yang melakukan penelitian pada dokumen dan teks. Hasil dari penelitian ini didapatkan hasil meteri yang terdapat dalam silabus AIK telah memenuhi rujukan yang utama, yaitu pertama berpedoman pada kunci pembentukan paradigma pendidikan AIK, kedua pada tujuan dan sifat kurikulum, dan ketiga yaitu pada standar kompetensi lulusan. Dan juga mampu menjadi pedoman dan ilmu yang dapat digunakan mahasiswa dalam menghadapi masalh pada aspek psikologis dan sosiologis.  Materi yang terdapat dalam silabus juga telah memenuhi prinsip dalam pengembangan materi yaitu prinsip konsistensi, dan kecukupan. Pada prinsip relevansi sudah terpenuhi, walaupun pada semester dua, kurang mampu menjawab SKL.

References

Abidin, M. Z. (2016). Konsep Ilmu Dalam Islam: Tinjauan Terhadap Makna, Hakikat, Dan Sumber-Sumber Ilmu Dalam Islam. Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin, 10(1).

Afrono, M. (2022). Kriteria Telaah Materi Ajar Bahasa Arab. 12(1).

Ali, M. (Year). MembedahnTujuannPendidikannMuhammadiyah. Profetika, 17(1).

Aly, A. (2018). ModelnPengembangannSekolah Muhammadiyah BerkualitasnMelaluinTransformasi Kurikulum AIK (Al-Islam dan Kemuhammadiyahan). Profetika, 20(1).

Apriani, I., & Yuninato, I. (2016). Telaah Kesalahan Konsep Pada Buku Ajar Biologi. Prosiding Symbion, 1(1).

Arbainsyah, F., Mighwar, M. A., & Nurjaman, U. (2022). Perencanaan strategis pendidikan berbasis agama, filsafat, psikologi, dan sosiologi. Al-Afkar, 5(1), 72–86. https://alafkar.com/index.php/afkar_journal/article/view/237/130.

Arifin, Z. (2012). Peneliian Pendidikan. Bandung: PT Rosdakarya.

Arifin, Z. (2013). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Azra, A. (2012). Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Millennium Baru. Jakarta: Logos.

Bahri, S. (2017). Pengembangan Kurikulum Dasar Dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1).

Camelia, F. (2020). Analisis Landasan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1).

Didiyanto, D. (2017). Paradigma Pengembangan Kurikulum Pai Di Lembaga Pendidikan. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2).

Fauzan, F., Lateh, A., & Arifin, F. (2019). Analisis Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Indonesia dan Thailand (Studi kebijakan Kurikulum 2013 dan Kurikulum 2008 di tingkat SMA). Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 14(2).

Fauzulhaq, M. H. (2017). Konsep Teologi Dalam Perspektif Seren Taun Di Kesepuhan Cipta Mulya. Jurnal Aqidah Dan Filsafat Islam, 2(1).

Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937.

Hajaroh, M. (2018). Pohon Teori Evaluasi Kebijakan dan Program (Metode, Nilai dan Menilai, Penggunaan). Foundasia, 9(1).

Halim, A. (2016). Asas-Asas Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Multikultural. Nidhomul Haq, 1(2).

Hermawan, & Nasrudin. (2022). ImplementasinKuikulum Al-IslamndannKemuhammadiyahan Perspektif Multikultural. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 8(2).

Husnin, A. (2009). EducatingnFornIslamic Pluralism: Lessons From Indonesia. Islam and Civilisational Renewal, 1(1).

Marita Sari, D. (2019). Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2). https://doi.org/10.51468/jpi.v1i2.13

Novianto, E. (2021). Konsep Filsafat Ilmu Barat. Jurnal An-Nur: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 7(02), 161–183.

Nasution. (2003). Asas Asas Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurwanto. (2016). The portrait of gender justice and injustice in the Islamic teaching textbook and Muhammadiyah teachers’ responses. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 3(1).

Qardhawi, Y. (1994). Pendidikan dan Madrasah Hasan al-Banna. Jakarta: Bulan Bintang.

Riqotunnihlah. Landasan Landasan Kurikulum. https://riqotun1289.wordpress.com/2014/10/22/kurikulum-2/. Diakses, 8 Juni 2023.

Sukamadinata. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tim Pedoman Pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dan Majelis Pendidikan Tinggi PP Muhammadiyah. (2013).

Downloads

Published

2024-04-05

How to Cite

Rohmani, A. F. ., & Shobahiya, M. (2024). Analisis Materi Agama Islam di Perguruan Tinggi Muhammadiyah Terhadap Aspek Teologis, Filosofis, Sosiologis, dan Organisatoris. Indonesian Culture and Religion Issues, 1(1), 7. Retrieved from https://diksima.pubmedia.id/index.php/diksima/article/view/7

Issue

Section

Articles