Keterlibatan Siswa Sekolah Dasar dan Stres Akademik Sebuah Studi
DOI:
https://doi.org/10.47134/islamicpsychology.v1i2.78Keywords:
keterlibatan siswa, stres akademik, sekolah dasar, penelitian korelasional, psikologi pendidikanAbstract
Penelitian ini mengeksplorasi hubungan antara keterlibatan siswa dan stres akademik di kalangan siswa sekolah dasar. Meskipun telah diakui pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, masih ada kesenjangan dalam memahami bagaimana keterlibatan siswa berdampak pada stres akademik. Dilakukan di SDN Wonoplintahan 2 Prambon dengan jumlah sampel 144 siswa, penelitian korelasional kuantitatif ini menggunakan uji korelasi product moment Pearson untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara keterlibatan siswa dan stres akademik (r = 0.334, sig < .001), yang menunjukkan bahwa tingkat keterlibatan yang lebih tinggi berkorelasi dengan tingkat stres yang lebih rendah. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya membina keterlibatan siswa untuk mengurangi stres akademik, menawarkan wawasan yang berharga bagi para pendidik dan pembuat kebijakan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan siswa dan kinerja akademik.
References
Abdollahi, A., Panahipour, S., Akhavan Tafti, M., & Allen, K. A. (2020). Academic hardiness as a mediator for the relationship between school belonging and academic stress. Psychology in the Schools, 57(5), 823-832. https://doi.org/10.1002/pits.22339
Adil, A., Ameer, S., & Ghayas, S. (2019). Mediating role of flow and study engagement between academic psychological capital and perceived academic stress among university students. Pakistan Journal of Social and Clinical Psychology, 17(2), 12-18.
Amri, S. R. (2020). Pengaruh motivasi belajar terhadap stress akademik siswa kelas XI MAN 1 Medan dan implikasinya dalam bimbingan konseling (Master's thesis). Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Ariani, L. (2019). Keterlibatan siswa (student engagement) di sekolah sebagai salah satu upaya peningkatan keberhasilan siswa di sekolah. Prosiding Seminar Nasional & Call Paper, Banjarmasin, 103-110.
Awal, F. N., & Kusdiyati, S. (2023). Pengaruh stres akademik terhadap online student engagement pada mahasiswa di Jawa Barat. Bandung Conference Series: Psychological Science, 3(1), 623-630. https://doi.org/10.29313/bcsps.v3i1.6679
Bedewy, D., & Gabriel, A. (2015). Examining perceptions of academic stress and its sources among university students: The perception of academic stress scale. Health Psychology Open, 2(2). https://doi.org/10.1177/2055102915596714
Blashill, M. M. (2016). Academic stress and working memory in elementary school students.
Fatmawati, I., Djamas, N., & Rahmadani, A. (2021). Pengaruh pendampingan ibu pekerja harian lepas terhadap tingkat stres akademik pembelajaran daring siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1), 12-19. https://doi.org/10.30998/fjik.v8i1.8639%0AArticle
Fitri, S. F. N. (2021). Problematika kualitas pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617-1620.
Groccia, J. E. (2018). What is student engagement? New Directions for Teaching and Learning, 2018(154), 11-20. https://doi.org/10.1002/tl.20287
Hidayah, F. N. (2022). Hubungan mindfulness dan student engagement pada mahasiswa. Acta Psychologica, 4(1), 1-10. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/acta-psychologia
Kahu, E. R., & Nelson, K. (2018). Student engagement in the educational interface: Understanding the mechanisms of student success. Higher Education Research & Development, 37(1), 58-71.
Karaman, M. A., Lerma, E., Vela, J. C., & Watson, J. C. (2019). Predictors of academic stress among college students. Journal of College Counseling, 22(1), 41-55. https://doi.org/10.1002/jocc.12113
Kauts, D. S. (2016). Emotional intelligence and academic stress among college students. Educational Quest: An International Journal of Education and Applied Social Science, 7(3), 149. https://doi.org/10.5958/2230-7311.2016.00036.2
Kitta, S. K. (2022). Pengaruh gender-role identity dan gender role attitudes terhadap stres akademik dan student engagement pada sistem pembelajaran dalam jaringan (daring) mahasiswa di Kabupaten Banggai (Undergraduate thesis). Universitas Hasanuddin.
Kusyanti, R. N. T. (2021). Hubungan antara stres akademik dan student engagement siswa SMA pada masa pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3), 315-320. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.276
Latifa, U. (2017). Perkembangan pada anak sekolah dasar: Masalah dan perkembangannya. Academica: Jurnal Multidisiplin Indonesia, 1(2), 185-196. Retrieved from https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/academica/article/download/1052/297
Lubis, R. N. (2021). Pengertian pendidikan. Kemendikbud.go.id. Retrieved from https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/pengertian-pendidikan/. Accessed: June 12, 2023.
Mahmudah, H., & Rusmawati, D. (2018). Hubungan antara kelekatan anak-orang tua dengan stres akademik pada siswa SD N Srondol Wetan 02 Semarang dengan sistem pembelajaran full day school. Empati, 7(4), 33-42.
Manikandan, K., & Neethu, A. T. (2018). Student engagement in relation to academic stress and self-efficacy. Guru Journal of Behavioral and Social Sciences, 6(1), 775-784.
Miranti, F. C., Suwarni, E., & Rahmawati, Y. M. (2021). Pengaruh dukungan sosial orangtua terhadap student engagement pada siswa remaja di SMK XYZ.
Misra, R., & Castillo, L. G. (2004). Academic stress among college students: Comparison of American and international students. International Journal of Stress Management, 11(2), 132.
Mustika, R. A., & Kusdiyati, S. (2015). Studi deskriptif student engagement pada siswa kelas XI IPS di SMA Pasundan 1 Bandung. Prosiding Psikologi, 244-251.
Nurrahma, A., Khoirunisa, Y. N., & Khoiriyah, Z. (2021). Hubungan stres akademik dengan online student engagement pada mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Risenologi, 61, 22.
Oktavia, W. K., Fitroh, R., Wulandari, H., & Feliana, F. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi stres akademik. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 142-149.
Oppenheimer, L. (1991). The self, the self-concept, and self-understanding: A review of 'Self-Understanding in Childhood and Adolescence' by William Damon and Daniel Hart. JSTOR.
Palupi, T. N. (2020). Tingkat stres pada siswa-siswi sekolah dasar dalam menjalankan proses belajar di rumah selama pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 18-29.
Rohana, S. (2017). Bermain musik angklung untuk menurunkan stres akademik pada anak sekolah dasar. University of Muhammadiyah Malang.
Santrock, J. W. (2012). Lifespan Development Perkembangan Masa Hidup.
Sari, A. (2018). Hubungan antara stres akademik dan student engagement pada siswa sekolah dasar (Undergraduate thesis). Universitas Islam Indonesia. Retrieved from https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/7440/SKRIPSI%20-%20Anindya%20Sari%20Khairinnisa%2814320082%29.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Sarita, S. (2015). Academic stress among students: Role and responsibilities of parents. International Journal of Applied Research, 1(10), 385-388.
Septiana, N. Z. (2021). Hubungan antara stres akademik dan resiliensi akademik siswa sekolah dasar di masa pandemi Covid-19. SITTAH: Journal of Primary Education, 2(1), 49-64. Retrieved from https://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/sittah/article/view/2915
Skinner, E. A., Pitzer, J. R., & Steele, J. S. (2016). Can student engagement serve as a motivational resource for academic coping, persistence, and learning during late elementary and early middle school? Developmental Psychology, 52, 2099-2117. https://doi.org/10.1037/dev0000232
Skinner, E. A., Wellborn, J. G., & Connell, J. P. (1990). What it takes to do well in school and whether I’ve got it: A process model of perceived control and children’s engagement and achievement in school. Journal of Educational Psychology, 82(1), 22-32. https://doi.org/10.1037/0022-0663.82.1.22
Sotardi, V. A. (2016). Understanding student stress and coping in elementary school: A mixed-method, longitudinal study. Psychology in the Schools. https://doi.org/10.1002/pits.21983
Sugiyono, S. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Sujadi, E. (2021). Stres akademik dan motivasi belajar mahasiswa mengikuti pembelajaran daring selama pandemi COVID-19. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 4(1), 29-41.
Taylor, L., & Parsons, J. (2011). Improving student engagement. Current Issues in Education, 14(1).
Trowler, V. (2010). Student engagement literature review. Higher Education Academy. Retrieved from http://americandemocracy.illinoisstate.edu/documents/democratic-engagement-white-paper-2_13_09.pdf
Wistarini, N. N. I. P., & Marheni, A. (2019). Peran dukungan sosial keluarga dan efikasi diri terhadap stres akademik mahasiswa baru fakultas kedokteran Universitas Udayana angkatan 2018. Jurnal Psikologi Udayana: Edisi Khusus Psikologi Pendidikan, 000, 164-173.
Wulansuci, G. (2021). Stres akademik anak usia dini: Pembelajaran calistung vs. tuntutan kinerja guru. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(2), 79-86. https://doi.org/10.14421/jga.2021.62-03
Zhu, X., Haegele, J. A., Liu, H., & Yu, F. (2021). Academic stress, physical activity, sleep, and mental health among Chinese adolescents. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(14). https://doi.org/10.3390/ijerph18147257
Zwagery, R. V., Leza, N. M., Psikologi, P. S., Kedokteran, F., & Mangkurat, U. L. (2021). Hubungan hardiness dengan student engagement pada siswa SMP Negeri 1 Banjarbaru.